Tips dan Cara Memasak Nasi Pulen yang Wangi di Rumah

Racikanbumbu.Com - Nasi adalah makanan pokok di Indonesia. Kalau belum makan nasi, banyak orang mengatakan bahwa mereka belum makan meski sudah mengonsumsi roti, kue, mie atau olahan makanan lainnya. Meskipun nasi sudah menjadi makanan yang umum dan utama. Diperlukan tips dan cara memasak nasi supaya pulen dan wangi. Ya, Anda bisa menciptakan nasi dengan rasa lembut dan nikmat saat makan dirumah.

Tidak seperti jaman dulu, kebanyakan orang pasti menggunakan alat untuk memasak nasi seperti Rice Cooker atau Magic com bukan? Beberapa orang berpendapat bahwa hasil masak nasi dengan cara tradisional di dalam panci lebih pulen dan wangi dibandingkan dengan hasil masak nasi di rice cooker atau magic com. Benarkah demikian?

Sebenarnya apapun cara atau metode yang Anda gunakan untuk menanak nasi bisa menghasilkan nasi pulen dan beraroma wangi. Namun, Anda harus tahu tips dan triknya terlebih dahulu. Meskipun mudah mengolah beras menjadi nasi hanya dengan beberapa langkah saja, namun sebaiknya perhatikan juga beberapa faktor yang membuat hasil nasi kurang maksimal. Apa saja itu?

Mari kita membahas apa tips dan cara memasak nasi supaya pulen dan wangi yang perlu Anda ketahui selengkapnya pada informasi di bawah ini.

Tips dan Cara Memasak Nasi Pulen yang Wangi di Rumah


1. Mencuci beras tidak lebih dari 3 kali

Beberapa orang mungkin ada yang berfikir kalau beras semakin banyak dicuci tentu akan semakin bersih. Benarkan anggapan tersebut? Sebenarnya mencuci beras terlalu banyak atau bahkan lebih dari 3 kali bisa membuat beras tersebut kehilangan kandungan seratnya. Padahal meskipun air cucian beras ketiga terlihat masih agak keruh, tapi sebenarnya beras sudah cukup bersih untuk dimasak.

2. Perbandingan air dan beras yang tepat

Tips kedua yang bisa Anda perhatikan saat memasak nasi supaya nasinya pulen dan wangi adalah memperhatikan perbandingan air dan beras yang tepat. Perbandingan air yang pas dengan beras juga akan membuat nasi bertahan hingga seharian. Lantas berapa perbandingan yang tepat antara beras dan air?

Cobalah untuk menggunakan perbandingan 1:2 untuk beras dan air. Namun apabila Anda menggunakan jenis beras pera, maka Anda dapat menambahkan air yang sedikit lebih banyak.

3. Mengaduk beras setelah 20-30 menit dimasak

Setelah memasuki waktu antara 20 menit sampai 30 menit nasi dimasak, cobalah untuk mengaduk beras di dalamnya. Namun, sebelumnya perhatikan juga besar kecilnya api jika Anda menggunakan kompor dan panci untuk memasak nasi. Untuk penggunaan metode memasak dikompor tersebut, Anda perlu memasak beras dengan api kecil saja selama 20 sampai 30 menit.

Barulah setelah matang, diamkan terlebih dahulu nasi selama 5 sampai 10 menit supaya beras di dalamnya bisa matang dengan sempurna. Sedangkan jika Anda memasak nasi menggunakan rice cooker, cukup tunggu sampai tombol “Cook” di rice cooker berubah menjadi “Warm” lalu setelah itu, barulah aduk secara merata.

4. Menambahkan bumbu ekstra penambah rasa dan aroma

Untuk menjadikan beras mempunyai aroma dan rasa, Anda perlu menambahkan beberapa bumbu tambahan di dalamnya. Misalnya jika Anda menginginkan nasi yang gurih, maka cukup tambahkan beberapa tetes minyak atau sedikit garam. Atau Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Sedangkan jika Anda menginginkan nasi yang wangi, cobalah untuk menambahkan beberapa bumbu rempah yang memiliki wangi yang khas. Misalnya daun salam, irisan bawang, potongan cabai dan serai. Nah, jika Anda ingin nasi tidak mudah basi, maka bisa ditambah jeruk nipis atau lemon pada saat menanak nasi. Perbandingan ukurannya adalah untuk satu liter beras menggunakan setengah jeruk nipis atau lemon.

Uraian diatas adalah informasi update yang mengulas tentang tips dan cara memasak nasi supaya pulen dan wangi dirumah. Ini juga merupakan cara memasak nasi yang benar dan bisa Anda praktekkan langsung dirumah. Nasi yang pulen akan membuat Anda semakin menikmati makanan apapun lauknya karena nasi tidak berair, lembut, empuk, tidak lengket dan aromanya menggugah selera.

Hanya dengan menggunakan rice cooker atau magic com, Anda bisa mendapatkan hasil nasi yang enak. Anda tidak perlu bersusah payah untuk menggunakan metode tradisional jaman dulu yang tentunya dibutuhkan lebih banyak usaha bukan? Selain dari itu semua, pastikan juga kalau Anda tahu cara memilih kualitas beras yang bagus dan enak untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel