Resep Cara Membuat Roti Tawar Kukus yang Enak dan Mudah

Racikanbumbu.Com - Roti tawar menjadi salah satu menu makanan yang banyak diminati dalam berbagai situasi. Salah satunya adalah dijadikan menu sarapan pagi yang lezat untuk keluarga maupun bagi Anda yang tinggal sendiri. Di Indonesia pun kita bisa menemui roti tawar kukus dengan mudah. Namun, bagaimana cara membuat roti tawar kukus yang enak dan mudah?

Beberapa orang mungkin tidak terpikir untuk membuat roti tawar kukus sendiri. Salah satu alasannya adalah karena mereka bisa membelinya di toko kue, minimarket, supermarket terdekat. Meskipun demikian, roti tawar kukus sebenarnya bisa dibuat dirumah dengan mudah dan bisa dikreasikan sendiri sesuai dengan keinginan loh.

Selain itu kreasi resep unik dan enak buatan tangan sendiri, pastinya akan lebih menggugah selera bukan? Sebenarnya ada banyak sekali jenis roti tawar. Namun, sajian roti tawar yang akan kita bahas adalah roti tawar kukus yang enak, praktis dan sederhana. Roti tawar kukus khususnya sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki oven, karena cara memasaknya tidak menggunakan oven.

Mau tahu cara membuat roti tawar kukus yang enak dan mudah? Yuk simak deretan bahan yang dibutuhkan dan cara memasaknya di bawah ini. Silahkan disimak.

Resep Cara Membuat Roti Tawar Kukus yang Enak dan Mudah


1. Bahan yang dibutuhkan :

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti tawar kukus tidak banyak dan mudah ditemukan di sekeliling Anda. Anda bisa melihat rincian daftar bahannya di bawah ini :
  • Tepung terigu protein tinggi 250 gram
  • Air hangat 150 ml
  • Susu bubuk 2 sdm
  • Kental manis 2 sdm
  • Mentega 1 sdm
  • Telur 1 butir
  • Garam ½ sdt
  • Gula ½ sdt
  • Ragi instan 1 sdt

2. Cara Membuat Roti Tawar Kukus

Setelah menyiapkan semua daftar bahan bahan diatas, Anda bisa langsung ke langkah langkah cara membuat roti tawar kukus yang enak. Tahap demi tahap nya dijelaskan pada poin poin berikut ini :
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengambil gula, kental manis dan air hangat, campurkan semua bahan tersebut dan aduk sampai larut. Lalu masukkan ragi sambil diaduk lagi dan biarkan sampai airnya mengeluarkan busa.
  2. Berikutnya ayak tepung terigu dan campurkan dengan telur dan susu bubuk. Aduk supaya semua bahannya merata. Beri air ragi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika sudah menggumpal, Anda bisa menguleninya dengan tangan saja hingga adonan tidak lengket di tangan Anda.
  3. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan mentega dan garam pada adonan tepung tadi, uleni lagi sampai bahan tercampur dengan rata. Apabila teksturnya sudah elastis, tutuplah dengan kain dan didiamkan selama kurang lebih 50 menit dan biarkan adonan mengembang.
  4. Siapkan tempat seperti meja atau semacamnya dengan kondisi bersih, tuangkan adonan dan kempiskan lalu gilas hingga semua nya memiliki ketebalan yang sama.
  5. Jangan lupa untuk memanaskan tempat kukusan dan lapisi bagian tutupnya dengan kain.
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak atau bisa juga kertas roti. Gulung adonan tepung tadi sepanjang loyang dan masukkan ke dalamnya. Diamkan terlebih dahulu selama 30 menit lagi menunggu adonan kembali mengembang dan memenuhi loyang nya.
  7. Setelah itu barulah kukus roti tawar dalam kurun waktu 30 menit.
  8. Terakhir keluarkan roti tawar dari loyang dan potong potong.
  9. Roti tawar kukus sudah siap di nikmati. Anda bisa menambahkan selai, krim atau toping lainnya sesuai dengan keinginan.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat roti tawar kukus yang enak dan mudah buat Anda. Roti tawar dengan teknik kukus bersifat lebih menyehatkan dan rasanya tidak kalah enak seperti jenis roti tawar lainnya. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti tawar pun sederhana dan mudah di dapat di lingkungan sekitar.

Khususnya bagi Anda yang menyukai santapan roti tawar, silahkan untuk coba kreasi resep ini. Atau cari resep lainnya yang membantu Anda membuat roti tawar kukus favorit dan kreatif. Roti tawar kukus baik disantap untuk santapan sarapan di pagi hari atau sebagai cemilan di malam hari saat santai menonton TV atau kumpul kumpul bersama teman dan keluarga. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel