Resep Cara Membuat Hotteok, Pancake Manis Asal korea yang Lezat

Racikanbumbu.Com - Pernah makan Hotteok sebelumnya? Sebagian dari kita yang menyukai makanan khas Korea mungkin sudah tahu makanan yang satu ini atau bahkan mungkin sudah pernah mencobanya. Nah menarik, bagi Anda yang suka berekspresi dengan resep, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep cara membuat Hotteok sebagai pancake manis asal Korea yang lezat banget.

Nah, Hotteok sendiri adalah penekuk khas dari Korea yang terbuat dari tepung terigu dan tepung beras ketan. Lalu ada tambahan dari kacang pinus, gula dan bubuk kayu manis. Perpaduan dari bahan bahan tersebut akan memberikan cita rasa yang gurih dan nikmat. Ditambah lagi ada sensasi segar dari cocolan saus seperti kecap, apel, paprika, jujubes dan lain sebagainya.

Mau buat street food Korea yang paling favorit ini? Gampang banget, Anda cukup menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat Hotteok. Pancake Korea dengan rasa manis ini bisa dibuat secara tradisional dengan tangan. Hotteok cocok sekali sebagai camilan atau hidangan penutup yang enak dan lezat atau menjadikannya sebagai menu sarapan.

Tertarik membuat Hotteok, yuk simak resep Hotteok yang akan dibahas berikut ini.

Resep Cara Membuat Hotteok, Pancake Manis Asal korea yang Lezat


Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu serba guna 300 gram
  • Tepung ketan 180 gram
  • Ragi instan 1 sdm
  • Susu 250 ml
  • Garam ¾ sdt
  • Air ¼ gelas
  • Gula halus 2 sdt

Bahan untuk isi Hotteok :
  • Brown sugar 150 gram
  • Gula halus 150 gram
  • Biji wijen hitam ¼ cangkir yang dihaluskan
  • Margarin 2 sdm atau secukupnya
  • Kayu manis bubuk 2 sdt
  • Kacang kenari yang dicincang halus ¼ cangkir (dapat diganti dengan kacang mete)

Cara membuat Hotteok :
  1. Langkah pertama untuk membuat Hotteok adalah silahkan untuk ambil tepung terigu, tepung ketan, gula halus, ragi dan campur di dalam satu mangkuk.
  2. Setelah itu, campur juga susu dengan air lalu aduk aduk dalam sebuah mangkuk yang tahan suhu panas. Kemudian masukkan dalam microwave dan panaskan selama kurang lebih 20 detik. Kemudian tuang susu tersebut ke dalam adonan tepung sebelumnya lalu aduk hingga susu bisa tercampur rata di adonan tepung.
  3. Uleni adonan selama kurang lebih 2 menit pada alas yang sebelumnya sudah Anda berikan sedikit tepung. Jangan lupa, tambahkan garam sambil di uleni sampai adonan menjadi kalis.
  4. Bentuk adonan menjadi seperti bola bola, lalu simppan bola bola tersebut ke dalam wadah yang telah ditaburi dengan tepung. Lalu tutup menggunakan handuk kertas basah. Anda bisa membiarkan adonan tersebut mengembang selama kurang lebih 10 menit sudah cukup.
  5. Sambil menunggu adonan, silahkan untuk menyiapkan isiannya. Caranya ambil brown sugar, biji kenari, biji wijen, gula pasir, serta kayu manis dan campurkan menjadi satu dalam sebuah kantong plastik. Tutup kantongnya dan kocok sampai semua bahan di dalamnya tercampur merata.
  6. Setelah itu, ambil adonan Hotteok dan gulung membentuk silinder. Lalu potong menjadi 10 bagian membentuk seperti bola. Pipihkan adonan bola tersebut menggunakan alat penggilas sampai kira kira adonan menjadi berukuran 5 inci.
  7. Ambil adonan yang sudah jadi dan tuang sekitar 2 sendok isian di tengahnya. Kemudian bungkus supaya isiannya tidak keluar pada saat sedang dimasak. Cubit bagian ujung adonan dan letakkan diatas permukaan yang sebelumnya sudah ditaburi tepung. (Lakukan terus menerus sampai adonan Hotteok habis).
  8. Langkah berikutnya tekan atau pipihkan kembali adonan yang telah terisi tersebut.
  9. Langkah berikutnya silahkan untuk melelehkan mentega, kemudian masak Hotteok selama 5 sampai 10 menit dengan menggunakan ukuran api sedang. Jangan lupa untuk membalik Hotteok supaya tida gosong.
  10. Selesai, jika Hotteok sudah matang bisa diangkat dan disajikan.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat Hotteok, pancake manis asal Korea yang lezat banget. Kapan lagi bisa membuat kue camilan yang berbeda dari biasanya bukan? Hidangan ini akan menjadi lebih istimewa karena Anda sendiri yang membuatnya.

Resep diatas hanya contoh resep cara membuat Hotteok yang bisa Anda ikuti, namun Anda bisa menyesuaikan sendiri isi Hotteok sesuai dengan kesukaan Anda. Ya, dengan kata lain isi Hotteok yang sederhana tersebut dapat diganti dengan bahan lainnya seperti coklat atau pasta kacang merah. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel