Resep Cara Membuat Bandrek Minuman Tradisional yang Enak Khas Sunda

Racikanbumbu.Com - Beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan Bandrek. Namun, sebagian besar orang lainnya mungkin belum kenal dan penasaran dengan minuman yang katanya berkhasiat ini. Nah, Bandrek sendiri merupakan minuman tradisional khas Sunda yang memang memiliki rasa yang enak dan bermanfaat untuk kesehatan. Apalagi resep cara membuat Bandrek yang enak sangat mudah dan bisa dibuat sendiri dirumah.

Bandrek biasanya dikonsumsi ketika cuaca sedang tidak bersahabat saat musim dingin atau musim hujan. Ini karena Bandrek umumnya disajikan dengan kondisi hangat. Adanya campuran dari bahan bahan alami seperti jahe merah, sirih, kayu manis, gula merah, serai, cengkeh serta daun pandan juga menjadi alasan utama untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghangatkan tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apakah Bandrek sama seperti Bajigur? Tidak, bedanya dengan resep Bajigur, minuman Bandrek memiliki bahan dasar dari gula merah dan jahe kemudian saat disajikan juga diberi kelapa muda yang dikeruk. Namun kedua minuman ini sangat cocok sekali dinikmati atau disajikan bersama dengan ubi jalar, kacang rebus ataupun camilan gorengan. Mau buat minuman Bandrek sendiri tapi bingung gak tahu cara membuatnya?

Nah, selengkapnya pada artikel ini kita akan mengulas resep cara membuat Bandrek yakni minuman tradisional yang enak khas dari Sunda. Yuk simak.

Resep Cara Membuat Bandrek Minuman Tradisional yang Enak Khas Sunda


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Air 1 liter
  • Jahe yang dibakar, dikupas dan dimemarkan 6 cm
  • Gula kelapa yang disisir halus 4 sdm
  • Kayu manis 5 cm
  • Daun pandan 2 lembar yang diikat simpul
  • Garam 1/2 sdm
  • Cengkih 5 butir

Cara membuat Minuman Bandrek :
  1. Pertama tama untuk membuat minuman Bandrek silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah disebutkan pada bagian bahan.
  2. Setelah semua bahan sudah disiapkan, mulailah dengan mengambil air, cengkih, kayu manis, gula kelapa, daun pandan, garam dan jahe
  3. Panaskan semua bahan sampai mendidih dan mengeluarkan aroma yang harum
  4. Setelah itu angkat dan saring 
  5. Selesai, minuman Bandrek sudah siap untuk disajikan. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Inilah informasi update yang mengulas resep cara membuat Bandrek minuman tradisional yang enak banget khas dari Sunda. Dengan demikian Anda bisa menikmati hidangan minuman hangat dari jahe dalam kreasi sajian Bandrek yang nikmat kapan saja dan dimana saja Anda menginginkannya. Jadi gak perlu ke Jawa Barat dulu nih untuk bisa mengonsumsi minuman hangat yang satu ini.

Sebagaimana yang kita tahu, daya tahan tubuh yang baik sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Kita harus berupaya untuk semakin meningkat sistem imun tubuh tersebut supaya kuat kebal terhadap serangan penyakit. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi Bandrek yang terbuat dari rempah rempah berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel