Resep Apple Pie Sederhana yang Mudah Dibuat tapi Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Sebagian besar orang Indonesia pasti sudah tahu sajian makanan Apple Pie atau yang disebut juga Pai Apel. Sesuai dengan namanya camilan populer yang lezat ini terbuat dari bahan utama buah apel. Ya, buah apel tidak hanya enak disantap secara langsung, dijadikan rujak, salad dan lain sebagainya. Namun juga enak dibuat kue. Apa resep cara membuat Apple Pie sederhana yang mudah dibuat tapi enak banget?

Pernahkah Anda makan Apple Pie? Kue ini umumnya dihidangkan bersama dengan pastry pada bagian atas dan juga bawah sehingga memiliki tekstur yang padat dan tebal. Sedangkan untuk cita rasa yang diciptakannya adalah paduan dari rasa manis di dalamnya, bercampur dengan rasa renyah dan gurih pada bagian luar. Dengan demikian, Pai apel sangat disukai oleh berbagai kalangan.

Apple Pie memang sudah sangat familier di lidah masyarakat orang Indonesia. Sehingga tidak heran, hidangan kue yang berasal dari Inggris ini sudah banyak dijual dimana mana, mulai dari cafe sederhana sampai dengan restoran yang mewah. Tapi, buat Anda yang ingin menyantap Apple Pie tanpa harus keluar rumah, bisa kok membuatnya sendiri dirumah.

Bagaimana cara membuat Apple Pie yang enak sebagai camilan untuk menemani aktivitas Anda? Mudah sekali, yuk simak resep Pai apel nya di bawah ini.

Resep Apple Pie Sederhana yang Mudah Dibuat tapi Enak Banget


Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • Apel 5 buah yang dipotong potong
  • Almond 3 sdm
  • Gula pasir 5 sdm
  • Cinnamon bubuk ½ sdt 
  • Kismis 5 sdm
  • Air lemon 4 sdm
  • Gula palem 2 sdm
  • Butter dilelehkan 1 sdm

Bahan untuk membuat kulit :
  • Tepung terigu segitiga 300 gram
  • Butter dingin 200 gram
  • Air es batu 6 sdm
  • Garam sejumput
  • Air lemon 1 sdt

Bahan untuk olesan :
  • Kuning telur secukupnya

Cara membuat Apple Pie sederhana :
  1. Setelah selesai menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan diatas, silahkan mulai dengan membuat filling. Masak semua bahan kecuali butter dan almond. Jangan lupa sambil diaduk rata. Kemudian barulah masukkan butter kemudian almond. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Lanjutkan dengan membuat kulitnya. Tuang tepung dalam wadah kemudian tambahkan garam, campur kedua bahan tersebut. Selanjutnya masukkan juga butter dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk secara terus menerus.
  3. Kemudian, bentuk adonan dengan menaruhnya pada cetakan. Jangan lupa tusuk adonan tersebut menggunakan garpu. Lalu isi dengan bahan filling. Setelah selesai, lanjutkan dengan membuat anyaman dengan bahan kulit.
  4. Sampai sini, silahkan masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu selama kurang lebih setengah jam atau 30 menit.
  5. Terakhir, olesi permukaan adonan dengan bahan olesan yang sudah Anda sediakan. Baru dipanggang dalam oven dengan suhu 180c selama kurang lebih 35 menit.
  6. Selesai, setelah matang, Apple Pie siap untuk disajikan.

Inilah informasi update yang membahas resep Apple Pie Sederhana yang mudah dibuat dan punya rasa yang lezat. Selain karena rasanya yang enak, bahan bahan yang dibutuhkan juga cukup praktis, mudah dan bisa dibeli di warung atau toko terdekat dengan rumah Anda.

Terlebih lagi, Anda juga dimungkinkan untuk mengkreasikan tambahan bahan lainnya sesuai selera yang cocok dengan Apple Pie Anda. Misalnya Anda bisa menambahkan es cream atau krim kocok. Jadi tidak ada alasan ya untuk tidak membuat kue mewah ini jadi salah satu sajian camilan yang enak untuk menemani kegiatan Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel