Resep Cara Membuat Udang Galah Bakar yang Enak Bikin Ketagihan

Racikanbumbu.Com - Udang bisa diolah dan dimasak menjadi berbagai menu masakan yang nikmat dan lezat. Nah, salah satu resep yang patut Anda coba dalam memasak udang adalah udang galah bakar. Resep cara membuat udang galah bakar yang enak dan bikin ketagihan menjadi rekomendasi masakan harian yang banyak disukai untuk santapan keluarga ramai ramai.

Tahukah Anda, Udang galah berbeda dengan udang biasanya. Udang jenis ini memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis udang lainnya. Menariknya udang galah bisa diolah menjadi berbagai aneka masakan yang menjadi favorit para pecinta kuliner. Cocok dipadukan dengan bumbu yang pedas, manis ataupun asin. Tidak heran kalau banyak yang menyukai aneka olahan masakan udang.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang cara memasak udang galah menjadi udang galah bakar. Apakah Anda pernah mencoba menu masakan ini? Atau malah pernah mencoba memasaknya? Sebenarnya cara memasak udang galah bakar sangatlah mudah jika Anda tahu langkah langkahnya.

Namun, jika Anda masih pemula dan belum tahu caranya, pada rangkaian informasi di bawah ini akan menyediakan resep udang galah bakar tahap demi tahap. Yuk kita lihat.

Resep Cara Membuat Udang Galah Bakar yang Enak Bikin Ketagihan


Bahan yang dibutuhkan :

Bahan Utama :
  • Udang Galah 5 ekor dengan ukuran yang cukup besar dan masih segar

Bahan Parutan :
  • Bawang putih parut 4 siung
  • Bawang merah parut 7 butir
  • Cabai merah dihaluskan 2 buah
  • Air jeruk nipis ½ sendok teh
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kunyit parut 1 ruas
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Garam secukupnya

Cara membuat Udang Galah Bakar :
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memasak udang galah bakar adalah memastikan semua bahan yang sudah disediakan dalam kondisi bersih. Terutama bahan utama, udang galah harus dibersihkan dengan cara membuang bagian kepala dan kulitnya. Jangan lupa belah juga bagian punggung udang sedikit untuk bisa mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya.
  2. Lalu siapkan sebuah wadah, dan masukkan bahan bahan parut yang sudah disiapkan sebelumnya. Campurkan semua bahan parut tersebut seperti bawang putih, bawang merah, kunyit bersama dengan bahan lainnya yakni kecap manis, perasan jeruk nipis, merica bubuk dan garam.
  3. Setelah tercampur semua dalam satu wadah, jangan lupa untuk mengaduk aduknya supaya semua bahan bisa tercampur dengan rata antara satu dengan bahan lainnya.
  4. Selanjutnya ambil udang galah yang sudah bersih dari kotorannya, kepala dan kulit. Olekan atau celup di dalam bahan bumbu yang sudah Anda buat tadi. Pastikan kalau semua bagian udang galah tersebut sudah dilumuri dengan bumbu. Taruh ditempat bersih dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.
  5. Nah, sambil menunggu, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan pembakaran atau panggangan terlebih dahulu, apalagi kalau jenis pemanggangan yang digunakana adalah panggangan dengan arang.
  6. Setelah udang mendapatkan waktu yang cukup ketika didiamkan tadi, berikutnya ambil udang tersebut dan lakukan proses pemanggangan. Panggang udang sampai benar benar matang. Jangan lupa untuk membalik udang supaya matang nya rata. Sambil diibalik olesi kembali dengan bumbu oles tadi.
  7. Tunggu udang sampai matang, dan angkat.
  8. Udang galah bakar sudah siap untuk dinikmati selagi hangat.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat udang galah bakar yang enak dan bikin ketagihan. Resep ini juga bisa Anda kreasikan sesuai dengan selera Anda. Menu yang satu ini sangat cocok disantap bersama keluarga atau pasangan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel