Resep Sayur Tewel Gurih yang Sederhana tapi Enak Sekali

Racikanbumbu.Com - Buah nangka yang masih muda ternyata bisa dimanfaatkan menjadi menu sayuran yang lezat loh. Kebanyakan orang menyebutnya sayur Tewel, atau yang lain lagi menyebutnya sayur Gori. Mungkin Anda juga sudah tidak asing dengan menu sayur sederhana ini bukan? Lantas, apa resep sayur tewel gurih yang sederhana tapi cita rasa nya enak sekali?

Meskipun menu sayur nangka muda termasuk dalam deretan menu masakan sayur yang sederhana dan praktis, namun cara membuatnya bisa susah susah gampang loh. Ya, khususnya bagi Anda yang sebelumnya belum pernah mengolah nangka muda menjadi sayur. Kalau salah dalam mengolah dan memasak sayur tewel, hasilnya justru cenderung menjadi tidak enak.

Anda pastinya tidak ingin bukan, sudah susah payah memasak sayur tewel atau sayur gori, tapi rasanya malah tidak enak, tidak gurih atau bahkan hambar. Nah, jangan khawatir untuk meminimalisir memasak sayur tewel yang kurang sedap, Anda bisa mencoba untuk mengikuti resep sayur tewel gurih yang sederhana tapi enak sekali yang akan kita ulas di bawah ini.

Coba perhatikan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sayur tewel yang enak serta langkah langkah yang benar dalam membuatnya. Selengkapnya yuk simak resep sayur tewel. Cekidot.

Resep Sayur Tewel Gurih yang Sederhana tapi Enak Sekali


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tewel atau nangka muda 400 gram
  • Santan 500 ml
  • Cabai hijau besar 3 buah
  • Daun salam 2 lembar
  • Gula merah 2 sdt
  • Lengkuas 3 cm
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 8 butir
  • Cabai merah keriting 2 buah
  • Cabai rawit merah 6 buah
  • Kencur 1 cm
  • Kunyit 1 cm
  • Kemiri 3 butir
  • Ketumbar 1 sdt

Cara membuat Sayur Tewel :
  1. Pertama tama siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur tewel seperti yang sudah dirincikan diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah siap, pastikan bahan bahannya sudah bersih. Khususnya potong potong dan bersihkan tewel atau cuci dulu menggunakan air bersih. Kemudian masukkan potongan tewel ke dalam sebuah panci lalu tambahkan air.
  3. Tambahkan ke dalamnya minyak sekitar 4 sampai 5 sendok makan. Lalu tambahkan juga garam secukupnya saja.
  4. Kemudian masak tewel sampai air di dalamnya menyusut (fungsi minyak adalah supaya getah tewel tidak menempel). Lalu jika tewel sudah empuk, buang saja semua sisa airnya dan sisihkan tewel
  5. Selanjutnya silahkan cuci bersih semua bumbu mulai dari bawang merah, cabai dan bawang putih. Ulek bumbu tersebut dan tambahkan kunyit.
  6. Masukkan juga kemiri yang telah disangrai. Beri ketumbar dan kencur, kemudian ulek lagi semua bahan samapi halus.
  7. Siapkan wajan dengan sedikit minyak. Tumis bumbu halus tadi dan tambahkan daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan terlebih dahulu. Tumis sampai harum lalu kecilkan ukuran api di kompor.
  8. Langkah berikutnya bumbu yang telah ditumis di masukkan ke dalam panci yang berisi tewel. Tuang dan aduk air ke dalamnya supaya bumbu bisa tercampur. Masak dan biarkan sampai mendidih.
  9. Kemudian masukkan santan ke dalam panci sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah.
  10. Setelah itu tambahkan gula merah dan garam. Masukkan juga potongan cabai hijau dan aduk sampai rata. Nah, jika ada dan suka, Anda bisa tambahkan gula merah atau gula pasir.
  11. Sampai sini jangan lupa koreksi rasanya. Apabila sudah pas dan matang, angkat sayur tewel dan tuang ke dalam mangkuk.
  12. Selesai sayur tewel gurih sudah siap disantap bersama dengan nasi hangat. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang resep sayur tewel yang gurih dan sederhana tapi rasanya bisa dijamin enak sekali. Sayur tewel atau sayur gori yang enak cocok banget untuk menjadi salah satu menu sayur andalan sehari hari, khususnya jika Anda sedang bingung mau masak apa hari ini. Aroma dan rasa sayur tewel ini bisa memancing selera makan kita dengan baik.

Sayur tewel atau sayur nangka ini hanya salah satu resep cara mengolah nangka muda menjadi masakan yang enak dan lezat. Yuk temukan berbagai resep masakan praktis dan sederhana lainnya setiap hari untuk bisa menyajikan menu santapan makanan yang berbeda beda untuk keluarga ataupun untuk diri sendiri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel