Resep terbaru dan cara buat Donat Kentang yang Enak

Racikanbumbu.Com - Donat menjadi makanan Faforit dan tidak sedikit orang menyukainya. Bisa dimakan saat pagi hari sebelum bekerja atau sebelum berangkat sekolah. Bunda mungkin sering lihat Donat terbuat dari Tepung Terigu tetapi kali ini terbuat dari Kentang. Rasanya seperti apa pasti dong rasa kentang tetapi tidak mengurangi ciri khas dari Donat itu sendiri.

Donat banyak di jual di pasar tradisional, di jual di minimarket dan ada juga yang menjualnya melalui Smartphone canggih yaitu promosi melalui media sosial. Terkadang kita juga melihatnya dijual menggunakan tempat khusus dan dijual keliling dengan berjalan kaki. Bagaimana resepnya bunda bisa coba karna disini di siapkan bahan dan cara membuatnya secara lengkap.


Resep terbaru dan cara buat Donat Kentang yang Enak

Bahan bahan :
26 buah
  • 300 gram tepung protein tinggi
  • 200 gram tepung protein sedang
  • 80 gram gula pasir (6 sdm)
  • 200 gram kentang, kukus lalu haluskan
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 butir telur
  • 80 gram margarin (suhu ruang 6 sdm)
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdt SP

Bahan Biang :
  • 2 sdt gula pasir
  • 2 sdt ragi instant
  • 150 ml air hangat (10 sdm)
  • Topping : sesuai selera (bisa gunakan gula halus)

Cara membuat :
  1. Langkah pertama siapkan dulu bahan dengan takaran yang pas.
  2. Selanjutnya buatlah bahan biang. Diamkan sampai berbusa (kira2 10-15 menit). Tanda ragi aktif kalau berbusa (bergelembung).
  3. Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, gula, kentang yang sudah dihaluskan, telur, dan susu. Tambahkan bahan biangnya. Uleni hingga rata.
  4. Uleni sampai setengah kalis, lalu masukkan margarin dan garam. Aduk terus hingga merata. Setelah tercampur rata, diamkan selama 1 jam. Agar mengembang 2x lipat. Tutup dengan plastik atau kain bersih.
  5. Berikutnya jika adonan sudah mengembang sempurna. Tinju adonan untuk mengeluarkan udara dari dalam adonan.
  6. Pipihkan, lalu bentuklah bulatan bulatan kecil, alasnya bisa menggunakan kertas roti untuk hasil yang lebih baik. Untuk membuat bulatan, lumuri tangan dengan tepung terlebih dahulu supaya mudah dalam membuatnya. Selanjutnya diamkan selama 20 menit. (Jangan terlalu over proofing ya Mom, hasil akhirnya bisa keriput donatnya walaupun sudah mengembang sempurna saat digoreng).
  7. Pipihkan sedikit adonannya. Lubangi dengan menggunakan spuit. Ulangi untuk semua adonan sampai habis.
  8. Langsung digoreng ya bunda, supaya tidak over proofing. Yang digoreng dahulu yang pertama kali dibuat. Digoreng urut ya bunda.
  9. Selanjutnya nyalakan kompor dengan api sedang dan siapkan wajan yang sudah terisi minyak panas. Goreng donat dengan sekali saja dibaliknya supaya keluar white ring nya
  10. Tiriskan donatnya dan beri topping sesuai selera ya bunda.
  11. Setelah selesai diberi topping gula halus. Dengan cara diayak menggunakan saringan supaya lebih merata.
  12. Donat kentang siap di hidangkan buat keluarga dirumah.

Di atas ada beberapa tepun dengan Protein Tinggi dan Sedang, bunda bisa lihat penjelasnnya pada artikel ini : Penjelasan tepung Terigu Protein Tinggi, Sedang dan Rendah. Supaya dapat membedakan jenis tepung mana yang akan di beli. Selamat membuat Donat Kentang ya bunda, semoga berhasil dan disukai oleh keluarga, selain itu bisa juga untuk bisnis Jualan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel