Resep Bumbu Bali yang Praktis dan Mudah untuk Berbagai Masakan

Racikanbumbu.Com - Bumbu Bali memiliki keistimewaannya tersendiri yang membuat banyak orang menyukainya. Umumnya bumbu Bali cocok dimasak bersama dengan sajian masakan telur atau daging ayam. Tahu dan tempe juga menjadi bahan yang cocok dipadukan. Nah, perpaduan rasa dari bumbu Bali yang gurih membuat kita, sayang untuk melewatkan resep bumbu Bali yang praktis dan mudah untuk berbagai masakan.

Ya, bumbu Bali yang spesial bisa dengan mudah digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan untuk menciptakan rasa yang begitu nikmat di lidah. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga bisa dibuat stok nih. Jadi Anda tidak akan ketinggalan ide untuk memvariasi lauk dengan menggunakan jenis bumbu yang populer ini.

Bumbu Bali cocok untuk menu sehari hari, namun tidak jarang juga bisa kita temui di berbagai tempat warung makan atau restoran yang menawarkan berbagai menu masakan dengan bumbu Bali. Ya, karena ada banyak orang yang menyukai rasa dari bumbu ini, tidak heran kalau banyak juga yang menjualnya di beberapa daerah. Mau buat masakan sendiri dengan bumbu Bali? Ingin mengkreasikannya sesuai selera?

Oleh karena itu, Yuk kita simak informasi berikut yang membahas tentang resep bumbu Bali yang praktis dan mudah untuk berbagai masakan. Silahkan disimak.

Resep Bumbu Bali yang Praktis dan Mudah untuk Berbagai Masakan


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Lengkuas 4 cm yang sudah dimemarkan
  • Daun jeruk 10 lembar
  • Jahe 4 cm yang sudah dimemarkan
  • Air asam jawa 4 sdm
  • Kecap manis 4 sdm
  • Serai 2 batang
  • Minyak secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang merah 20 siung
  • Bawang putih 10 siung
  • Cabai merah besar 40 buah
  • Gula merah 4 sdm
  • Garam 2 sdt

Cara membuat Bumbu Bali Praktis :
  1. Pertama tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu bali seperti yang sudah diuraikan pada daftar diatas.
  2. Selanjutnya silahkan ambil bahan bahan untuk membuat bumbu halus. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender untuk dihaluskan. Atau jika Anda mau, bisa juga dengan cara tradisional yaitu diulek. 
  3. Berikutnya siapkan wajan dengan minyak panas, lalu tumis bumbu halus tersebut hingga mengeluarkan aroma yang harum dan menggugah selera
  4. Setelah itu, jangan lupa tambahkan serai, daun jeruk, jahe, lengkuas, air asam jawa serta kecap manis ke dalam tumisan bumbu halus tadi. Campur dan aduk semua bahan hingga matang dan pastikan sedikit mendidih.
  5. Cicipi rasanya supaya rasanya bisa sesuai dengan selera Anda. Kalau mau, bisa tambahkan telur atau masukkan bahan pilihan Anda. Setelah itu barulah masak semua bahan dan biarkan bumbu benar benar meresap.
  6. Tuang air ke dalam wajan agar bumbunya bisa semakin meresap. Lalu tunggu selama beberapa saat hingga bumbu bali mengeluarkan minyak.
  7. Jika ingin rasa yang lebih pedas, Anda bisa menambahkan irisan cabai rawit. Lalu, angkat dan sajikan bumbu bali.
  8. Sekarang, Anda sudah bisa menggunakannya sebagai lauk apapun sesuai dengan keinginan Anda. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah resep bumbu Bali yang praktis dan mudah untuk berbagai masakan Anda. Tidak sulit bukan? Jika Anda berhasil membuat bumbu yang enak, maka hasilnya kreasi masakan apapun juga akan menjadi enak. Apalagi kalau Anda pintar dalam memilih bahan makanan yang berkualitas dan mengolah bahannya dengan cara yang baik dan benar.

Bumbu Bali enaknya dimasak apa? Ada berbagai menu sajian masakan yang cocok dipadukan dengan bumbu Bali. Beberapa diantaranya adalah seperti ayam bumbu bali, bumbu bali mujair kuah, ikan masak bumbu bali, daging bumbu bali, bumbu bali ayam semur dan masih banyak lagi. Selamat mengkreasikan bumbu Bali dengan berbagai jenis masakan sesuai selera Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel