Resep Cara Membuat Bajigur Minuman Tradisional yang Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Indonesia kaya akan rempah rempah yang beraneka ragam. Beberapa diantaranya banyak dijadikan sebagai bahan minuman atau penyedap masakan. Nah, salah satu minuman tradisional yang terbuat dari rempah rempah adalah bajigur. Pernah menikmati bajigur sebelumnya? Atau berniat untuk membuat bajigur sendiri dirumah? Maka, jangan lewatkan informasi terkait resep cara membuat bajigur minuman tradisional yang enak banget.

Tahukah Anda, bajigur sendiri merupakan minuman tradisional yang berasal dari masyarakat Sunda. Biasanya bajigur dikonsumsi sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh ditambah lagi karena rasanya yang memang enak dan nikmat, membuat minuman ini banyak disukai. Sensasi hangat dari bajigur ini tentu saja berasal dari rempah rempah jahe yang dipadukan dengan gurihnya santan dan manisnya gula merah.

Di beberapa daerah minuman tradisional ini mudah sekali ditemui. Namun, di sebagian daerah lainnya menemui penjual bajigur bisa jadi sulit atau bahkan sama sekali tidak ada. Solusi untuk bisa mengonsumsi bajigur kapan saja dan dimana saja saat menginginkannya untuk menghangatkan tubuh adalah dengan membuatnya sendiri. Tapi bagaimana cara membuat bajigur?

Anda di artikel yang tepat, yuk kita simak resep cara membuat bajigur sebagai minuman tradisional yang enak banget. Cekidot.

Resep Cara Membuat Bajigur Minuman Tradisional yang Enak Banget


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Jahe yang sudah dibakar, dikupas serta dimemarkan 150 gram
  • Santan dari 1 butir kelapa 1 liter
  • Gula putih 50 gram
  • Gula merah yang disisir halus 150 gram
  • Kopi bubuk 1 sdm
  • Daun pandan 3 lembar
  • Garam 1/4 sdt
  • Kolang kaling direbus dan diiris kecil kecil 100 gram
  • Kayu manis 2 cm

Cara membuat Bajigur :
  1. Langkah pertama untuk membuat bajigur adalah tentu saja menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bajigur seperti yang sudah disebutkan pada bagian bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, mari langsung ke tahap membuat bajigur pertama tama dengan mencampur santan, gula merah, kopi bubuk, jahe, gula pasir, kayu manis, daun pandan serta garam.
  3. Kemudian rebus semua bahan tersebut sambil diaduk. Tunggu hingga mendidih dengan menggunakan ukuran api yang sedang saja.
  4. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan angkat.
  5. Saring bajigur dan jangan lupa tambahkan potongan kolang kaling.
  6. Selesai bajigur siap untuk disajikan dan dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat bajigur sebagai minuman tradisional yang enak banget untuk menghangatkan tubuh direkomendasikan untuk Anda. Khususnya saat cuaca sedang tidak bersahabat seperti musim hujan atau musim dingin, pas banget nih membuat bajigur untuk dinikmati saat sendiri atau saat berkumpul dengan keluarga.

Tahukah Anda, bajigur selain enak dan mampu menghangatkan tubuh, manfaatnya juga baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang di dapat dari mengonsumsi bajigur adalah mencegah kanker, mencegah obesitas, menjaga sistem imun tubuh, mengatasi masalah pencernaan, memperkuat tulang, menghambat penuaan dini, menjaga kadar kolesterol dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel