Resep Cara Membuat Kembang Tahu Minuman Hangat yang Enak

Racikanbumbu.Com - Kembang tahu adalah salah satu sajian minuman hangat tradisional di Indonesia yang sayang dilewatkan. Bagi Anda yang belum tahu, kembang tahu memiliki bahan dasar kedelai dan jahe yang umumnya banyak ditemukan di pulau Jawa. Biasanya kembang tahu disebut juga wedang tahu atau Tahua atau Tahok, penyebutannya berbeda beda di masing masing daerah. Lantas apa resep dan cara membuat kembang tahu sebagai minuman hangat yang enak ini?

Sebenarnya ada banyak keunggulan dari minuman tradisional yang satu ini. Salah satu manfaatnya yang besar adalah baik untuk kesehatan. Ini berkat bahan bahan alami yang digunakannya seperti jahe dan kedelai. Kedua bahan ini sebagaimana yang kita tahu memiliki banyak sekali kandungan zat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh supaya tidak mudah sakit khususnya pada musim dingin atau musim hujan.

Selain karena untuk kesehatan, kembang tahu juga memiliki rasa yang terkenal lezat dan nikmat. Apalagi kembang tahu ini memiliki rasa yang sangat lembut, layaknya pana cotta namun dengan kearifan lokal. Siapa saja yang menikmatinya pasti bakal ketagihan, terutama kalau dinikmati disituasi yang cocok. Sayangnya, kini penjual kembang tahu semakin sulit ditemui, bahkan hampir tidak ada di daerah di luar pulau Jawa.

Solusi untuk bisa menikmati enaknya kembang tahu adalah dengan membuatnya sendiri dirumah. Coba deh simak resep cara membuat kembang tahu sebagai minuman hangat yang enak. Cekidot.

Resep Cara Membuat Kembang Tahu Minuman Hangat yang Enak


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Susu kedelai 600 ml
  • Agar agar Plain 1 sdt
  • SKM Gold 2 sdm
  • Nutrijell plain 1/2 sdt
  • Maizena 2 sdm
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 1 sdm

Bahan untuk kuah jahe :
  • Jahe 1 telunjuk yang sudah dibakar dan di geprek
  • Air 500 ml
  • Gula pasir 1 sdm
  • Gula jawa 1sdm
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam secukupnya

Cara membuat Kembang Tahu :
  1. Pertama tama silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kembang tahu seperti yang sudah dijabarkan pada bagian bahan diatas.
  2. Setelah bahan sudah siap, mulailah dengan mencampur semua bahan kembang tahu. Masak semua bahan sampai mendidih sambil diaduk, lalu kecilkan api dan tunggu sebentar hingga mendidih lagi, kemudian tuang dalam mangkuk.
  3. Selagi menunggu kembang tahu dingin, silahkan untuk memasukkan semua bahan untuk membuat kuah jahe di panci. Masak hingga sudah mendidih lalu sisihkan lebih dulu.
  4. Langkah selanjutnya, silahkan kerok kembang tahu dengan menggunakan sendok yang tidak berbentuk cekung. 
  5. Siram kembang tahu dengan kuah jahe.
  6. Selesai kembang tahu siap untuk dinikmati. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat kembang tahu sebagai minuman hangat yang enak patut untuk Anda coba. Ada banyak kreasi minuman hangat tradisional yang bermanfaat yang bisa kita ketahui tidak hanya melulu wedang jahe, kopi hangat atau teh hangat, namun Anda diperkaya untuk membuat kreasi minuman hangat lainnya yang enak dan unik.

Resep yang tidak kalah unik untuk Anda coba sebagai referensi minuman hangat di musim hujan lainnya adalah seperti sekoteng, bajigur, bandrek, wedang uwuh dan masih banyak lagi. Bahan bahan yang sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya membuat tidak ada alasan untuk tidak menikmati minuman berkhasiat dan enak ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel