Resep Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah dan Gurih

Racikanbumbu.Com - Orang Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan kerupuk pangsit. Ya, pasalnya kerupuk pangsit ini sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap segala jenis makanan. Nah, biasanya pangsit juga dihidangkan bersama dengan hidangan bakso untuk menambahkan rasa yang renyah dan gurih. Pernahkah Anda membuat kerupuk pangsit sendiri? Kalau belum, coba deh simak resep cara membuat kerupuk pangsit renyah dan gurih di artikel ini.

Namun sebelum itu, tahukah Anda, cara membuat kerupuk pangsit harus dilakukan dengan benar. Khusunya bagi kita yang masih baru membuat atau pemula. Sebab jika tidak diolah dengan benar, maka hasilnya kerupuk pangsit akan hambar dan justru cenderung tidak enak saat dimakan. Anda pasti tidak menginginkan hal demikian bukan?

Namun, jangan khawatir, meskipun masih baru mau mencoba membuat kerupuk pangsit, Anda tetap bisa membuat kerupuk pangsit dengan rasa yang renyah dan gurih serta memiliki aroma dan rasa yang khas. Sehingga tentu saja bisa memancing selera makan kita. Misalnya beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah mulai dari memilih jenis bahan yang berkualitas dan masih segar sampai dengan proses pembuatan dan menyajikannya.

Nah, selengkapnya mengenai resep cara membuat kerupuk pangsit yang renyah dan gurih akan dijabarkan secara singkat pada informasi berikut ini. Mari simak.

Resep Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah dan Gurih


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu 300 gram yang sudah diayak
  • Telur 1 butir yang di kocok lepas
  • Bawang putih 5 siung yang digoreng sebentar kemudian dihaluskan
  • Seledri 3 batang yang sudah di cincang halus
  • Merica 1 sdt
  • Air secukupnya
  • Mentega 1 sdm yang sudah dilelehkan
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Kerupuk Pangsit :
  1. Pertama tama, setelah selesai menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk pangsit, silahkan untuk ambil sebuah wadah kosong.
  2. Masukkan kedalam wadah mulai dari tepung terigu, mentega, telur, seledri, bawang putih dan juga garam. 
  3. Kemudian aduk campuran bahan tersebut sambil diberikan air secara perlahan lahan. Adonan diuleni sampai adonan menjadi kalis.
  4. Setelah adonan telah menjadi padat, ambil satu kepal tangan Anda adonannya, kemudian pipihkan dengan menggunakan alat pemipih. Anda bisa memanfaatkan rolling kayu atau botol kaca sebagai alat pemipih.
  5. Berikutnya, silahkan untuk potong potong kotak atau selera Anda, adonannya. 
  6. Goreng adonan tersebut dengan minyak panas dan api kecil sampai matang dan mengembang.
  7. Selesai, kerupuk pangsit sudah siap dinikmati selagi hangat atau disimpan dalam toples.

Tips membuat Kerupuk pangsit yang enak dan gurih :
  • Saat mengaduk adonan dengan menambahkan air sedikit demi sedikit, Anda bisa menggunakan air hangat supaya adonan menjadi lebih baik.
  • Anda juga bisa memipihkan adonan pangsit dengan pasta maker atau mesin mi. Pipihkan dengan ketebalan paling tebal atau nomor 1, 2 sampai 3 kali sampai licin. Sesudah itu turunkan ukuran dengan cara pipihkan kembali sambil ditaburi tepung terigu. Lakukan hal ini hingga ketebalan nomor 5, sambil ditaburi tepung terigu. Kemudian Anda bisa memotong adonan sesuai dengan selera Anda.

Uraian diatas adalah informasi update yang mengulas resep cara membuat kerupuk pangsit yang renyah dan gurih. Selain membuat kerupuk pangsit sendiri, memang kita bisa membelinya secara langsung di pak lek kerupuk pangsit yang biasanya di beberapa daerah daerah kerap berjualan keliling lewat depan rumah atau ada di tempat tempat umum.

Namun, kalau bisa membuatnya sendiri dirumah, kita jadi bisa menikmati kerupuk pangsit kapan saja, tanpa harus menunggu penjualnya bukan? Keripik pangsit menjadi salah satu camilan terkenal dengan rasa yang sangat renyah, enak dan gurih, sangat cocok untuk dijadikan pelengkap segala jenis makanan Anda seperti saat makan mie kuah, mie goreng, bakso, soto dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel