Resep Cara Membuat Wedang Ronde yang Nikmat dan Mudah Dibuat Sendiri

Racikanbumbu.Com - Wedang ronde merupakan salah satu dari sekian banyak minuman tradisional yang ada di Indonesia. Sama seperti sekoteng, bajigur, bandrek, wedang uwuh dan lain sebagainya, wedang ronde juga terbuat dari bahan dasar Jahe. Selain rasa yang enak dinikmati saat sore atau malam hari, wedang ronde juga mudah dibuat sendiri dengan mengikuti resep cara membuat wedang ronde yang enak.

Sebagian besar orang mungkin menebak kalau wedang ronde sendiri merupakan minuman tradisional yang berasal dari pulau Jawa. Namun, jika kita menengok ke sejarah asal usul wedang ronde sendiri ternyata bukan murni berasal dari pulau Jawa loh. Ternyata wedang ronde merupakan kuliner adaptasi dari negara China dengan sebutan Tangyuan.

Nah, mengapa di Indonesia diberi nama dengan sebutan “Wedang Ronde”? Nah, kalau kata “Wedang” memiliki arti minuman, sedangkan untuk “Ronde” memiliki arti bola bola ketan. Nah, sesuai dengan namanya itu, wedang ronde memang disajikan dengan bola bola ketan di dalam wedang ronde. Bola ketan tersebut biasanya diisi dengan gula merah dan kacang yang sebelumnya sudah dihaluskan.

Lantas, bisakah membuat wedang ronde sendiri dirumah? Apakah membuatnya mudah? Untuk mendapatkan jawabannya, coba deh simak resep cara membuat wedang ronde yang enak dan mudah di buat sendiri di bawah ini.

Resep Cara Membuat Wedang Ronde yang Nikmat dan Mudah Dibuat Sendiri


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung beras ketan 200 gram
  • Tepung sagu 25 gram
  • Kacang tanah yang sudah disangrai dan dikupas kulitnya 75 gram
  • Pewarna makanan warna hijau 1 tetes
  • Pewarna makanan warna merah 1 tetes
  • Gula pasir 40 gram
  • Garam 1/2 sdt
  • Air hangat 170 ml
  • Air untuk merebus

Bahan untuk membuat kuah :
  • Jahe instan 5 sachet
  • Air yang sudah dimasak hingga matang

Bahan untuk pelengkap :
  • Kolang kaling siap pakai yang diiris atau dibelah menjadi dua 50 gram
  • Susu kental manis
  • Roti tawar potong dadu 1 lembar

Cara membuat Wedang Ronde :
  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat wedang ronde seperti yang sudah disebutkan dalam daftar bahan diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah siap, awali dengan menyangrai kacang tanah menggunakan api ukuran kecil saja sampai matang. Jika sudah, sisihkan lebih dulu dan kupas kulitnya.
  3. Berikutnya, silahkan buat isian ronde dengan memasukkan gula pasir dan kacang ke dalam blender dan haluskan sampai setengah halus. Sisihkan.
  4. Sedangkan untuk membuat kulit ronde silahkan campurkan bahan mulai dari tepung sagu, tepung ketan, garam serta air hangat sedikit demi sedikit kemudian uleni sampai menjadi kalis.
  5. Bagi adonan tersebut menjadi 3 bagian. Beri 2 bagian adonan dengan 1 tetes pewarna makanan lalu uleni sampai warna menjadi rata.
  6. Selanjutnya, ambil dengan tangan sekitar 8 gram adonan, isi dengan isian kacang yang sudah dibuat tadi, tutup adonan dan bentuk menjadi bulatan. Teruskan sampai adonan telah habis.
  7. Langkah berikutnya, silahkan rebus ronde dengan air mendidih sampai mengembang. Jika sudah segera angkat dan ditiriskan.
  8. Terakhir, silahkan siapkan kuah jahe panas di dalam sebuah wadah. Masukkan ronde, potongan roti, kolang kaling dan juga kacang. Jangan lupa siram dengan kuah jahe dan beri susu kental manis. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat wedang ronde yang enak dan mudah dibuat sendiri. Menurut Anda, apakah mudah membuat wedang ronde sendiri? Sebenarnya tidak terlalu sulit bukan? Anda hanya perlu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan lalu ikuti step by step proses membuat wedang ronde seperti diatas.

Nah, salah satu tips yang perlu Anda ingat untuk membuat minuman tradisional yang yang enak adalah Anda harus tahu cara memilih bahan yang berkualitas. Pilihlah bahan bahan yang bagus supaya dari bahan tersebutlah yang mampu menghasilkan cita rasa wedang ronde yang lezat dan nikmat dikonsumsi pada sore atau malam hari ketika cuaca sedang dingin. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel