Resep Cara Membuat Pentol Sendiri yang Enak dan Mudah

Racikanbumbu.Com - Pentol ada banyak jenisnya. Ada pentol rebus, pentol goreng, pentol bakar, pentol pedas dan masih banyak lagi. Biasanya camilan pentol menjadi jajanan sekolah SD favorit yang selalu dinantikan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda penyuka pentol juga? Nah, selain bisa beli, ternyata Anda juga dimungkinkan untuk membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep cara membuat pentol sendiri yang enak dan mudah loh.

Pentol tidak hanya disajikan dengan cara ditusuk dengan tusuk sate. Pentol juga biasanya kita temukan dalam sajian bakso. Ya, kalau makan bakso, sudah pasti sajian utama nya adalah pentol. Ada yang menjual bakso dengan kreasi pentol yang unik. Misalnya pentol raksasa dengan ukuran yang sangat besar, atau yang lain lagi membuat pentol dengan isian seperti telur puyuh, telur ayam, daging atau kikil dan masih banyak lagi.

Selain ada banyak kreasi pentol sekarang ini, harganya juga bervariasi loh dari yang paling murah sampai dengan yang mahal. Wah, membayangkannya saja sudah bisa membuat kita menelan air liur ya. Nah, apakah membuat pentol sendiri itu sulit? Sebenarnya mudah, kalau Anda mau mencobanya. Cukup siapkan bahan bahan yang dibutuhkan kemudian ikuti langkah langkah atau cara membuat pentol yang enak.

Dimana saya bisa mendapatkan resep cara membuat pentol yang enak? Nah, salah satunya kita akan bahas resep pentol ayam yang enak dan mudah buatan sendiri dibawah ini. Yuk simak.

Resep Cara Membuat Pentol Sendiri yang Enak dan Mudah

Bahan bahan dibutuhkan :
  • Daging ayam 1 kg yang sudah digiling
  • Tepung kanji 50 gram
  • Telur 1 butir
  • Garam 1 sdt 
  • Lada bubuk 2 sdt
  • Bawang merah 2 sdm
  • Bawang putih 4 siung yang di haluskan
  • Es batu 40 gram dihancurkan 
  • Air 2 liter

Cara membuat pentol ayam :
  1. Pertama tama, silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat pentol ayam seperti daftar bahan diatas.
  2. Kemudian jika sudah, ambil daging ayam yang sebelumnya sudah digiling dan masukkan ke dalam sebuah wadah.
  3. Campurkan telur, tepung tapioka, garam, lada bubuk, bawang merah goreng dan bawang putih. Lalu uleni campuran tersebut menjadi satu dengan menggunakan tangan supaya bisa tercampur dengan sempurna.
  4. Selanjutnya, pastikan kalau adonan Anda bisa dibentuk. Misalnya jika dirasa masih terlalu lembek, Anda bisa menambahkan es batu secara perlahan lahan.
  5. Kemudian bentuk menjadi bulatan bulatan pentol dengan besar sesuai keinginan Anda.
  6. Kemudian rebus air di dalam sebuah panci hingga mendidih.
  7. Ambil adonan daging yang sudah Anda buat tadi dan masukkan ke dalam air panas tersebut.
  8. Jika pentol sudah mengapung, berarti pentol telah matang dan siap untuk diangkat dan disajikan.
  9. Selesai pentol ayam sudah siap dinikmati dengan bakso atau bumbu cabai, saus, kecap dan lain sebagainya sesuai selera Anda.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat pentol sendiri yang enak dan mudah. Bagaimana menurut Anda, apakah mudah atau sulit? Bagi sebagian orang membuat pentol sendiri sangatlah mudah. Namun, bagi sebagian lagi yang belum pernah mencobanya mungkin harus mempelajari dan mencobanya secara perlahan lahan terlebih dahulu.

Jangan khawatir, meskipun masih pemula dalam hal membuat pentol sendiri, dengan mengikuti pelan pelan resep pentol diatas, Anda pasti bisa membuat pentol yang enak sendiri tidak kalah dari abang abang pentol di pinggir jalan. Anda juga bisa mengkreasikan pentol sesuai kesukaan Anda, apakah menyajikannya dengan saus manis atau pedas. Khususnya untuk Anda yang menyukai pentol, jangan ketinggalan informasi ini ya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel