Resep Cara Membuat Ote Ote yang Renyah dan Gurih nya Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Gorengan Ote Ote merupakan salah satu makanan gorengan yang sudah populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Sebagian mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan Bakwan. Baik bakwan maupun Ote Ote, keduanya sama sama terbuat dari sayuran yang dicampur tepung kemudian digoreng. Apa resep cara membuat Ote Ote yang renyah dan gurih nya tahan lama?

Cara membuat Ote Ote sebenarnya sangat mudah dengan bahan bahan yang sederhana loh. Memang camilan gorengan yang satu ini mudah dibeli atau ditemukan di sekitar Anda, namun jika bisa membuatnya sendiri tentu akan lebih nikmat bukan? Anda bisa lebih hemat uang, mengkreasikan nya sesuai selera atau kesukaan, terlebih lagi lebih aman dan sehat karena Anda sendiri yang memantau kebersihan bahannya.

Nah, isian Ote Ote bisa disesuaikan dengan kesukaan kita loh. Mungkin kita biasanya menemui Ote Ote atau bakwan dengan berbagai isian seperti sayur wortel, kubis, taoge, seledri, kol dan lain sebagainya. Namun, jika cocok Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti Ote ote udang, daging ayam dan lain sebagainya.

Mau belajar buat Ote Ote yang enak, renyah dan gurihnya tahan lama untuk camilan keluarga? Selengkapnya yuk simak resep Ote Ote spesial dengan bahan udang untuk Anda. Silahkan disimak.

Resep Cara Membuat Ote Ote yang Renyah dan Gurih nya Tahan Lama


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Udang 100 gram
  • Ketumbar bubuk ½ sdt
  • Tepung beras 35 gram
  • Seledri 1 sdm
  • Taoge 50 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam 1 sdt
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang putih 4 siung
  • Tepung terigu 175 gram
  • Tepung sagu 1 sdm
  • Kol 50 gram
  • Wortel 50 gram
  • Air 200 ml
  • Merica bubuk ¼ sdt

Cara membuat Ote Ote spesial :
  1. Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti daftar diatas, pastikan bahannya bersih dan berkualitas. Sebab kualitas bahan sangat memengaruhi cita rasa nya nanti yang dihasilkan.
  2. Ambil bahan untuk membuat bumbu halus terlebih dahulu seperti bawang putih dan ketumbar yang diulek. Sisihkan dulu.
  3. Kemudian siapkan sayuran yang akan menjadi isian Ote Ote. Cuci bersih semua sayuran lalu potong atau iris mulai dari kol dan seledri. Lalu ambil wortel dan potong potong juga menjadi seperti bentuk korek api. Masukkan ke dalam rendaman air dan tiriskan kering.
  4. Langkah berikutnya ambil wadah yang cukup besar atau baskom. Campurkan semua bahan mulai dari tepung kemudian sayurannya. Aduk semua bahan sampai rata menjadi satu.
  5. Masukkan garam, merica, telur dan bumbu halus yang sudah diulek sebelumnya tadi.
  6. Jangan lupa tambahkan air secara perlahan lahan hingga Anda mendapatkan tekstur yang pas. Aduk aduk bersama bahan tersebut menjadi satu sampai rata. Dalam hal ini, Anda perlu pastikan kalau tekstur adonan tidak encer atau terlalu kental supaya Ote Ote nanti bisa renyah.
  7. Terakhir, tinggal masuk ke proses penggorengan. Goreng adonan Ote Ote di dalam minyak yang sudah panas menggunakan sendok sayur supaya takarannya pas. 
  8. Jangan lupa letakkan udang di atasnya lalu masak Ote Ote sampai matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  9. Angkat dan sajikan. Udang spesial sudah siap disajikan.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat Ote Ote yang renyah dan gurihnya bertahan lama. Renyah dan gurih dari tepung yang digoreng bercampur dengan sayuran dan isian yang lezat pasti akan menggugah selera Anda. Sangat cocok dinikmati selagi hangat di cuaca yang tidak bersahabat seperti musim dingin atau musim penghujan.

Tidak hanya cocok sebagai camilan lezat untuk menemani kegiatan atau waktu luang Anda dirumah, Ote Ote atau bakwan ini juga cocok dijadikan sebagai menu lauk loh. Ya, beberapa orang menyantapnya dengan nasi hangat. Tapi selera setiap orang bisa jadi berbeda beda. Banyak juga yang lebih cocok dicocol sambal atau racikan bumbu penambah cita rasanya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel