4 Cara memilih Tepung Kanji yang baik untuk membuat Camilan

Racikanbumbu.Com - Ada beragam bahan makanan yang bisa digunakan untuk memasak dan dibuat camilan. Salah satunya adalah tepung kanji atau tepung tapioka yang populer untuk dibuat bermacam macam cemilan yang lezat. Tepung ini berasal dari bahan dasar sigkong. Sekilas mirip dengan tepung sagu karena sama sama berbahan dasar singkong. Kegunaannya pun sebenarnya sama yakni untuk merekatkan makanan seperti layaknya lem. Namun perlu diketahui bahwa tepung kanji berwarna putih dan juga untuk teksturnya sendiri lebih kesat di bandingkan tepung sagu. Sudah bisa membedakan yang mana tepung kanji?

Pada umumnya tepung kanji digunakan untuk berbagai masakan asia seperti misalnya bakso. Sedangkan untuk berbagai cemilan, ada banyak sekali yang menggunakan jenis tepung yang satu ini. Beberapa contoh misalnya cakwe, cilok hingga pempek. Anda berniat membuat camilan atau makanan ringan dari tepung kanji? Ada saran bagus untuk memperhatikan kualitas nya sebelum anda membeli. Karena walaupun memiliki manfaat yang serbaguna karena bisa diolah untuk jajanan, namun, sebenarnya tepung ini ternyata memiliki beberapa karakter yang bisa menentukan apakah Tepung kanji baik di konsumsi atau tidak.

Baca Juga : Inilah perbedaan Tepung terigu Protein Rendah, Sedang dan Tinggi secara lengkap.

Cara memilih tepung kanji tidaklah sulit di lakukan, Tepung dengan kualitas yang baik memiliki ciri ciri tertentu yang membedakannya dengan tepung yang lainnya. Oleh karena itu, article ini sengaja di buat untuk anda yang ingin menentukan pilihan tepung kanji terbaik untuk menjadi dasar dari pembuatan kue camilan anda. Anda perlu mengetahui karakteristik dari tepung tapioka ini terlebih dahulu. Sebagai berikut adalah penjelasan lengkapnya. Anda bisa simak dan perhatikan secara saksama.


Cara Memilih Tepung Kanji yang baik untuk buat Camilan

1. Perhatikan Warna dari Tepung tersebut
Pada saat ingin memilih Tepung kanji yang ingin anda beli sebaiknya perhatikan warna nya terlebih dahulu. Jangan sampai saat anda membeli tertukar dengan jenis tepung yang lain atau bahkan kualitasnya tidak bagus. Tepung tapioka yang bagus bukanlah yang berwarna kusam. Karena warna kusam yang menyertainya bisa jadi pertanda bahwa kualitas tepung tapioka tersebut sudah menurun dan cenderung memiliki kualitas yang tidak baik atau tidak cocok untuk anda jadikan bahan camilan.

2. Memilih yang tidak berbau menyengat dan bebas dari berbagai kotoran

Yang paling menonjol dari ciri tepung kanji yang bagus adalah anda bisa perhatikan dari bau atau aromanya. Mengapa? Karena biasanya tepung kanji yang baik dan layak dikonsumsi adalah yang tidak berbau apek. Tepung kanji yang sudah berbau memperlihatkan bahwa tepung tersebut sudah ditumbuhi jamur seperti misalnya kutu, belatung, ulat dan lain sebagaimya, ini lah yang membuat tepung tersebut rusak dan tidak layak. Benda asing yang terdapat pada tepung juga perlu diperhitungkan, sebab benda asing yang menempel pada tepung, dipastikan bahwa memang kualitasnya tidak baik.

3. Memperhatikan Tekstur Tepung Kanji

Selain dari hal kebersihan, bau dan warna. Selanjutnya adalah perhatikan juga tekstur tepung yang akan di beli. Pastikan bahwa tepung tersebut memiliki tekstur yang halus di tangan saat dipegang. Sebaliknya apabila terasa kasar, maka bisa saja ada benda lain yang menempel seperti kerikil, batu kecil dan lainnya. Ini adalah ciri tepung yang tidak bagus. Selain itu, tepung yang layak dikonsumsi memiliki ciri yang bisa menempel di tangan dan tidak ada gumpalan tepung. Apabila adanya gumpalan tepung ini berarti jenis tepunG tersebut sudah lama dan tidak fresh lagi.

4. Memilih jenis tepung kanji bersertifikat

Ini adalah poin penting dalam menentukan apakah tepung tapioka tersebut bagus atau tidak. Perhatikan pada saat memilih produk yang menjamin telah melewati proses produksi sertifikasi. Bersertifikasi ini berarti bahwa bahan makanan ini sudah melalui uji control terhadap kualitas makanan standar internasional. Dengan memilih Jenis tepung kanji yang sudah bersertifikat maka, ini menunjukkan bahwa kualitasnya memang baik dan aman untuk di konsumsi.

Baca Juga : Tips memilih Tepung Beras kualitas Terbaik

Inilah beberapa tips yang dapat diberikan untuk anda dalam memilih tepung kanji yang baik dan bagus untuk dikonsumsi terkhususnya dalam proses pembuatan aneka jajanan dan camilan yang enak dan berkualitas. Apalagi untuk anda yang mungkin bekerja sebagai pembisnis kuliner, chef atau koki sangat perlu untuk bisa membedakan mana tepung yang baik dan mana yang tidak. Dengan Tepung kanji yang berkualitas anda dapat membuat cita rasa makanan yang di sajikan menjadi nikmat dan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel