Resep Cara Membuat Pecel Sayur Sederhana yang Enak dan Mudah Dibuat

Racikanbumbu.Com - Mengonsumsi sayur sayuran memang sangat disarankan untuk kepentingan kesehatan. Apalagi di Indonesia ada banyak sekali jenis sayur yang dapat diolah menjadi beragam olahan masakan yang lezat. Salah satunya adalah pecel sayur. Menu ini sangat populer loh. Bahkan Anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep cara membuat pecel sayur sederhana yang enak dan mudah dibuat.

Bicara soal pecel memang tidak lepas dari berbagai jenis sayur sayuran sebagai bahan utama pembuatannya. Beberapa jenis sayur akan dicuci dan direbus terlebih dahulu, lalu setelah itu disiram dengan bumbu kacang halus yang nikmat. Perpaduan antara rasa dari berbagai jenis sayur akan membaur dengan pedas manis nya bumbu yang bisa dibuat sesuai selera. Masakan serupa yang tidak kalah enak adalah gado gado.

Ya, bumbu kacang pecel bisa dikreasikan sendiri misalnya tidak pedas, pedas atau sangat pedas. Hasilnya masakan sayuran yang satu ini bisa menjadi menu andalan untuk makan sendiri, bersama keluarga atau saat ada acara seperti arisan, kumpul kumpul dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti mendoan atau kerupuk. Dijamin enak banget deh.

Nah, mau buat sajian pecel sayur Anda sendiri? Yuk simak resep cara membuat pecel sayur sederhana yang enak dan mudah dibuat di bawah ini.

Resep Cara Membuat Pecel Sayur Sederhana yang Enak dan Mudah Dibuat


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Sawi hijau 2 batang yang sudah dipotong potong
  • Wortel 1 buah yang diiris seperti korek api
  • Buncis 8 buah dipotong potong
  • Tauge 50 gram

Bahan untuk membuat bumbu kacang :
  • Kacang tanah 200 gram
  • Asam jawa 1/2 sdm
  • Bawang putih 13 buah
  • Daun jeruk 4 buah
  • Cabe rawit 15 buah
  • Gula jawa 90 sampai 100 gram atau sesuai selera
  • Garam sesuai kebutuhan

Bahan pelengkap :
  • Telur rebus 3 buah
  • Tempe goreng
  • Nasi putih

Cara membuat pecel sayur sederhana :
  1. Pertama tama siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat pecel sayur sederhana seperti yang sudah disebutkan di daftar diatas.
  2. Lalu, mulai dari membuat bumbu pecel. Ambil kacang tanah dan goreng bersama dengan bawang putih dan daun jeruk hingga matang.
  3. Kemudian, kacang tanah, daun jeruk dan bawang putih tersebut dihaluskan (bisa dengan cara diulek). Kemudian aduk rata dan tambahkan air asam jawa. Jangan lupa tambahkan garam dan gula, beri air kalau tekstur terlalu kental, aduk rata. Selesai bumbu siap untuk digunakan.
  4. Tata sayuran yang sudah dipotong potong dan direbus sebelumnya di sebuah piring. Lalu siram sayuran dengan bumbu.
  5. Jangan lupa tambahkan bahan pelengkap diatasnya.
  6. Selesai, pecel sayur sederhana siap untuk dinikmati.

Tips : Jenis sayur atau seberapa banyak sayur yang digunakan bisa Anda kreasikan sendiri. Anda juga bisa mengatur level kepedasan bumbu dari berapa cabai yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kerupuk atau peyek yang cocok disantap bersama pecel sayur. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi update yang mengulas tentang resep cara membuat pecel sayur sederhana yang enak dan mudah dibuat. Biasanya pecel sayur atau pecel lele juga banyak ditemui dijual di pasar, pinggir jalan atau berbagai tempat wisata terkenal di Indonesia. Namun, dengan membuatnya sendiri dirumah, Anda bisa menikmati pecel sayur kapan saja dan dimana saja ketika Anda menginginkannya tanpa perlu cari penjual pecel dulu. Masakan tradisional lainnya yang juga populer adalah Ketoprak Jakarta

Selain itu, jika Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat bumbu kacang untuk pecel sendiri, bisa juga membelinya di warung atau pasar tradisional. Ya, karena sekarang ini sudah banyak juga dijual bumbu kacang kemasan sehingga untuk membuat pecel sangat praktis. Anda tidak perlu membuat bumbu kacang lagi sebab bumbu kacang kemasan tinggal di cairkan sudah jadi dan dicampur dengan pecel Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel