Resep Nasi Uduk Sederhana yang Bisa Dibuat di Rumah

Racikanbumbu.Com - Bagi orang Indonesia, nasi uduk mungkin sudah tidak asing lagi. Bahkan sebagian orang suka menyantap nasi uduk sebagai salah satu menu sarapan mereka. Bagaimana dengan Anda? Ingin menyajikan santapan nasi uduk sendiri tanpa harus beli? Bisa sekali. Buat Anda yang masih pemula bisa ikuti resep nasi uduk sederhana yang bisa dengan mudah dibuat sendiri dirumah.

Apalagi sebagaimana yang kita tahu, di beberapa daerah di Indonesia menemui penjual nasi uduk sangat mudah. Ada yang menjual nasi uduk di pasar, di warung atau bahkan di pinggir jalan untuk dibeli oleh orang yang lewat. Namun, hasil masakan nasi uduk sendiri tentunya berbeda bukan dengan hanya membeli? Coba deh untuk membuat nasi uduk sendiri karena cara membuatnya sebenarnya sangat mudah.

Khususnya untuk Anda yang tergolong sebagai salah satu penggemar atau penyuka nasi uduk, jangan sampai ketinggalan informasi baik berupa bahan dan resep membuat nasi uduk yang enak dan lezat. Nah, pada uraian sebagai berikut kita akan membahas resep nasi uduk sederhana yang mudah untuk diikuti. Siapa tahu bisa menjadi santapan masak Anda hari ini. Yuk simak.

Resep Nasi Uduk Sederhana yang Bisa Dibuat di Rumah


Bahan yang dibutuhkan :
  • Beras 300 gram sudah dicuci bersih
  • Air 250 ml
  • Santan encer dari 1/2 butir kelapa 200 ml
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 5 cm
  • Batang serai 2 buah yang dimemarkan
  • Royco kaldu ayam 1.5 sdt

Bahan untuk bumbu kacang :
  • Kacang tanah di sangrai 250 gr
  • Air matang 300 ml
  • Gula pasir 1 sdm
  • Daun jeruk 1 lembar
  • Cabai merah yang disangrai 2 buah
  • Jeruk limau yang diambil airnya 1 buah
  • Kecap manis 1 sdm
  • Garam 1/2 sdt

Cara membuat nasi uduk sederhana :
  1. Langkah pertama untuk membuat nasi uduk sederhana, silahkan untuk siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah dirincikan pada daftar diatas.
  2. Jika semua bahan sudah disiapkan, kita bisa mulai dengan merebus air dan santan. Kemudian masukkan juga daun salam, lengkuas, serai dan juga royco kaldu ayam. Jangan lupa sambil diaduk sampai sudah mendidih.
  3. Selanjutnya silahkan masukkan beras yang sudah di cuci bersih sebelumnya. Masak nasi menggunakan api ukuran sedang sampai airnya sudah habis. Lalu matikan api kompornya.
  4. Siapkan sebuah panci kukus dan tuang campuran beras tadi ke dalam sebuah dandang. Kukus nasi selama kurang lebih 25 menit sampai nasi sudah benar benar matang dan tanak.
  5. Sedangkan untuk membuat bumbu kacang nya, Anda bisa mulai dengan memasukkan kacang bersama dengan daun jeruk, cabai merah, gula, garam, dan air jeruk limau yang kemudian akan diblender atau dihaluskan. Jangan lupa tambahkan lagi kecap manis lalu haluskan lagi sampai semua bahan sudah tercampur dengan merata.
  6. Tuangkan air matang ke dalam campuran kacang dan aduk sampai merata.
  7. Selesai. Nasi uduk sudah siap disajikan dengan cara susun di atas piring nasi uduk dengan taburan bawang goreng lalu bahan pelengkap lainnya sesuai selera seperti tempe goreng, tahu goreng atau telur dadar. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep nasi uduk sederhana yang bisa dibuat dirumah dengan mudah. Bagaimana tertarik untuk memasak nasi uduk sendiri? tidak terlalu sulit bukan? bahkan untuk mencoba memasak nasi uduk, tidak perlu keahlian memasak yang pintar, tapi Anda hanya perlu mempunyai bekal pengetahuan berupa tahu bahan yang dibutuhkan dan proses membuat nasi uduknya.

Mungkin banyak dari kita lebih memilih untuk membelinya saja daripada membuatnya sendiri, apalagi sebagaimana yang kita tahu harganya sangatlah terjangkau. Tapi khususunya buat Anda yang suka memasak dan ingin mencoba resep baru atau ada situasi dimana ada banyak lauk pauk seperti ayam, ikan ataupun daging, bisa dimanfaatlam untuk membuat nasi uduk dirumah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel