Cara Membuat Air Kunyit untuk Asam Lambung yang Enak dan Ampuh

Racikanbumbu.Com - Kunyit merupakan salah satu bahan dapur yang kerap diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman sehat. Biasanya, kunyit juga digunakan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional. Tidak heran, karena memang kunyit memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah cara membuat air kunyit untuk asam lambung yang enak dan ampuh.

Ya, berkat kandungan baik seperti curcumin yang ada dalam kunyit membuatnya memiliki manfaat yang secara baik mampu membantu untuk mengatasi masalah dengan asam lambung. Tidak hanya itu manfaat kunyit juga terkenal hingga pengobatan tradisional China dan Ayurveda yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati radang sendi, nyeri akibat haid sampai dengan menjaga kesehatan pencernaan.

Nah, bagi Anda yang belum tahu, curcumin dalam kunyit merupakan jenis zat antioksidan polifenol. Nah, antioksidan ini akan berperan sebagai agen antivirus, antibakteri bahkan potensial sebagai zat antikanker. Menarik sekali bukan? Nah, kalau masalah penyakit asam lambung biasanya disebabkan oleh stres oksidatif dan peradangan. Jadi untuk mengobatinya dibutuhkan zat dengan kandungan antiinflamasi seperti halnya kunyit tersebut.

Sebagai berikut akan dijabarkan kepada Anda secara singkat terkait resep cara membuat air kunyit untuk asam lambung yang ampuh namun rasanya enak. Yuk simak

Cara Membuat Air Kunyit untuk Asam Lambung yang Enak dan Ampuh


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Kunyit 100 gram
  • Asam Jawa 20 gram
  • Air 500 ml
  • Gula pasir 20 gram
  • Gula merah yang diiris 30 gram
  • Garam secukupnya saja

Cara membuat air kunyit :
  1. Pertama tama untuk membuat air kunyit, siapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu diatas meja.
  2. Setelah itu ambil kunyit dan kupas dari kulitnya. Jangan lupa bersihkan kunyit dengan air bersih.
  3. Jika kunyit sudah dikupas dan bersih, haluskan kunyit dengan cara diblender atau diparut terserah Anda. Lalu larutkan kunyit halus dengan air kemudian disaring.
  4. Setelah selesai, pindahkan sari kunyit ke dalam panci.
  5. Tambahkan gula pasir, gula merah dan asam Jawa.
  6. Masak campuran tersebut sampai mendidih. Jangan lupa berikan sejumput garam atau sedikit saja. Nah, patut diingat selama proses memasak ini, Anda harus terus mengaduk air kunyit supaya tidak mengendap.
  7. Setelah mendidih, segera matikan api dan angkat panci. Biarkan dingin.
  8. Selesai air kunyit sudah siap untuk dinikmati.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara membuat air kunyit untuk asam lambung yang enak dan ampuh. Minuman dari kunyit ini bisa segera Anda olah untuk mengobati asam lambung yang tinggi. Bahan bahan alami yang dipergunakan untuk kesehatan dilansir lebih aman untuk dikonsumsi, namun pastikan Anda mengonsumsinya dengan bijaksana.

Meskipun ramuan minuman dari kunyit bermanfaat dalam mengobati atau menyembuhkan asam lambung, Anda harus tetap imbangi dengan pola hidup yang sehat, makan makanan yang bergizi dan berolahraga. Apabila kondisi tidak juga membaik, Anda juga perlu konsultasikan kondisi Anda kepada dokter kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel