4 Cara memilih Tepung Terigu yang baik untuk membuat KUE

Racikanbumbu.Com - Untuk bisa mendapatkan adonan kue yang sempurna pastinya membutuhkan skill yang terampil. Tanpa adanya keterampilan membuat kue, adonan yang di hasilkan akan terkesan kurang pas dan tidak sesuai dengan keinginan yang semula. Selain itu, bahan juga merupakan dasar yang sangat penting dalam pembuatan sebuah makanan lezat tersebut, misalnya tanpa adanya bahan makanan yang berkualitas maka, adonan kue tidak akan bisa mengembang dengan baik bukan? Bahan utama dalam proses pembuatan kue adalah Tepung Terigu.

Beberapa orang menganggap bahwa semua tepung memiliki kualitas yang sama rata. Namun, anggapan ini tidaklah benar. Terkhususnya tepung terigu, setiap mereknya pasti memiliki kualitasnya sendiri. Hasilnya pun berbeda dari segi rasa, kerenyahan, tekstur dan lain sebagainya. Tepung terigu yang berkualitas pastinya akan menghasilkan makanan yang berkualitas pula. Nah, yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya mendapatkan kualitas tepung terigu yang terbaik?

Anda perlu selektif dalam membeli tepung terigu di pasar maupun ditoko dengan memperhatikan ciri –ciri tepung terigu yang berkualitas tinggi yang bisa menjadikan hasil kue anda lebih enak. Pada uraian di bawah ini akan diuraikan secara singkat Tips memilih Tepung terigu agar tidak tertipu dengan jenis tepung terigu abal abal yang banyak di jual di pasaran oleh pedagang nakal yang ingin mendapatkan keuntungan semata. Langsung saja anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.


Cara Memilih Tepung Terigu  yang baik untuk buat kue

1. Mengenali Tiga jenis Tepung

Jenis Kue yang ingin dibuat pastilah menentukan jenis tepung yang akan digunakan juga. Sebelum membeli anda sebaiknya mengenai 3 jenis tepung terigu tersebut. Pertama ada tepung terigu berprotein rendah, tepung terigu berprotein sedang, dan ada tepung terigu berprotein tinggi. Sesuaikan dengan kebutuhan kue anda, Umumnya di kemasan tepung terigu akan tertera jenis tepung terigu tersebut untuk mempermudah anda.

2. Membedakan Tepung Untuk Kue Kering dan Kue basah

Kue basah dan kue kering memiliki komponen yang berbeda walaupun menggunakan jenis tepung yang sama. Untuk membuat kue kering anda memerlukan tepung terigu yang berprotein rendah. Mengapa? Karena kandungan Glutennya yang rendah dapat membuat kue lebih terkesan renyah dan daya serap air dalam adonannya itu rendah. Sedangkan apabila membuat kue basah seperti waffle atau pancake maka jenis tepung terigu yang cocok adalah tepung terigu dengan protein sedang. Sedangkan jenis tepung terigu berprotein tinggi dapat digunakan untuk jenis makanan seperti mie dan roti yang membutuhkan proses fermentasi agar tidak kempes.

3. Memilih Tepung yang tidak menggumpal dan tidak apek

Selanjutnya, saat akan membeli sebuah produk tepung terigu, alangkah baiknya untuk memeriksa lebih mendetail. Beberapa ciri tepung terigu yang berkualitas adalah tidak kering saat di pegang dan juga tidak menggumpal. Selain itu tepung tersebut juga tidak akan berbau apek, tidak berkutu dan memiliki warna yang putih pada bagiannya. Umumnya tepung terigu yang sudah memiliki bau apek biasanya di sebabkan oleh jamur yang tumbuh di tepung tersebut. Inilah yang membuat kualitasnya kurang bagus.

4. Jangan menggunakan Tepung yang ada kutunya

Apabila terdapat Kutu pada tepung terigu yang anda beli sebaiknya urungkan niat anda. Karena kutu tersebut menandakan bahwa tepung terigu tersebut tidak layak untuk dijadikan bahan makanan anda. Selain itu hindari juga memilih tepung yang mengandung jenis –jenis kotoran seperti batu, kerikil, bertekstur kasar dan lain sebagainya, jika demikian itu berarti tepung terigu tersebut adalah produk lama yang sudah tidak layak untuk di konsumsi.

Baca Juga :

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips cara memilih tepung terigu yang cocok untuk membuat kue. Pastikan anda untuk mengecek setiap bahan makanan yang anda beli baik di pasar atau di toko termasuk memilih tepung terigu. Dengan Tepung terigu yang berkualitas anda bisa menjadikan kue anda menjadi makanan yang lezat dan sehat. Semoga informasi yang di bagikan ini dapat bermanfaat dan terima kasih  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel