Resep Sekoteng Minuman Enak dan Hangat untuk Cuaca Dingin

Racikanbumbu.Com - Sekoteng merupakan salah satu minuman Tradisional yang sayang banget buat dilewatkan. Khususnya ketika cuaca sedang dingin, sekoteng cocok dijadikan pilihan untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Mau buat sekoteng sendiri, tapi bingung gak tahu bagaimana cara membuatnya. Coba deh simak resep sekoteng yang enak dan hangat cocok banget untuk cuaca dingin di artikel ini.

Sebelum membuat Sekoteng, bagi Anda yang belum paham apa itu sekoteng sebenarnya, nah sekoteng sendiri adalah minuman khas dari daerah Jawa Tengah yang terbuat dari air jahe dan umumnya dihidangkan dalam kondisi panas serta dikonsumsi pada malam hari. Bahan yang biasanya menjadi ciri khas sekoteng atau biasanya ditambahkan dalam minuman ini adalah kacang tanah, kacang hijau, pacar Cina atau menggunakan potongan roti tawar. Kalau Anda yang sudah pernah menikmati sekoteng pasti tahu hal ini.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak dan nikmat, sekoteng juga mempunyai manfaat dari segi kesehatan loh. Ya, ini berkat berbagai bahan alami yang digunakannya banyak mengandung kandungan baik. Karena kandungan baik itulah manfaatnya secara khusus bisa untuk mengurangi mual, menurunkan kolesterol, mencegah osteoporosis, mengatasi mual dan muntah seperti pada saat kehamilan dan masih banyak lagi.

Selain itu, cara membuatnya juga sangat mudah loh. Anda hanya perlu menyiapkan bahan bahan nya dan mulai membuat. Nah, selengkapnya mari simak resep sekoteng yang enak dan hangat di bawah in.

Resep Sekoteng Minuman Enak dan Hangat untuk Cuaca Dingin


Bahan bahan yang digunakan :
  • Air 1 liter
  • Jahe 100 gram yang diiris iris
  • Gula pasir 2 sdm

Bahan untuk isian :
  • Roti tawar yang dipotong dadu sebanyak 2 lembar
  • Kolang kaling 5 sdm
  • Kacang tanah 5 sdm yang sudah disangrai
  • Mutiara sagu 5 sdm
  • Kacang hijau yang sudah direbus
  • Susu kental manis secukupnya
  • Mutiara sagu 5 sdm

Cara membuat sekoteng :
  1. Silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat sekoteng seperti daftar yang sudah tertera diatas. 
  2. Setelah semua bahan sudah siap, pertama tama rebus terlebih dahulu air jahe sampai mendidih dan mengeluarkan rasa jahe lalu matikan kompor.
  3. Siapkan mangkuk, kemudian taruh semua bahan isian di dalam mangkuk tersebut lalu terakhir susu kental manis.
  4. Siram semua bahan pelengkap tersebut dengan air jahe.
  5. Selesai, sekoteng siap disajikan selagi masih hangat. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep sekoteng sebagai minuman enak yang hangat cocok banget dinikmati pada malam hari saat cuaca sedang dingin dan tidak bersahabat. Rasanya yang nikmat, hangat dan aroma khas dari sekoteng bisa membuat kita menjadi lebih relaks dan tenang. Apalagi kalau dinikmati bersama dengan suami atau istri, keluarga, kerabat maupun sahabat sambil ngobrol santai.

Minuman sehat ini di beberapa daerah masih banyak yang menjualnya. Namun di beberapa daerah lainnya sangat jarang ditemui minuman ini bahkan sama sekali tidak ada. Jika Anda ingin menikmati sekoteng kapan saja dan dimana saja, solusinya adalah dengan membuatnya sendiri dirumah cukup dengan bahan yang sederhana saja seperti yang sudah kita bahas. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel