Resep Minuman Sarabba Khas Makassar yang Baik Untuk Kesehatan

Racikanbumbu.Com - Sarabba adalah salah satu minuman yang yang terbuat dari rempah rempah pilihan. Biasanya sarabba dijadikan sebagai minuman hangat alternatif selain kopi hangat, teh atau bajigur yang umumnya bisa dengan mudah kita temui. Sama seperti minuman hangat lainnya, Sarabba juga mudah dibuat sendiri. Tentunya untuk membuatnya Anda perlu mengetahui resep minuman Sarabba khas Makassar yang baik untuk kesehatan.

Ya, karena terbuat dari bahan dasar rempah rempah seperti halnya kayu manis, jahe, lada hitam, serai dan lain sebagainya, Sarabba memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bahan bahan tersebut sudah sejak dulu dipercaya secara efektif mampu mencegah demam, flu, menambah energi atau stamina sekaligus memperkuat daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

Kalau Anda belum pernah mencoba minuman Sarabba, Anda pasti penasaran dengan rasanya seperti apa. Nah, rasanya sendiri adalag agak pedas di lidah namun memberikan rasa yang hangat di lambung. Jadi sangat cocok sekali dikonsumsi saat cuaca sedang dingin di sore atau malam hari atau saat musim penghujan. Mau buat Sarabba dirumah?

Yuk simak resep cara membuat minuman Sarabba khas Makassar yang baik untuk kesehatan di bawah ini. Cekidot.

Resep Minuman Sarabba Khas Makassar yang Baik Untuk Kesehatan


Bahan yang dibutuhkan :
  • Jahe 200 gram yang sudah dimemarkan
  • Serai 1 batang yang sudah dimemarkan
  • Gula merah 250 gram
  • Kayu manis 1 ruas jari
  • Santan 200 ml
  • Air 1,6 liter
  • Merica bubuk 1 sdm

Bahan tambahan :
  • Kuning telur ayam kampung

Cara Membuat Sarabba :
  1. Untuk membuat Sarabba, silahkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah disebutkan pada daftar bahan diatas.
  2. Mulailah dengan melarutkan gula merah terlebih dahulu dengan cara memasukkan gula merah ke dalam sebuah panci lalu tambahkan air sedikit. Panaskan hingga merah meleleh.
  3. Setelah gula merah telah meleleh dan larut, masukkan semua bahan lainnya mulai dari jahe, kayu manis, serai, merica bubuk dan air. Lalu tunggu sampai mendidih kira kira memerlukan waktu sekitar 10 menit.
  4. Jika sudah mendidih, silahkan kecilkan api. Kemudian masukkan santan lalu diaduk kembali dan biarkan sampai mendidih lagi.
  5. Setelah menyelesaikan tahap diatas, untuk mendapatkan hasil terbaik, langkah selanjutnya Anda perlu menyaring minuman Sarabba tersebut. Anda bisa lakukan selama beberapa kali penyaringan supaya sisa sisa bahan yang kecil tidak menempel pada air rebusan dan menjadi bersih tersebut.
  6. Selesai, minuman Sarabba sudah bisa dinikmati dengan kondisi hangat. Nah, supaya lebih nikmat jika Anda suka bisa menambahkan kuning telur ayam kampung. Campuran ini bermanfaat membuat tubuh bugar. 
  7. Anda juga bisa menambahkan susu kental manis jika ingin. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas resep minuman Sarabba khas Makassar yang baik untuk kesehatan. Sarabba sendiri merupakan minuman khas Bugis yakni daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Mungkin jika Anda adalah orang yang berasal dari daerah yang sama sudah familiar dengan minuman hangat satu ini. Tapi apakah sudah pernah mencobanya?

Jangan lewatkan keunikan dari Sarabba selain dari rasanya yang memang enak tetapi juga berbagai bahan bahan alami yang digunakannya yang membuatnya semakin menarik. Nah. Khususnya jika kondusi Anda saat ini sedang tidak bugar, bisa coba untuk minum Sarabba. Sebab kombinasi dari rempah rempah tersebut sudah banyak juga dimanfaatkan sebagai penawar ketika badan kurang bugar. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel