Resep Cara Membuat Kerupuk Telur Asin yang Gurih Antigagal

Racikanbumbu.Com - Siapa yang suka makan kerupuk telur asin? Banyak orang menyukai sajian kerupuk yang satu ini. Salah satu alasannya adalah karena rasanya yang gurih dan nikmat. Namun, beberapa orang ternyata belum familiar dengan kerupuk telur asin. Ya, karena sajian kerupuk ini terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Namun, jika ingin membuatnya sendiri, ada resep dan cara membuat kerupuk telur asin yang gurih dan antigagal.

Ya, resep cara membuat kerupuk telur asin ini menjadi solusi kalau di daerah kita tidak ada produsen kerupuk telur asin atau yang menjualnya. Nah, menarik kerupuk telur asin ini sebenarnya terbuat dari telur asin khas daerah Brebes. Dimana di tangan seorang pengrajin telur asin, telur asin ini bisa diolah menjadi sebuah cemilan yang gurih dan renyah yakni kerupuk.

Sebagian besar orang Indonesia sangat menyukai aneka kerupuk. Tidak hanya dijadikan sebagai camilan saja, namun banyak juga yang menjadikannya sebagai pelengkap makanan. Beberapa orang berkomentar bahkan saat makan, kurang lengkap kalau tidak disajikan dengan kerupuk. Nah, berbeda dengan jenis kerupuk yang sering kita temui, pada artikel ini kita akan membahas resep cara membuat kerupuk asin yang enak dan gurih.

Selengkapnya mari simak mengenai cara membuat kerupuk telur asin yang gurih dan anti gagal di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kerupuk Telur Asin yang Gurih Antigagal


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Putih telur asin 5 butir
  • Tepung tapioka atau kanji 250 gram
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Air panas 120 ml

Bahan kuning telur :
  • Kuning telur asin 5 butir
  • Tepung tapioka atau kanji 250 gram
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Air panas 120 ml

Bahan untuk bumbu halus (dibagi menjadi dua untuk putih telur asin dan kuning telur asin) :
  • Bawang putih 10 siung
  • Garam 1 sdm
  • Ketumbar 2 sdm
  • Merica 20 butir
  • Kemiri 2 butir

Cara membuat Kerupuk Telur Asin :
  1. Pertama tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk telur asin, mulai dari pisahkan bahan antara putih telur asin dan kuning telur asin.
  2. Haluskan bahan putih telur asin dan kuning telur asin di tempat terpisah.
  3. Setelah itu campur semua bahan putih telur asin dengan setengah dari bumbu halus. 
  4. Aduk rata bahan bahan tersebut sampai tercampur rata kemudian ditambahkan sedikit demi sedikit air sambil diaduk hingga tekstur menjadi kalis dan mudah dibentuk. Lakukan cara yang sama juga untuk bahan kuning telur asin.
  5. Langkah selanjutnya adalah membagi adonan putih dan kuning menjadi beberapa bagian dengan sama rata, nah, ukuran ini bisa disesuaikan dengan selera Anda. 
  6. Pipihkan adonan putih diatas sebuah daun pisang yang sebelumnya sudah dibersihkan dan dijemur. 
  7. Setelah itu masukkan adonan kuning yang dibentuk lonjong memanjang, lalu gulung dan ratakan, lalu sematkan dengan lidi di daun pisangnya.
  8. Kukus selama kira kira 1 jam, namun ingat sebelumnya kukusan sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  9. Jika sudah, angkat dan biarkan sampai menjadi dingin (bisa didiamkan selama semalaman, dimasukkan ke kulkas).
  10. Setelah itu potong tipis tipis kukusan yang sudah menjadi dingin tersebut kemudian di jemur sampai menjadi kering.
  11. Berikutnya panaskan minyak dengan menggunakan api ukuran sedang. Kemudian goreng sampai matang. 
  12. Angkat dan tiriskan. Selesai, kerupuk telur asin bisa disimpan ditoples untuk stok camilan Anda

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat kerupuk telur asin yang gurih dan antigagal. Menarik sekali bukan? Kini kita bisa tahu bahwa telur asin ternyata dalam hal pemanfaatannya tidak hanya cocok dimakan secara langsung tetapi juga dapat diolah menjadi camilan yang unik dengan perpaduan rasa yang gurih, enak dan renyah yaitu kerupuk telur asin.

Meskipun dibuat dengan bahan yang sederhana, namun kerupuk telur asin bisa buat orang ketagihan loh. Selain untuk konsumsi pribadi, Anda yang memiliki jiwa usaha juga bisa membuat kerupuk telur asin untuk dijual. Rasanya yang enak, gurih, renyah dan terlebih lagi karena nilai gizinya yang tinggi tanpa penggunaan bahan pengawet dan MSG, membuatnya banyak disukai. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel