Cara memilih Beras yang Berkualitas Baik

Racikanbumbu.Com - Cara memilih Beras yang berkualitas baik harus dipahami oleh seorang ibu rumah tangga, karena hal ini sangat penting sebab beras merupakan bahan makanan pokok yang dibutuhkan semua orang. Beras yang berkualitas baik akan menghasilkan nasi yang memiliki cita rasa yang enak, pulen dan tidak mudah basi. Beras dengan kualitas yang baik juga memiliki banyak kandungan gizi  dan tidak mengandung zat berbahaya.


Akhir-akhir ini sangat marak peredaran beras yang mengandung pemutih di pasaran. Hal ini sangat membuat banyak pihak terutama ibu rumah tangga merasa resah dengan adanya kejadian tersebut. Beras yang mengandung zat pemutih tentu sangat tidak baik untuk dikonsumsi karena dapat membahayakan kesehatan, apalagi beras merupakan bahan makanan yang dikonsumsi rutin setiap hari.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih beras yang berkualitas baik yang dijual dipasaran agar Anda tidak salah membeli beras yang mengandung zat-zat berbahaya seperti zat pemutih dan juga pewangi yang saat ini banyak sekali digunakan oleh pedagang beras curang. Berikut ini adalah informasi seputar cara-cara memilih beras yang memiliki kualitas baik.

Perhatikan Penampakan dari Beras yang Akan Anda Beli

Hal pertama yang harus Anda perhatikan seputar cara memilih Beras yang berkualitas baik adalah perhatikan penampakan dari beras yang akan Anda beli. Ada dua hal yang menentukan kualitas beras tersebut baik atau buruk yaitu kualitas beras dan kualitas penggilingan. Oleh karena itu beras yang berkualitas biasanya memiliki tampilan yang bersih, bebas dari kotoran seperti kutu, batu, kulit gabah atau kotoran lainnya.

Selain itu perhatikan bulir beras dengan seksama, jika terdapat banyak guratan dan meninggalkan bekas seperti tepung ketika diremas, maka itu berarti merupakan beras yang sudah lama disimpan. Biasanya beras yang kualitasnya baik memiliki tekstur bulir yang keras dan tidak rapuh ketika diremas. Oleh karena itu cara mudah untuk menentukan kualitas beras adalah dengan meremasnya saat akan membeli.

Waspada Pejual Beras Dengan Harga Murah

Saat ini banyak sekali pedagang beras yang tidak bertanggung jawab. Banyak dari mereka yang melakukan segala cara licik demi untuk mendapat keuntungan yang besar termasuk dengan cara mencurangi konsumen. salah satu caranya adalah menjual beras afkir, atau beras yang sudah lama disimpan namun sebelumnya telah direndam menggunakan zat klorin untuk memutihkan beras sehingga tampak seperti beras yang baru.

Biasanya beras tersebut dijual dengan harga dibawah pasaran karena memang beras yang lama tersebut sudah tidak laku lagi sehingga beras-beras tersebut disulap menjadi seperti baru dan dijual kembali dengan harga yang murah agar pedagang tersebut mendapatkan keuntungan, padahal beras-beras  tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi karena kualitasnya sudah tidak baik.

Mencium Aroma Beras Sebelum Anda Membeli

Cara memilih Beras yang berkualitas baik selanjutnya adalah dengan cara mencium aromanya. Beras alami yang memiliki kualitas baik memiliki aroma khas beras dengan sedikit campuran aroma harum pandan. Meskipun memang ada jenis beras yang memiliki aroma wangi namun, Anda harus berhati-hati dengan beras yang beraroma wangi terlalu menyengat karena bisa saja beras tersebut diberi tambahan pewangi yang berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain itu Anda juga harus mewaspadai beras yang memiliki aroma apak atau pun beraroma tengik. Biasanya beras yang memiliki aroma apak dan tengik merupakan beras yang sudah berumur lama atau sudah terlalu lama disimpan sehingga kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa tips singkat tentang cara memilih beras, agar Anda dapat terhindar dari kesalahan membeli beras yang berkualitas buruk maka Anda harus memahami bagaimana cara memilih Beras yang berkualitas baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel