Resep Cara Membuat Teh Jahe yang Enak untuk Kesehatan

Racikanbumbu.Com - Jahe adalah salah satu rempah rempah yang terkenal tidak hanya di Indonesia melainkan di beberapa negara lainnya. Jahe sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari fungsinya untuk menyedapkan bumbu masakan sampai diolah menjadi minuman kesehatan. Salah satu ramuan jahe yang patut Anda coba adalah teh jahe. Tahukah Anda, Apa resep dan cara membuat teh jahe yang enak?

Teh jahe tidak hanya bisa menghangatkan tubuh, tapi juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menjaga kesehatan tetap baik. Sangat cocok dikonsumsi di masa sekarang dimana ada banyak jenis penyakit yang mengancam kesehatan. Selain itu, dari segi bahan dan cara pembuatan, teh jahe juga sangat mudah dan praktis untuk pemula.

Oleh sebab itu, pada artikel ini Anda disarankan untuk membuat sendiri teh jahe dirumah sebagai salah satu pilihan minuman kesehatan agar tubuh Anda dan keluarga bisa tetap bugar apapun situasinya. Meskipun cara membuat teh jahe mudah, mungkin beberapa dari kita masih bingung, bagaimana cara membuat teh jahe yang baik dan benar supaya tidak kehilangan kandungan baiknya namun tetap enak.

Nah, untuk itu pada uraian sebagai berikut akan dibahas resep dan cara membuat teh jahe yang enak untuk kesehatan bisa Anda coba dirumah. Supaya lebih sedap kita akan kombinasikan dengan buah lemon. Yuk lihat.

Resep Cara Membuat Teh Jahe yang Enak untuk Kesehatan


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Teh tubruk hitam 25 gram
  • Air 500 ml
  • Jahe bakar yang sudah dimemarkan 5 cm
  • Lemon 1 buah yang diiris bulat bulat
Bahan pelengkap :
  • Gula batu 50 gram
  • Irisan buah lemon

Cara Membuat Teh Jahe Lemon :
  1. Langkah pertama dalam membuat teh jahe lemon adalah memanaskan air terlebih dahulu. Lalu setelah masak masukkan jahenya. Lebih baik untuk masak dalam kondisi api kecil dan sampai mengeluarkan aroma yang harum. Jika sudah, jangan lupa untuk mematikan kompor terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya Anda bisa menambahkan teh tubruk, lalu diaduk sampai warna airnya berubah warna.
  3. Setelah itu, tambahkan juga irisan lemon, lalu diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit sampai kira kira sari lemon sudah keluar. Lalu jangan lupa aduk supaya merata.
  4. Apabila sudah menunggu selama 20 menit, Anda bisa langsung menyaring ramuan teh jamu lemon tersebut. Lalu panaskan kembali.
  5. Anda bisa menyajikan teh jahe tersebut dengan tambahan gula pasir apabila menyukai rasa yang manis ataupun tanpa gula sesuai dengan selera Anda. Sajian ini untuk ukuran dua gelas teh jahe lemon.
  6. Selesai, teh jahe lemon sudah siap dinikmati.

Inilah informasi update yang mengulas resep cara membuat teh jahe yang enak untuk kesehatan yang bisa Anda coba dirumah. Selain untuk tujuan kesehatan, Anda juga bisa sekaligus menghangat diri dengan minuman jahe ini khususnya jika cuaca atau suasana sedang dingin karena hujan. Teh jahe juga cocok disantap bersama camilan atau kudapan di pagi hari maupun sore hari.

Tidak hanya jahe yang berlaku sebagai bahan alami yang nikmat dikonsumsi sebagai minuman. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan berbagai bahan alami berkandungan baik lainnya. Seperti halnya jeruk nipis, kayu manis, kunyit, sereh, temulawak, madu, lemon, susu dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel