Resep Cara Membuat Churros yang Renyah dan Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Churros atau Churro merupakan salah satu camilan kekinian yang sayang dilewatkan karena rasanya yang enak dan lezat. Cemilan khas dari Spanyol ini bisa dikatakan sebagai donat ala Spanyol. Sebab Churros sendiri memang memiliki kemiripan dengan donat. Tapi tetap memiliki perbedaan Antara keduanya. Anda bisa melihat perbedaan tersebut melalui resep cara membuat Churros yang renyah dan tahan lama.

Selain itu, dari bentuknya juga berbeda. Jika donat memiliki ciri khas berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya, maka churros memiliki bentuk yang memanjang. Bahan utama untuk membuat churros adalah dari jenis tepung terigu. Sehingga Churros memiliki cita rasa yang ringan dan renyah. Tidak heran kalau banyak orang mulai menyukai camilan modern ini.

Meski churros belum familiar di kalangan masyarakat Asia, namun di balik kelezatannya bisa membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Jika, Anda tertarik untuk menikmati sajian camilan churros tapi bingung mau beli dimana, lebih baik untuk membuatnya sendiri dirumah dengan resep yang mudah.

Penasaran bagaimana cara membuat churros? Yuk simak resep churros yang enak, renyah dan tahan lama berikut ini.

Resep Cara Membuat Churros yang Renyah dan Tahan Lama


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Air 50 ml
  • Tepung terigu protein sedang 150 gram
  • Mentega tawar atau margarin 100 gram
  • Telur 3 butir
  • Garam ¼ sdt 
  • Minyak goreng

Cara membuat Churros yang enak :
  1. Pertama tama, setelah selesai menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Silahkan ambil air dan rebus bersama dengan garam dan butter. Tunggu dan biarkan sampai mentega meleleh dan air tersebut telah mendidih. 
  2. Baru setelah itu, masukkan tepung. Jangan lupa sambil diaduk sampai adonan menjadi menggumpal dan kalis. Perlu diingat, Anda perlu terus mengaduk nya sampai adonan sudah tidak lagi menempel pada panci.
  3. Nah, pada saat Anda memasukkan tepung, kecilin dulu apinya dan masak sebentar. Hal ini juga bermanfaat supaya bau mentah dari si tepung bisa hilang.
  4. Nah, disini Anda juga bisa menambahkan berupa susu bubuk atau serpihan Oreo yang sudah dihaluskan terlebih dahulu kedalam adonan churros tersebut. Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya yang cocok dengan selera Anda.
  5. Setelah selesai, pindahkan adonan churros ke dalam sebuah wadah atau baskom. Kemudian diamkan saja supaya bisa dingin.
  6. Masukkan telur jika adonan sudah dingin. Hindari memasukkan telur ketika masih panas, karena akan membuat telur cepat matang. Anda bisa diamkan adonan dalam suhu ruangan lalu masukkan telur bertahap satu satu sambil terus diaduk sampai bahan rata.
  7. Selanjutnya silahkan masukkan adonan ke piping bag dengan ukuran spuit sesuai selera Anda.
  8. Lalu, panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng churros dengan minyak yang tidak terlalu panas atau jangan juga gunakan api yang besar. Hal ini menghindari churros cepat matang dan menjadi gosong.
  9. Nah, pada saat menggoreng masukkan adonan dengan bentuk memanjang sebagai bentuk ciri khasnya. Goreng churros sampai matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat churros yang renyah dan tahan lama. Tidak sulit bukan? Anda hanya perlu mencobanya. Apalagi bahan yang dibutuhkan untuk membuat churros bisa dari yang murah dan sedikit. Meskipun teknik yang dilakukan dalam proses pembuatannya bisa dikatakan tidak sederhana.

Ya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya churros bisa disajikan dengan sempurna. Misalnya Anda perlu memperhatikan adonannya tidak mudah pecah, lalu teknik atau cara menggorengnya supaya churros bisa matang secara merata. Dengan memperhatikan hal itu, tentu saja Anda bisa menciptakan sajian camilan churros yang lezat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel