Resep Wedang Uwuh yang Enak dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

Racikanbumbu.Com - Ada banyak sekali minuman tradisional di Indonesia. Anda mungkin juga sudah mengenal beberapa diantaranya. Misalnya yang paling terkenal adalah wedang jahe, sekoteng, bajigur dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana dengan wedang uwuh? Sama seperti minuman tradisional lainnya, wedang uwuh juga punya khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa resep wedang uwuh yang enak?

Tahukah Anda, wedang uwuh sendiri merupakan nama yang unik. Dalam bahasa Jawa “Wedang” memiliki arti minuman sedangkan kata “Uwuh” memiliki arti sampah. Jadi singkatnya kalau digabungkan namanya menjadi minuman sampah. Kok bisa? Mendengarnya mungkin membuat kita jadi tidak berselera. Kita mungkin berpikir rasa dan penampilannya begitu buruk sampai disebut minuman sampah.

Namun sebenarnya tidak demikian, penamaan nya ini sendiri tidak berhubungan dengan cita rasa atau kebersihan dari minuman itu sendiri loh. Nama ini diambil berdasarkan penampilannya setelah direbus atau diseduh dengan air maka akan terlihat seperti berantakan dan layaknya seperti sisaan sampah rempah rempah. Nah, rempah rempah apa saja yang digunakan untuk membuat wedang uwuh?

Coba simak resep wedang uwuh yang enak dan khasiatnya untuk tubuh pada uraian sebagai berikut. Cekidot.

Resep Wedang Uwuh yang Enak dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Air 1000 ml
  • Jahe 1 ruas digeprek
  • Serai 2 batang digeprek
  • Kayu Secang 1 genggam
  • Kayu manis 5 cm
  • Kapulaga 5 buah
  • Cengkih 10 buah
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Gula batu secukupnya

Cara Membuat Wedang Uwuh :
  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat wedang uwuh seperti yang sudah dibahas diatas.
  2. Kemudian tahap pertama silahkan ambil panci dan isi dengan air.
  3. Masukkan semua bahan bahan wedang uwuh diatas kecuali gula batu ya.
  4. Masaklah bahan tersebut sampai air mendidih. Jika sudah matikan api dan segera angkat.
  5. Selanjutnya tinggal masukkan gula batu ke dalam sebuah gelas, lalu tuangkan wedang uwuh tadi.
  6. Jangan lupa diaduk sampai gula batu larut.
  7. Selesai wedang uwuh siap untuk dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep wedang uwuh yang enak dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh yang patut Anda ketahui. Adanya jahe sebagai bahan dasar pembuatan minuman tradisional ini tentu saja menjadi nilai lebih karena khasiatnya memang banyak sekali. Salah satunya adalah untuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Nah secara lebih spesifik wedang uwuh memiliki manfaat beberapa diantaranya adalah mengobati masuk angin, batuk, kondisi perut kembung, pegal linu sekaligus menyegarkan tubuh. Menarik sekali bukan? Nah, semua manfaat ini bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi wedang uwuh tentunya dengan memanfaatkan bahan rempah rempah yang bagus dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel