Resep Cara Membuat Peyek Kacang yang Gurih dan Renyah untuk Cemilan

Racikanbumbu.Com - Peyek atau yang biasa disebut juga dengan sebutan rempeyek merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah turun temurun tapi tetap eksis sampai sekarang. Selain karena memang rasanya yang enak, gurih dan renyah untuk cemilan atau sebagai teman makan, resep dan cara membuat peyek kacang juga sangat mudah dan praktis loh.

Peyek sendiri bisa dibuat atau diolah dengan kreatif. Ya misalnya, peyek terbuat dari kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau dan lain sebagainya. Ada juga yang memadukannya dengan ikan teri, udang kecil, atau peyek sayur bayam. Bahan bahan untuk membuat rempeyek tersebut juga mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Sehingga dapat dikatakan tidak ada kesulitan untuk membuat peyek yang sederhana.

Sebenarnya sudah banyak juga di luar sana yang menjual aneka peyek favorit. Namun, kalau bisa bikin sendiri kenapa tidak? Ya, selain bisa menghemat budget atau pengeluaran untuk beli peyek, kita bisa membeli bahan bahan sendiri dengan harga yang relatif murah lalu membuatnya sesuai selera. Entah hanya sebagai cemilan keluarga atau sebagai teman menyantap berbagai hidangan.

Bagi Anda yang belum pernah bikin peyek sebelumnya, yuk kita intip resep cara membuat peyek kacang yang gurih dan renyah untuk camilan berikut ini.

Resep Cara Membuat Peyek Kacang yang Gurih dan Renyah untuk Cemilan


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung beras 300 gram
  • Tepung sagu 100 gram
  • Kacang tanah yang dibelah dua 350 gram
  • Air 370 ml
  • 12 lembar daun jeruk yang dibuang tengahnya kemudian diiris halus
  • Kaldu jamur 4 sdt
  • Santan instan 130 ml
  • Kuning telur 2 butir

Bahan untuk bumbu halus :
  • Bawang putih 10 siung
  • Kemiri yang di sangrai 10 butir
  • Ketumbar butiran yang disangrai 2 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Kencur yang sudah dikupas 4 ruas jari 

Cara membuat Peyek Kacang :
  1. Pertama tama, silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat peyek kacang seperti yang sudah disusun dalam daftar bahan diatas
  2. Setelah semua sudah siap, ambil sebuah baskom yang ukurannya lumayan besar. Masukkan ke dalamnya mulai dari tepung beras, tepung sagu dan air. Lalu aduk tepung dengan air tersebut sampai rata. Tuang bumbu yang sudah dihaluskan, kuning telur, kaldu jamur dan santan lalu aduk.
  3. Tambahkan irisan daun jeruk dan kacang tanah, aduk dan tes rasa. 
  4. Anda juga bisa coba goreng sedikit adonan tersebut, lalu tambahkan bumbu sesuai selera Anda, jika dirasa ada yang kurang.
  5. Saatnya menggoreng peyek. Siapkan sebuah wajan, kemudian panaskan minyak di dalamnya dengan volume yang lumayan banyak. 
  6. Jika minyak sudah benar benar panas, ambil adonan peyek dengan menggunakan centong sayur dan tuangkan memanjang di pinggiran wajan yakni tepat diatas permukaan minyak goreng tersebut. Lakukan sampai adonan habis ya.
  7. Jika peyek sudah matang, tiriskan lebih dulu di atas sebuah koran atau kertas. 
  8. Selesai, Anda bisa simpan peyek dalam wadah kedap udara supaya kerenyahannya tetap terjaga dengan baik.

Tips menggoreng peyek supaya enak dan gurih :
  • Saat adonan digoreng, siram adonan dengan minyak pada bagian yang tidak terkena minyak. Tujuannya supaya adonan peyek bisa cepat lepas dari wajan atau cepat kering. 
  • Jangan paksa saat melepas peyek dari wajan karena bisa membuat peyek hancur. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas resep cara membuat peyek kacang yang gurih dan renyah untuk cemilan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang crispy dijamin bisa bikin selera makan bertambah atau bahkan gak bisa berhenti mengunyah nih. Jadi disarankan lebih baik buat peyek sendiri aja, lalu simpan di toples sebagai stok cemilan Anda sehingga lebih puas daripada hanya beli.

Ternyata cara membuat rempeyek yang enak mudah banget ya. Anda hanya perlu tahu tips dan trik menggoreng rempeyek supaya menghasilkan peyek yang renyah dan gurih. Biasanya peyek disajikan sebagai teman makan pecel. Bisa juga nih, membuat pecel lalu sajikan dengan peyek buatan Anda sendiri dirumah. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel