4 Jenis Beras dan Kualitasnya lengkap daftar Harga

Racikanbumbu.Com - Jenis Beras yang terdapat di Indonesia sangatlah beraneka ragam. Hal ini karena beras merupakan sumber makanan pokok di Indonesia sehingga budidaya tanaman padi menjadi fokus utama dalam dunia pertanian. Oleh karena itu selalu ada inovasi baru dalam hal budidaya tanaman padi yang bertujuan untuk memperkaya varietas beras yang ada di Indonesia.


Tujuan pembudidayaan aneka jenis tanaman padi adalah untuk memberikan beragam pilihan beras untuk para penduduk Indonesia. Jenis beras yang menjadi pilihan favorit warga Indonesia juga banyak macamnya dan setiap daerah mempunyai beras unggulan sendiri. Tiap beras yang terdapat di Indonesia memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing.

Oleh karena itu cara memasak beras agar menjadi nasi pun juga berbeda. Agar Anda memahami apa saja jenis beras yang terdapat di Indonesia dan juga bisa membedakannya berdasarkan ciri khasnya, serta mengetahui info harga dari tiap-tiap jenisnya,maka ada baiknya Anda menyimak ulasan singkat berikut ini.

1. Beras Si Harum Pandan Wangi

Pandan wangi merupakan beras yang berasal dari kota Cianjur Jawa Barat. Disebut Pandan Wangi karena ciri utama beras ini adalah memiliki aroma wangi pandan, terutama pada saat dimasak menjadi nasi. Selain aromanya yang harum, ciri lain dari beras ini adalah bulirnya yang berbentukpanjang dan runcing namun cenderung bulat serta warnanya yang putih bening sedikit kekuningan.

Baca Juga :

Beras pandan wangi merupakan beras yang paling banyak disukai oleh warga Indonesia karena selain aromanya yang harum, tekstur nasinya pun pulen. Harga beras pandan wangi terbilang diatas rata-rata berkisar antara Rp 12.000 sampai Rp 15.000 per kilogramnya di pasar tradisional atau di toko agen beras. Namun harga ini bukanlah patokan utama karena setiap daerah memiliki harga jual yang berbeda.

2. Beras Ramos Yang Pulen Dan Gurih

Beras yang memiliki nama lain IR64 dan juga berasal dari Jawa Barat ini sangat disukai oleh masyarakat karena teksturnya yang pulen dan memiliki rasa gurih namun tidak seharum beras pandan wangi. Beras ini memiliki bulir yang panjang dan lonjong serta tidak lengket ketika dimasak. Harganya pun juga tak jauh berbeda dengan beras pandan wangi.

3. Beras Rojo Lele Unggulan Jawa Tengah

Jenis beras ini berasal dari Jawa Tengah. Ciri dari tampilan beras ini adalah bentuknya yang ramping memanjang dan berwarna putih cerah. Kualitas beras Rojo Lele lebih bagus daripada beras Ramos. Harga beras ini pun cukup terjangkau sekitar Rp 8.000 hingga Rp 11.000 per kilonya. Selain disukai oleh warga Jawa Tengah, beras ini juga sangat terkenal di daerah Jawa Timur.

4. Beras Mentik Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Beras mentik merupakan jenis beras yang berasal dari Jepang namun telah dibudidayakan di Indonesia, khususnya di daerah Magelang Jawa Tengah. Beras ini disebut beras sehat karena kandungan glukosanya mudah terurai sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu beras ini juga dapat membantu mencegah penyakit seperti vertigo, asam urat dan darah tinggi.

Beras mentik memiliki ciri khas berbentuk bulat lonjong dan gemuk serta berwarna putih susu. Ada dua jenis beras mentik yang ada dipasaran yaitu mentik susu dan mentik wangi. Jika mentik susu berwarna seputih susu, mentik wangi memiliki warna putih kusam namun khasiatnya sama dengan mentik susu dan memiliki aroma pandan. Harga beras ini terbilang relatif mahal di pasar yaitu berkisar Rp 15.000 hingga Rp 18.000 per kilonya.

Sebagai warga Indonesia yang sering mengkonsumsi nasi, beras merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi dan Anda pasti memiliki beras favorit tersendiri. Semoga ulasan tentang jenis beras tadi bisa menambah wawasan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel