Resep Tahu Gejrot yang Enak dan Gurih Bikin Ketagihan

Racikanbumbu.Com - Tahu Gejrot merupakan salah satu makanan camilan yang populer di Indonesia. Makanan ini sendiri berasal dari daerah Cirebon, namun sudah banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya bisa ditemui dan dibeli dengan mudah, beberapa orang suka membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep tahu Gejrot yang enak dan gurih, pasti bikin ketagihan deh.

Berbeda dengan olahan goreng tahu lainnya, tahu Gejrot memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari cara mengolah, sajian dan hasil cita rasa yang diciptakannya. Bagi Anda yang sering makan tahu Gejrot, pasti sudah tidak asing dengan rasanya yang bercampur antara pedas dan manisnya yang sedap dan cocok dinikmati dalam berbagai suasana, khususnya kalau ada acara kumpul kumpul dijamin makin Asyik deh.

Membuat tahu Gejrot sendiri dirumah dibanding harus beli tentu ada banyak kelebihan. Salah satunya, Anda bisa mengkreasikan sendiri saus atau kuah tahu Gejrot nya sesuai dengan selera Anda. Seperti tingkat kepedasan yang pedes banget bagi Anda yang suka pedas, sedangkan untuk Anda yang gak suka pedas bisa kurangi jumlah cabai yang digunakan.

Penasaran, bagaimana sih cara membuat tahu Gejrot yang mudah dan enak? Apa resepnya? Apa saja bahannya? Selengkapnya yuk kita simak resep tahu Gejrot di bawah ini.

Resep Tahu Gejrot yang Enak dan Gurih Bikin Ketagihan


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Tahu pong 10 buah
  • Asam Jawa 1 sdt
  • Gula Jawa 1 ½ 
  • Kecap 1 sdm
  • Air 250 ml
  • Garam secukupnya

Bahan yang dihaluskan :
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 2 butir
  • Cabai rawit hijau 5-10 buah

Cara membuat Tahu Gejrot :
  1. Pertama tama, silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti daftar diatas.
  2. Lalu, ambil tahu yang sebelumnya sudah digoreng terlebih dahulu dan dipotong potong sesuai selera.
  3. Berikutnya ambil sebuah panci dan rebus air di dalamnya sampai dengan mendidih. Tambahkan ke dalamnya asam Jawa dan gula Jawa. Masak kembali sampai mendidih. Namun jangan lupa sambil terus diaduk ya. Jika sudah selesai, Anda bisa menyaring airnya terlebih dahulu.
  4. Beralih ke bahan lainnya, silahkan ambil cabe rawit hijau, bawang putih bawang merah serta garam ke cobek atau tempat ulekan. Ulek bahan tersebut sampai halus. Setelah selesai siram dengan air gula Jawa yang dibuat tadi.
  5. Lalu ambil tahu dan sajikan di piring cantik, kemudian siramkan dengan air gula Jawa yang sudah tercampur dengan bahan ulekan tadi.
  6. Selesai, tahu Gejrot sudah siap dinikmati.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang mengulas resep tahu Gejrot yang enak dan gurih bikin ketagihan banget. Rebusan bumbu bumbu yang dihaluskan dengan rasa dan aroma yang sedap dalam sausnya pasti bisa menggugah selera Anda. Tidak sulit bukan untuk membuat tahu Gejrot sendiri dirumah? Anda bisa membuat camilan lezat ini kapan saja dan dimana saja secara praktis

Selain tahu Gejrot masih banyak lagi macam camilan lainnya dengan bahan utama tahu. Sehingga ada banyak referensi camilan tahu yang bisa Anda coba dirumah. Bahan yang sederhana dan mudah ditemukan serta menghasilkan camilan yang lezat seperti halnya tahu Gejrot, membuat kita jadi tidak punya alasan untuk tidak membuat camilan populer yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel