Resep Empal Gepuk yang Enak dan Bumbu Meresap

Racikanbumbu.Com - Indonesia kaya akan sajian masakannya yang beragam dari berbagai daerah. Pada artikel ini kita akan membahas salah satu sajian khas nusantara yang terbuat dari daging umumnya menggunakan daging sapi yang agak besar dan pipih. Namanya adalah Empal Gepuk. Tahukah Anda, apa resep empal gepuk yang enak dan bumbu nya bisa meresap dengan baik?

Ketika mendengar empal gepuk makanan khas Sunda, mungkin Anda juga familiar dengan sajian empal yang lainnya yakni empal gentong dan empal asem yang merupakan masakan khas Cirebon. Memang ketiganya memiliki kesamaan yakni sama sama masakan empal. Namun kalau dilihat dari bumbu yang digunakan dan cara penyajiannya ketiganya adalah menu yang berbeda.

Nah, pada artikel ini secara spesifik kita akan membahas tentang empal gepuk.  Rasanya yang lezat merupakan perpaduan dari ungkepan air rebusan yang mengandung bumbu dan rempah terbaik. Cara penyajiannya masakan daging ini juga bisa disesuaikan dengan selera. Dimana ada yang suka menggorengnya dan disajikan kering dengan nasi hangat tapi ada juga yang suka disiram lagi dengan kuah setelah digoreng.

Pada uraian dibawah ini kita akan bahas salah satu cara dalam membuat empal gepuk dan penyajiannya yang patut Anda simak. Yuk perhatikan.

Resep Empal Gepuk yang Enak dan Bumbu Meresap


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Daging sapi 500 gram yang sudah diiris mengikuti serat
  • Santan sedang 300 ml
  • Lengkuas 2 ruas digeprek
  • Daun salam 2 lembar
  • Air asam jawa 1 sdm
  • Gula merah dan garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Jahe 1 ruas
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Ketumbar 1 sdm

Cara membuat Empal Jagung :
  1. Pertama tama yang harus Anda lakukan untuk membuat Empal Jagung adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti rincian bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan telah siap, jangan lupa pastikan semua bahan dalam kondisi yang bersih.
  3. Setelah itu, ambil daging dan masak dalam sebuah wajan yang sudah diberi air secukupnya, bumbu halus, garam, daun salam, gula merah, air asam jawa dan daun salam, kemudian aduk dan masak hingga setengah matang.
  4. Berikutnya tambahkan santan dan aduk. Masak terus sampai daging telah empuk dan air terlihat menyusut.
  5. Jika sudah daging diangkat. Kemudian geprek daging pelan pelan dan jangan sampai hancur.
  6. Terakhir tinggal goreng sebentar dan angkat.
  7. Selesai empal gepuk sederhana sudah siap disajikan dengan tambahan bawang goreng kalau Anda suka. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi update yang membahas tentang resep empal gepuk yang enak dan bumbu nya meresap sehingga bisa bikin siapa saja suka dengan sajian nusantara yang satu ini. Anda bisa membuat empal gepuk dengan resep ini, atau mengkreasikannya sesuai dengan selera atau keinginan Anda. Dengan membuatnya sendiri, Anda dan keluarga bisa menikmati kelezatan dari empal gepuk ini.

Meskipun resep dan cara membuat empal gepuk kelihatannya mudah atau gampang banget, ini tidak berarti Anda bisa membuatnya sembarangan. Ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan empal gepuk yang enaknya maksimal. Misalnya rasa dan kesegarannya, oleh sebab itu pilihlah bahan yang bagus dan berkualitas serta jaga selalu kebersihan selama memasak. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel