Resep Cara Membuat Tahu Isi Sayur yang Enak dan Mudah

Racikanbumbu.Com - Tahu isi sayur merupakan salah satu makanan gorengan yang paling umum dan terkenal di Indonesia selain sanggar dan tempe goreng. Tahu isi sayur bisa dimakan sebagai lauk atau sebagai camilan saja. Selain itu, resep cara membuat tahu isi sayur yang enak bisa dengan mudah dibuat sendiri dirumah loh. Jadi, kapanpun Anda mau makan tahu isi sayur, Anda tidak perlu repot repot pergi ke pasar atau warung.

Sekarang ini, sajian tahu sudah banyak sekali kreasinya yang kreatif. Misalnya tahu isi tidak hanya berisi sayur atau isian sederhana, ada yang mengisinya dengan bihun, taoge, daging atau campuran sayur sayuran pedas crispy dan masih banyak lagi. Karena banyak yang menyukainya tidak jarang, banyak juga yang beralih menjadi penjual gorengan, salah satunya adalah bisnis jualan tahu isi.

Rasa tahu isi yang nikmat dan renyah bisa dibuat dengan langkah langkah sederhana saja loh. Bahkan bahan bahan untuk membuatnya juga sangat mudah. Anda yang masih belajar memasak atau pemula juga tidak akan merasa membuat tahu isi sayur itu sulit atau bahkan sebaliknya. Nah, buat Anda yang mau membuat tahu isi sayuran sendiri dirumah, yuk kita simak resep membuat tahu isi sayur di bawah ini.

Resep Cara Membuat Tahu Isi Sayur yang Enak dan Mudah


Bahan yang dibutuhkan :
  • Tahu pong 10 buah
  • Taoge 200 gram
  • Daun bawang 1 batang yang diiris tipis tipis
  • Wortel 1 buah yang diiris tipis tipis
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar bubuk secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya

Bahan untuk bumbu tumis :
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 5 siung

Bahan untuk adonan :
  • Tepung terigu 200 gram
  • Kaldu jamur 1 sdt
  • Kunyit bubuk ¼ sdt
  • Air 150 ml
  • Tepung beras 1 sdm
  • Garam 1 sdt

Cara membuat tahu isi sayur :
  1. Langkah pertama untuk membuat tahu isi sayur adalah menumis bawang putih dan bawang merah sampai harum dan layu. Lalu setelah itu, silahkan masukkan wortel dan aduk sampai setengah matang. Berikan sedikit air.
  2. Jangan lupa masukkan juga daun bawang dan taoge.
  3. Lalu tambahkan kaldu jamur, garam, lada bubuk, dan ketumbar bubuk. Aduk sampai semua bahan campuran merata. Jika sayuran sudah terlihat sudah layu, silahkan untuk matikan api.
  4. Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah membuat adonan. Caranya dimulai dari mengambil wadah, kemudian masukkan dan campur tepung beras, tepung terigu, garam, kunyit bubuk serta kaldu jamur.
  5. Berikan air sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya bahan merata tercampur. Sambil mengaduk, usahakan untuk tingkat kekentalan adonannya adalah sedang yaitu tidak terlalu cair atau kental.
  6. Berikutnya, silahkan ambil satu tahu dan belah di bagian pinggirnya. Ambil isian sayur yang sudah dibuat tadi menggunakan sendok makan. Isi bagian dalam tahu dengan isian sayur tersebut sampai padat. Lalu masukkan atau celupkan tahu tersebut ke dalam adonan tepung. Lakukan seterusnya sampai tahu habis.
  7. Tahap terakhir adalah menggoreng tahu isi sayur tersebut. Caranya adalah dengan menyiapkan wajan dengan minyak yang cukup banyak. Biarkan minyak panas dulu, lalu goreng tahu sampai matang dan berubah menjadi kecoklatan.
  8. Selesai, tahu isi sayur diangkat dan siap disajikan bersama dengan sambal atau cabai rawit sesuai selera.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara membuat tahu isi sayur yang enak dan mudah patut untuk Anda coba. Anda bisa menikmatinya bersama dengan nasi hangat yang pulen atau sebagai camilan untuk menemani waktu santai Anda dirumah bersama keluarga. Anda juga bisa membuat sambal atau saus sebagai pelengkap tahu isi sayur yang tambah nikmat hasil buatan Anda.

Tidak hanya resep diatas, Anda bisa menemui banyak sekali resep cara membuat tahu isi sayur yang lezat lainnya. Bahkan Anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, Anda mau mengisi tahu isi dengan apa? Apakah campuran dari sayur sayuran yang Anda sukai, ada tambahan ikan atau daging dan masih banyak lagi. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel