Tips Membuat BBQ ala Korea Restauran yang Enak di Rumah

Racikanbumbu.Com - Barbeku atau BBQ merupakan salah satu sajian masakan yang populer tidak hanya disuatu negara melainkan sudah mendunia. Bagi Anda pencinta kuliner, mungkin sudah tidak asing lagi dengan BBQ ala korea restauran yang super enak dan lezat. Nah, jika Anda ingin membuatnya sendiri dirumah, jangan sampai ketinggalan tips cara membuat BBQ ala korea restauran yang enak tersebut.

Nah, apa sebenarnya Barbeque atau disingkat BBQ ini? sebenarnya BBQ adalah sebutan yang digunakan untuk teknik memanggang daging dalam waktu yang lama dengan api kecil atau merujuk pada peralatan memanggang secara khusus. Jika Anda pergi ke restauran yang menawarkan barbeque grill, memang sangat cocok ajak keluarga, kerabat atau sahabat untuk makan ramai ramai.

Namun, kalau Anda berniat untuk membuat BBQ sendiri dirumah dengan mengajak sanak saudara atau sahabat, Anda harus tahu beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ya, beberapa tips yang akan dibagikan untuk Anda ini, memungkinkan Anda untuk bisa menyiapkan grill barbeque ala Korea restauran yang enak meskipun hanya dirumah saja dan perlengkapan sederhana.

Apa saja tips cara membuat BBQ ala korea yang enak buatan sendiri? Yuk lihat informasi tips memasak BBQ dirumah berikut ini.

Tips Membuat BBQ ala Korea Restauran yang Enak di Rumah


1. Pilih Daging yang masih Segar

Tahukah Anda, segar atau tidaknya daging yang kita pilih sebenarnya sangat mempengaruhi cita rasa masakan yang akan dihasilkan nanti. Oleh sebab itu, jika ingin membuat BBQ yang enak, jangan sampai salah dalam memilih bahan utama nya yakni daging.

Berupayalah untuk memilih daging yang berkualitas dan masih segar sehingga sewaktu dimasak akan memiliki tekstur dan rasa barbeque yang sempurna. Nah, salah satu jenis daging yang dapat Anda gunakan untuk sajian barbeque adalah daging sapi. Pilihlah daging sapi berkualitas yang umumnya masih berwarna merah segar dan tidak memiliki lendir.

2. Tambahkan Sayuran yang cocok

Jika Anda adalah seorang pecinta daging, ingatlah bahwa lebih baik untuk jangan hanya berfokus pada daging saja. Sebaliknya lengkapi juga dengan beberapa jenis sayuran yang cocok dipadukan dengan barbeku Anda. Jika Anda tidak tahu sayuran apa yang cocok, cobalah perhatikan di beberapa restoran barbeque biasanya disajikan dengan sayuran apa.

Nah, biasanya barbeque cocok disajikan dengan sayuran root vegetables. Beberapa diantaranya adalah ubi, kentang atau labu juga bisa. Lalu ada juga jagung, wortel, paprika, terong, jamur, asparagus, atau membungkusnya dengan daun salada ala korea. Namun, apapun pilihan sayuran yang Anda pilih, pastikan kondisi sayuran terbaik dan masih segar.

3. Tambahkan berbagai bahan pelengkap lainnya

Selain menyiapkan daging dan sayuran yang berkualitas untuk membuat BBQ, supaya lebih bervariasi Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya loh. Contohnya saja, Anda bisa menambahkan sosis, bakso, ikan, seafood dan lain sebagainya. Tips ini khususnya bisa menjadi pilihan kalau ada keluarga atau teman Anda yang tidak begitu menyukai daging, sehingga ada alternatif.

4. Potong potong Bahan

Alangkah lebih baik sebelum memulai untuk memasak dan menikmati grill barbeque, setelah bahan bahan dibersihkan, potong bahan bahan baku barbeku tersebut terlebih dahulu. Memang daging dan sayuran utuh bisa langsung digunakan untuk barbeque, tapi dengan mempersiapkannya terlebih dahulu dengan cara dipotong ptong maka akan mengurangi durasi memasak sehingga lebih singkat.

Anda bisa memotong daging sesuai keinginan atau selera Anda. Namun, Anda bisa mempertimbangkan untuk memotong daging sapi untuk barbeque dengan potongan steak, dadu atau iris tipis tips. Nah, jika Anda menggunakan daging ayam, Anda bisa pilih bagian terbaik seperti paha, dada dan sayap.

5. Marinasi

Marinasi merupakan salah satu teknik yang umumnya digunakan untuk membuat cita rasa masakan menjadi lebih enak. Nah, baik daging sapi atau sayuran Anda bisa memarinasi nya terlebih dahulu sebelum akhirnya dimasak.

Untuk bahan marinasi yang digunakan bisa terdiri dari garam, merica dan campuran rempah rempah lainnya yang bisa Anda tambahkan sesuai kebutuhan bahan. Sedangkan untuk cara memarinasi, Anda bisa memarinasi sayur atau daging dengan cara merendamnya langsung dengan tambahan air atau hanya membalurkannya saja.

6. Menyesuaikan Temperatur

Temperatur pada saat memasak barbeque memang perlu diperhatikan supaya bahan bahan bisa matang dengan sempurna. Temperatur atau suhu yang digunakan menyesuaikan dengan bahan makanan. Misalnya untuk suhu seafood barbeque terbaik adalah berada di sekitar 56 sampai 64 derajat celcius, daging ayam minimum mencapai 75 derajat celcius, sedangkan untuk daging sapi di suhu 55 sampai dengan 70 derajat celcius.

7. Jangan Buang Sisa Saus Barbeque

Menyimpan bahan sisa adalah tips yang bisa Anda gunakan supaya bisa berhemat dalam hal pengeluaran. Saus barbeque sendiri termasuk ke dalam jenis bahan yang awet jika disimpan dengan baik sampai dua minggu ke depan. Lantas, bagaimana cara menyimpan saus barbeku? Masukkan ke dalam wadah kedap udara, lalu simpan di kulkas dengan suhu satu hingga empat derajat celcius. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang tips membuat BBQ ala Korea Restauran yang enak dirumah untuk Anda. Bagaimana? Mudah sekali bukan? Meskipun berbagai tips yang diberikan ini sederhana, namun sebenarnya sangat penrting untuk membuat rasa dari gril barbeku tidak kalah enak dan mewah dengan yang ada direstoran.

Baik jenis masakan international atau masakan tradisional, memasak adalah tentang bagaimana seseorang dapat berkreasi untuk menghasilkan masakan yang lezat. Oleh sebab itu, perkaya masakan Anda dengan berbagai tips untuk meningkatkan cita rasa yang tidak kalah lezat dari para ahli nya. Meskipun hanya dari rumah saja, kita bisa belajar untuk menciptakan suasana makan dirumah yang asyik dan nikmat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel