Resep Kapurung Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Apa resep kapurung makanan khas dari Sulawesi Selatan yang punya rasa yang enak banget itu? Bagi Anda yang baru tertarik membuat kapurung sendiri dirumah tentu membutuhkan resep dan cara membuatnya. Nah, cara membuat kapurung sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan bahan bahan yang dibutuhkan dan mengolahnya sesuai dengan resep dan tips trik membuat kapurung.

Bagi Anda yang baru kenal kapurung, Kapurung sendiri merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Provinsi Sulawesi Selatan. Khususnya makanan satu ini berasal dari masyarakat daerah Luwu Raja di Tawau, Sabah, Malaysia yang dimana daerah tersebut dihuni oleh masyarakat dengan mayoritas suku Bugis.

Masakan tradisional yang satu ini termasuk masakan yang unik bagi Anda yang baru menemui dan menikmatinya. Misalnya masakan yang satu ini terbuat dari bahan sari atau tepung sagu lalu dimasak bersama dengan campuran ikan atau daging ayam beserta aneka sayuran. Bagi Anda yang baru mencoba untuk mencicipinya mungkin melihat makanan ini sedikit aneh, namun jangan salah rasanya bisa sangat menggugah selera Anda loh.

Penasaran apa resep kapurung yang enak dan bisa dengan mudah dibuat? Yuk simak resep Kapurung makanan Khas Sulawesi Selatan pada uraian dibawah ini.

Resep Kapurung Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Enak Banget


Bahan bahan :
  • Ikan Cakalang yang dipotong menjadi 3 bagian.
  • Bisa ditambah udang 200 gram (kalau mau)
  • Garam 1/4 sdt
  • Air asam 50 ml
  • Kunyit bubuk 1/4 sdt
  • Air 100 ml

Bahan untuk bumbu kaldu :
  • Air asam 1 sdm
  • Air 1500 ml
  • Bayam
  • Kacang panjang yang dipotong kecil kecil
  • Jagung 3 buah yang dipipih
  • Kacang goreng 300 gram yang dihaluskan
  • Kemiri 2 buah yang dihaluskan
  • Bawang putih 2 siung yang dihaluskan
  • Garam 1 sdt

Bahan adonan sagu :
  • Tepung sagu 150 gram
  • Air 450 ml
  • Garam 1/2 sdt

Cara membuat kapurung :
  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kapurung seperti yang sudah disebutkan pada daftar bagian diatas.
  2. Setelah semua bahan sudah siap, silahkan untuk mulai membuat kapurung dengan memasak ikannya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membersihkan ikan cakalang tersebut terlebih dahulu. Lalu ikan dipotong potong.
  3. Kemudian, setelah itu rendam ikan dalam air larutan asam dengan menambahkan garam dan kunyit secukupnya.
  4. Setelah beberapa waktu, silahkan masak ikan hingga matang dan tunggu sampai menjadi dingin.
  5. Barulah setelah itu kita lanjutkan dengan membuat kaldu. Caranya dimulai dari menyuir ikan cakalang matang tadi. Lalu campurkan dengan bawang putih dan kemiri yang sudah dihaluskan. Tambahkan air dan garam, jangan lupa diaduk rata.
  6. Masukkan juga kacang tanah yang telah dihaluskan kemudian aduk kembali. Nyalakan api ukuran sedang kemudian masukkan sayur yang sudah dipipih, bayam, dan potongan kacang panjang. Masak sampai menjadi matang.
  7. Jika sudah matang, angkat dan diamkan.
  8. Berikutnya, adalah membuat bola bola kapurung. Pertama tama campur sagu dan air di dalam sebuah wajan yang cukup besar. Aduk hingga rata lalu nyalakan api dengan ukuran sedang. Aduk aduk kembali hingga sagu dan air tersebut menjadi menyatu layaknya lem. (Ada juga cara lain, yakni dengan menaruh sagu dibaskom dan menyiramnya dengan air panas mendidih lalu diaduk cepat).
  9. Selanjutnya, buatlah bentuk bulat dengan menggunakan sumpit atau sendok. Setelah membentuk bola masukkan ke dalam air hangat. Dan tunggu hingga mendingin.
  10. Untuk menyajikan kapurung, terakhir tinggal masukkan bola bola sagu tersebut ke dalam kuah yang berisi sayuran, suiran ikan dan bumbu yang sebelumnya sudah dibuat. Aduk semua bahan hingga rata. Lalu kapurung sudah siap disajikan.
  11. Apabila ingin tambah nikmat, Anda bisa menambahkan sambal atau perasan jeruk nipis sesuai selera. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep kapurung makanan khas Sulawesi Selatan yang enak banget patut untuk Anda coba. Cara membuatnya cukup mudah bukan? Anda bisa langsung mencoba untuk membuatnya dirumah dan enak banget untuk dinikmati ramai ramai bersama dengan keluarga atau teman teman dalam berbagai suasana.

Nah, ada yang menyamakan Kapurung dengan Papeda, apakah keduanya memang sama? Ternyata tidak. Memang kapurung hampir sama dengan papeda, namun bedanya kapurung dibentuk menjadi bulat bulat kecil seperti bakso. Sedangkan papeda dibuat seperti bubur sagu menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Namun keduanya sama sama masakan yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel