Resep Timun Selasih yang Menyegarkan dan Nikmat

Racikanbumbu.Com - Timun atau yang biasa disebut mentimun banyak diolah menjadi bahan berbagai minuman yang sehat dan menyegarkan. Salah satunya adalah minuman timun serut yang disajikan dengan es batu yang segar. Sangat cocok dinikmati ketika cuaca sedang panas di waktu istirahat kerja atau sedang bersantai. Mau buat es timun selasih sendiri? Gampang banget, Anda bisa ikuti resep minuman timun selasih yang menyegarkan dan nikmat yang akan kita bahas.

Di beberapa daerah, ketika kita ingin minum es timun serut, kita bisa dengan mudah menemukannya karena banyak yang jual. Namun, di beberapa daerah lain mungkin kita kesulitan menemukannya. Oleh sebab itu, solusi terbaik untuk tetap bisa menikmati minuman es timun selasih yang segar dan enak adalah dengan membuatnya sendiri dirumah.

Untuk membuat minuman es timun selasih tidaklah sulit bahkan bahan bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana. Tidak perlu repot repot dalam membuatnya sebab sajian minuman es timun selasih bisa dibuat dengan waktu yang cepat atau relatif singkat loh. Jadi kapan saja Anda ingin menikmati es timun selasih, bisa langsung membuatnya dengan praktis.

Tidak sabar mau membuat minuman es dengan perpaduan timun dan selasih ini? Yuk simak resep minuman timun selasih di bawah ini.

Resep Timun Selasih yang Menyegarkan dan Nikmat


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Timun muda 2 buah
  • Sirup rasa melon 2 sdm
  • Biji selasih secukupnya
  • Jeruk nipis 5 buah yang diperas dan diambil airnya
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Minuman Timun Selasih :
  1. Pertama tama setelah selesai mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman timun selasih, pastikan semua bahan dalam kondisi yang baik dan bersih.
  2. Jangan lupa bersihkan semua bahan, seperti timun dengan air yang mengalir sampai benar benar bersih.
  3. Selanjutnya, kupas timun dari kulitnya sampai tidak tersisa. Jangan lupa buang biji timun di dalamnya.
  4. Lalu parut semua timun yang sudah dikupas dengan menggunakan serutan yang kasar dan halus. Serutan tersebut akan membuat teksturnya menjadi renyah dan halus. Setelah selesai, serutan timun disisihkan terlebih dahulu.
  5. Ambil sebuah wadah baik mangkok atau baskom untuk mencampur bahan. Tuangkan air dingin ke dalam wadah, tambahkan air jeruk nipis, lalu masukkan timun yang sudah diserut tadi. Aduk aduk bahan dalam wadah tersebut sampai tercampur.
  6. Jangan lupa tambahkan gula pasir dan sirup melon, lalu di aduk kembali.
  7. Setelah itu barulah tambahkan biji selasih dan aduk lagi.
  8. Terakhir, jangan lupa cicipi. Apabila dirasa terlalu manis, Anda bisa menambahkan air sampai rasanya dirasa pas. 
  9. Selesai, minuman selasih siap disajikan dengan ditambahkan es batu. Anda juga bisa menambahkan potongan jeruk nipis dari bahan yang tersisa, supaya rasanya lebih menyegarkan.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas resep timun selasih yang menyegarkan dan nikmat. Mudah sekali bukan? Bagi Anda yang masih pemula atau baru mencoba resep ini, kemungkinan tidak akan merasa kesulitan yang berarti. Anda hanya cukup menyiapkan dengan lengkap bahan bahan utama yang dibutuhkan dan mulai membuat sesuai dengan langkah langkah diatas.

Nah, es timun selasih ini juga merupakan minuman yang cocok untuk dikreasikan. Jadi Anda bisa mengkreasikannya dengan menambahkan bahan bahan lainnya yang menurut Anda cocok dan sesuai keinginan. Contohnya dengan menambahkan cincau, agar agar atau jeli, buah buahan lainnya yang cocok dan masih banyak lagi. Yang terpenting pilihlah bahan bahan yang berkualitas dan segar supaya bisa menciptakan minuman yang sehat dan lezat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel