5 Cara memilih Tepung Ketan yang baik untuk membuat Makanan

Racikanbumbu.Com - Buat Ibu Ibu atau para koki yang sudah sering membuat aneka jenis kue seperti klepon, wingko, gambir, bolu ketan, onde onde, ronde, bubur candil dan masih banyak lagi, pasti sudah tidak asing dengan bahan dasar pembuatannya. Apakah itu? Yaa, Tepung ketan. Apa yang anda ketahui tentang jenis tepung yang satu ini?

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan putih atau juga beras ketan hitam yang melalui proses tumbukan atau digiling hingga halus. Berbeda dengan jenis tepung beras dan tepung tapioka, tepung ini lebih kental pada saat di larutkan karena banyak mengandung Pati yang berperekat. Untuk bisa membuat berbagai aneka kudapan atau kue yang enak,biasanya orang orang akan memilih jenis tepung ketan putih.

Baca Juga : Tips memilih Tepung Beras yang Paling Baik

Umumnya sebelum diolah atau dimasak, anda wajib mengetahui mana tepung beras ketan yang bagus dan berkualitas. Mengapa? Sama seperti Tepung beras, bahan makanan ini juga rentan terhadap bau apek dan kutu. Oleh sebab itu anda harus lebih teliti memilih tepung ketan yang baik untuk diolah demi kesehatan keluarga anda. Bagaimana cara membedakan tepung ketan yang baik dengan yang tidak? Jangan khawatir uraian di bawah ini sudah sediakan jawabannya. Mari kita simak.


Cara Memilih Tepung Ketan yang Baik untuk membuat Makanan
  1. Pertama, Memilih Tepung Ketan yang memiliki warna putih. Umumnya Tepung ketan yang memiliki warna putih, cenderung adalah tepung yang beraroma wangi, karena ketan tersebut adalah asli dan tanpa mengandung campuran apapun. Tepung ketan yang berkualitas adalah yang memiliki rasa yang normal dalam arti tidak berasa asin ataupun manis.
  2. Kedua, Perhatikan material pada setiap butirannya. Tepung ketan yang baik memiliki ciri dengan butiran utuh dan cenderung tidak rapuh. Tetapi untuk tepung ketan yang kurang bagus umumnya cenderung memiliki banyak sekali patahan pada setiap butirannya.
  3. Ketiga, Tidak berbau apek dan tidak ada benda asing. Biasanya tepung ketan yang tidak bagus adalah dengan adanya benda –benda asing seperti batu, kutu beras ataupun kotoran yang lainnya.
  4. Keempat, Memiliki Aroma pandan yang sedikit menyengat. Tidak banyak diketahui ternyata tepung ketan memiliki aroma yang mirip dengan pandan. Aroma tersebut akan terasa apabila anda menciumnya dalam jarak yang dekat, bahkan sampai ketika di cuci pun aroma pandan masih melekat pada tepung ketan.
  5. Kelima, Tidak mempunyai tekstur yang kusam. Untuk masalah warna, tepung ini memiliki warna yang sangat putih dan pekat. Sehingga tekstur pada tepung ketan pun tidak akan Nampak kusam karena diakibatkan oleh warna kuning pada beras ketan tersebut.

Uraian diatas merupakan beberapa cara untuk bisa memilih jenis tepung ketan yang baik sebagai bahan pembuatan makanan anda, demi kesehatan bersama, anda harus lebih hati –hati ketika akan berbelanja atau membeli sesuatu termasuk jenis –jenis tepung. Sebelum membeli ada baiknya anda mencari referensi informasi seputar ciri –ciri tepung yang berkualitas dan sehat. Ketentuan ini juga berlaku untuk semua jenis tepung meliputi tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, tepung maizena dan masih banyak lagi.

Lihat Juga : 4 Cara memilih Tepung Kanji untuk buat KUE

Dengan demikian, anda tidak akan khawatir. Memperhatikan dengan baik kualitas bahan makanan termasuk tepung ketan yang akan anda beli, makanan anda akan sehat untuk di konsumsi oleh semua. Anda tidak akan mudah tertipu oleh para pedagang nakal yang hanya menginginkan keuntungan semata saja tanpa memperhatikan kualitas jualannya. Semoga dengan adanya article ini bisa turut menjaga kewaspadaan anda. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel