Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Lembut anti gagal

Racikanbumbu.Com - Donat adalah salah satu jenis kue kering yang memiliki bentuk yang khas. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yakni bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Donat menyerupai seperti cincin dan dapat ditambahkan berbagai toping yang bervariasi dan enak diatasnya. Mau buat donat, tapi tidak tahu caranya? Mudah sekali, sebab ada resep cara membuat donat kentang yang empuk dan lembut anti gagal.

Di Indonesia olahan kue yang satu ini sudah sangat populer dan banyak disukai, tidak hanya oleh anak anak melainkan juga orang dewasa. Selain karena rasanya yang enak, cara pembuatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat kentang juga sangat sederhana. Meskipun Anda masih pemula dalam membuat kue, Anda bisa memulai belajar membuat kue dengan olahan donat terlebih dahulu.

Donat kentang kadang kadang juga disebut dengan istilah “Spudnut”. Menariknya, berbeda dengan donat pada umumnya, donat kentang memiliki rasa yang manis berasal dari kentang tumbuk bukan dari tepung terigu seperti biasanya. Inilah yang membuat donat kentang istimewa dan layak untuk dicoba khususnya untuk Anda yang suka ngemil cemilan yang lezat.

Bagaimana cara membuat donat kentang yang empuk dan lembut anti gagal? Nah, dapatkan resepnya pada uraian berikut ini. Silahkan disimak.

Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Lembut anti gagal


1. Bahan yang dibutuhkan

Meskipun donat kentang merupakan olahan kue kering yang enak, bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat kentang sangat sederhana dan simpel saja. Beberapa diantaranya bisa Anda dapatkan di warung terdekat. Rincian bahannya adalah sebagai berikut :
  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Susu bubuk 50 gram
  • Ragi instan 11 gram
  • Kentang 200 gram
  • Mentega 75 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Kuning telur 4 butir
  • Air dingin 100 ml
  • Garam ½ sdt

2. Cara membuat donat kentang

Cara membuat donat kentang bisa mudah kalau Anda tahu caranya. Nah, untuk itu coba lihat langkah langkah membuat donat kentang yang bisa Anda ketahui pada poin poin berikut ini :
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kalau semua produk yang Anda gunakan untuk membuat donat adalah berkualitas dan terjamin baik dari segi kebersihannya dan juga keamanannya.
  2. Jangan lupa untuk mengkukus kentang terlebih dahulu sampai empuk sebelum mengolahnya. Jika sudah empuk, silahkan haluskan dan dinginkan.
  3. Langkah berikutnya adalah mencampur kentang halus dengan kuning telur dan gula yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Lalu campur juga susu bubuk bersama dengan tepung terigu dan ragi instan sampai benar benar merata. Jika sudah demikian, maka Anda bisa mencampur adonan tepung tersebut dengan adonan kentang. Tambahkan air lalu diuleni sampai kalis.
  5. Setelah itu, tambahkan mentega dan garam sambil di uleni kembali hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket.
  6. Masukkan adonan ke dalam baskom yang akan ditutup dengan kain lembab atau bisa juga gunakan plastic wrap selama kurang lebih 20 menit atau sampai adonan donat tersebut mengembang hingga 2 kali lipat.
  7. Setelah adonan donat mengembang, tuang adonan tersebut ke meja yang sudah bersih. Lalu adonan ditekan tekan sampai gasnya sudah menghilang.
  8. Setelah tahapan semua diatas selesai, Anda sudah bisa membagi adonan masing masing 40 sampai 50 gram perbuahnya dan membentuknya menjadi bulat dengan lubang dibagian tengahnya seperti bentuk donat pada umumnya.
  9. Sebelum donat digoreng sebaiknya, diamkan terlebih dahulu selama 15 sampai 20 menit baru digoreng dalam minyak dengan api yang kecil.
  10. Setelah berwarna kecoklatan dan matang, angkat donat dan tiriskan.
  11. Donat kentang siap dinikmati tanpa toping maupun menggunakan berbagai macam jenis toping.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep membuat donat kentang yang empuk dan lembut anti gagal untuk Anda. Memang kita bisa dengan mudah menemui aneka jenis donat seperti donat kentang di pasar, toko kue atau dipinggiran jalan, namun sajian donat kentang akan lebih spesial dan nikmat jika Anda membuatnya sendiri bukan?

Apalagi bahan bahan yang diperlukan untuk membuat kentang, sangat mudah di dapat dan tidak banyak. Bahan bahan tersebut umumnya dibanderol dengan harga murah. Cocok sekali untuk pilihan cemilan dirumah baik disantap ramai ramai bersama anggota keluarga atau teman teman maupun jadi santapan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel