Cara memilih Tepung Beras yang baik dan Berkualitas

Racikanbumbu.Com - Tepung Beras adalah salah satu bahan makanan yang sudah banyak digunakan untuk diolah menjadi berbagai makanan lezat baik hidangan asin maupun hidangan manis. Tepung beras ini adalah salah satu jenis tepung dari beras yang dibuat dengan cara ditumbuk atau di giling. Tepung beras berbeda dengan Pati beras yang pada awalnya di buat dengan merendam beras dalam larutan alkali.

Seringkali orang orang menyimpan tepung beras sebagai persediaan untuk membuat kue, roti, nagasari, rempeyek, serabi, kue putu atau bahkan permen. Seberapa banyak dari anda yang menyimpan tepung di dapur anda? Tidak tergantung seberapa banyak anda membutuhkan tepung beras untuk kebutuhan anda, alangkah baiknya untuk memilih jenis tepung beras yang baik dan berkualitas.

Tahu kah anda? Kesalahan dalam memilih tepung beras bisa berakibat pada hasil dari rasa kue itu sendiri loh. Anda tentunya tidak ingin bukan membeli tepung dengan tarif harga tertentu kemudian setelah itu memasak juga memerlukan waktu yang lama, namun hasilnya tidak sebaik yang anda harapkan. Baca Juga : 34 Resep Kue Lapis dan Brownies terbaru

Ternyata selain dari proses pembuatan, jenis bahan sangat berpengaruh untuk hasil makanan. Oleh sebab itu lah, sangat penting untuk anda memperhatikan uraian di bawah ini yang akan bahas “Bagaimana cara memilih jenis tepung beras yang bagus dan tidak mengecewakan?” Sebagai berikut adalah ulasan selengkapnya.


Cara Memilih Tepung Beras yang baik dan Berkualitas

Perhatikan Ciri –ciri Tepung beras yang baik sebagai berikut :
  1. Tepung beras yang baik umumnya berwarna putih kekuningan atau putih, dan tepung yang baik tentunya tidak menggumpal, tidak berkutu, dan tidak juga berbau apek.
  2. Tekstur tepung beras halus dan menempel di tangan, Apabila tepung terasa kasar maka, coba perhatikan apakah tepung beras tersebut mengandung kerikil atau ada bagian tepung yang telah menggumpal. Apabila ada yang menggumpal ini berarti ciri tepung yang sudah lama. Sedangkan apabila tepung menempel di tangan saat di genggam, menandakan bahwa tepung benar –benar kering dan bisa di konsumsi.
  3. Perhatikan cara pengemasannya, pastikan masih tersegel dengan rapat, apabila ada sedikit lubang, pastikan lubang tersebut memang merupakan lubang udara yang di buat dari pabriknya. Apabila ada ciri –ciri tepung beras tidak di tutup dengan rapat atau sering diangikan maka akan terlihat ulat jenis jumbuh pada tepung. Sebaiknya anda perlu teliti untuk membeli tepung yang benar –benar bersih, steril, dan juga terjaga dengan baik kualitasnya.
  4. Sebelum menggunakan tepung beras tersebut, alangkah baiknya untuk diayak atau disaring terlebih dahulu agar tidak ada kotoran, kutu atau serangga yang tercampur di dalam tepung. Namun, produk tepung beras yang berkualitas pastinya akan menjamin bahwa tidak ada atau bebas dari hal –hal tersebut.
  5. Pastikan anda membeli di Toko atau tempat terpercaya dengan popularitas yang baik di mata masyarakat.

Inilah ciri ciri dari tepung beras yang baik dan bisa diolah atau di konsumsi dengan sehat. Tidak hanya tepung beras, anda juga harus mulai memperhatikan semua pilihan bahan makanan anda. Seperti halnya tepung beras, jenis tepung lainnya juga memiliki kemungkinan besar mulai di salah gunakan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Penjelasan lengkap tepung Terigu Protein Tinggi, Sedang dan Rendah.

Seperti tepung ketan, tepung terigu, tepung sagu, tepung Tapioka, Tepung Maizena dan masih banyak lagi. Ada baiknya apabila anda sangat suka membuat kue dan aneka makanan lainnya, setidaknya anda harus mulai mengenal ciri ciri tepung dan jenisnya masing masing. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel