Resep Usus Goreng Tepung Crispy yang Renyahnya Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Usus goreng yang renyah dan crispy sudah menjadi salah satu cemilan favorit keluarga. Tidak hanya dapat dijadikan sebagai camilan, tetapi juga cocok sekali untuk lauk nasi hangat. Tidak heran, sudah banyak penjual usus goreng yang bisa kita temui karena banyak disukai. Tertarik untuk membuat usus goreng sendiri? Coba deh ikuti resep cara membuat usus goreng tepung crispy yang renyah dan tahan lama.

Dengan membuat usus goreng tepung crispy sendiri, Anda bisa menyajikan cemilan untuk keluarga tanpa perlu keluar rumah. Terlebih lagi karena bahan dan pembuatan usus goreng tepung praktis dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi Anda yang masih pemula dalam mencobanya. Perpaduan rasa yang gurih dan renyah pasti bisa bikin Anda ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Nah, biasanya usus ayam sendiri tidak hanya diolah menjadi usus goreng tepung crispy. Umumnya usus ayam ini juga diolah menjadi berbagai jenis aneka masakan dengan campuran dan bumbu seperti hidangan tumis yang nikmat. Atau kerap juga diolah menjadi sate usus ayam yang menciptakan cita rasa manis dan gurih yang khas.

Ada banyak sekali menu dari usus ayam, namun kali ini kita akan membahas resep usus goreng tepung enak yang renyah dan tahan lama sebagai salah satu cemilan populer di Indonesia. Yuk simak.

Resep Usus Goreng Crispy Enak yang Renyahnya Tahan Lama


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Usus ayam 250 gram
  • Tepung terigu 15 sdm
  • Tepung maizena 3 sdm
  • Air perasan jeruk nipis

Bahan untuk bumbu halus :
  • Kaldu bubuk
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Ketumbar 1/4 sdt
  • Kunyit 1 ruas
  • Kemiri 1 butir 
  • Bawang putih 4 siung

Cara membuat Usus Goreng Tepung Crispy :
  1. Pertama tama, silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat usus goreng tepung seperti yang sudah tercantum di daftar bahan diatas.
  2. Setelah bahan bahan sudah lengkap, silahkan cuci bersih usus terlebih dulu hingga benar benar bersih.
  3. Setelah itu, barulah potong usus kurang lebih 3 atau 4 cm. Bisa juga sesuai selera Anda saja.
  4. Kemudian, rendam usus ayam yang telah di potong dalam campuran air perasan jeruk nipis dan garam secukupnya selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bau amis pada usus ayam.
  5. Langkah selanjutnya, silahkan untuk cuci kembali usus ayam sampai bersih dan tiriskan. Lalu lumuri usus dengan bumbu halus dan biarkan saja selama kurang lebih 15 menit supaya bumbu bisa meresap dengan sempurna. 
  6. Berikutnya, panaskan minyak di sebuah wajan. Jangan lupa lumuri usus ayam dengan campuran tepung yang sudah disiapkan sebelumnya. Pencampuran usus ayam dengan tepung harus sambil ditekan tekan.
  7. Goreng usus dalam minyak panas tersebut sampai berubah warna menjadi kekuningan. Anda bisa menggunakan ukuran api kecil saja agar hasilnya usus goreng lebih kriuk, renyah serta awet. Selain itu, pastikan minyak sudah benar benar panas pada saat menggoreng usus ayam.
  8. Terakhir, jika usus goreng tepung crispy sudah matang, tiriskan terlebih dahulu. Setelah itu masukkan ke dalam sebuah toples kedap udara supaya bisa awet, renyah dan gurihnya seharian. Terima kasih sudah berkunjung ke racikanbumbu.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep usus goreng tepung crispy yang renyahnya tahan lama. Daripada membeli camilan gorengan ini di luar, lebih baik untuk membuatnya sendiri sehingga kita bisa lebih mengontrol kebersihan dan kualitas bahan yang kita gunakan. Terlebih lagi kalau Anda ingin menyajikan camilan tersebut untuk keluarga tercinta.

Tahukah Anda, untuk membuat sajian camilan usus goreng crispy yang tambah lezat, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan pelengkap sesuai selera. Misalnya usus goreng crispy sangat cocok dicocol dengan sambal atau saus favorit loh. Jadi tidak hanya bisa disantap secara langsung dengan rasa original tetapi juga dapat dipadukan dengan bahan pelengkap sesuai kesukaan Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel