Resep Cara Memasak Nasi Liwet yang Sedap dan Gurih

Racikanbumbu.Com - Nasi liwet adalah salah satu jenis makanan Indonesia yang paling banyak ditemukan di kota Solo dan Surakarta. Namun, Anda tidak perlu jauh jauh ke kota Solo atau Surakarta jika hanya ingin menyantap nasi liwet. Sebab, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah menggunakan resep cara memasak nasi liwet yang sedap dan gurih loh.

Nah, bagi Anda yang belum tahu bahwa nasi liwet ini merupakan masakan nasi tradisional dari Jawa. Namun, sebenarnya tidak hanya di jawa saja, Anda bisa menemui nasi liwet khas daerah lain. Sebagai contoh, ada nasi liwet ala sunda, namun tentu saja berbeda dengan nasi liwet jawa dari segi rasa dan penyajiannya. Nah nasi liwet sendiri merupakan makanan yang bisa dikreasikan sesuai selera loh.

Khusus untuk Anda yang ingin membuat nasi liwet sendiri dirumah, kabar baiknya nasi liwet bisa dibuat dengan cara yang sederhana dan praktis banget loh. Bahkan Anda cukup memanfaatkan rice cooker dirumah untuk memasak nasi liwet dengan waktu yang singkat atau cepat dan anti repot. Namun, sebelum itu, supaya nasi liwet sedap dan gurih, Anda harus memastikan bahan yang digunakan bagus seperti beras yang berkualitas.

Selengkapnya mengenai resep dan cara memasak nasi liwet yang sedap dan gurih akan di bahas pada uraian berikut. Yuk simak.

Resep Cara Memasak Nasi Liwet yang Sedap dan Gurih


Bahan yang dibutuhkan :
  • Beras 500 gram
  • Udang 10 ekor yang sudah dikupas
  • Bawang putih 4 siung sudah diiris iris
  • Bawang merah 3 siung sudah diiris iris
  • Cabai rawit 3 buah sudah diiris iris
  • Daun salam
  • Lengkuas sudah digeprek
  • Cabai merah 4 buah sudah diiris iris
  • Bawang goreng
  • Minyak goreng
  • Pete

Cara Membuat Nasi Liwet Udang Pete :
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat nasi liwet yang sedap adalah tentu saja mencuci bahan bahannya. Terutama bersihkan beras supaya bersih dengan cara seperti biasa.
  2. Lalu setelah itu, panaskan minyak secukupnya terlebih dahulu. Masukkan semua bumbu yang sudah Anda siapkan tadi dan tumis ke dalam minyak panas tadi sampai bumbu mengeluarkan aroma yang harum.
  3. Barulah setelah itu masukkan udang dan masak sampai benar benar matang. Jika sudah matang, angkat tumisan udang tersebut.
  4. Nah, tumisan tersebut dimasukkan ke dalam beras yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Lalu masukkan ke dalam rice cooker. Masukkan juga bawang goreng dan pete. Selanjutnya, jangan lupa tekan tombol “Cook” pada rice cooker. Tunggu hingga matang.
  5. Nah, setelah nasi sudah matang, Anda bisa mengaduk nasi terlebih dahulu sampai semua merata.
  6. Nasi liwet udang pete sudah bisa dinikmati dan disantap.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas resep dan cara memasak nasi liwet yang sedap dan gurih. Gampang banget bukan? Nah, meskipun mudah. Bukan berarti Anda bisa membuatnya sembarangan, Anda harus mengupayakan beberapa hal dan tips supaya nasi pulen yang nikmat dan lezat disantap untuk keluarga besar ataupun keluarga kecil Anda.

Misalnya dengan memastikan kualitas bahan yang digunakan bagus dan bersih. Serta menambahkan beberapa bahan makanan lainnya yang membuat nasi liwet terasa lebih istimewa. Seperti tambahan pete, teri, udang dan lauk pelengkap lainnya. Atau Anda juga bisa mengkreasikan resep nasi liwet dan penyajiannya sesuai selera Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel