Resep Tempe Mendoan Sederhana yang Renyah Tahan Lama

Racikanbumbu.Com - Camilan goreng favorit di Indonesia selain tahu isi adalah tempe mendoan. Siapa sih yang tidak kenal jajanan gorengan yang paling laris dan disukai ini? Camilan klasik yang terbuat dari tempe yang dilapisi dengan tepung lalu digoreng sebentar sangat nikmat dengan cocolan sambal kecap. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah melalui resep tempe mendoan sederhana yang renyah tahan lama.

Sebagaimana yang kita tahu, tempe sendiri bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat atau sekedar menjadi camilan yang enak. Nah, buat Anda yang bingung kira kira mau buat camilan apa dirumah dan hanya ada tempe, coba deh untuk mengolah tempe tersebut menjadi tempe mendoan yang gurih ditambah saus atau sambal sesuai selera Anda.

Biasanya tempe mendoan memang sangat mudah ditemukan di penjual pinggir jalan atau dipasar, namun membuat sendiri dirumah tentu bisa memberikan kesan yang lebih istimewa dan Anda bisa langsung menyantapnya dirumah selagi hangat. Perpaduan antara rasa yang gurih dan renyah dijamin bisa menjadi pilihan makanan camilan yang bagus untuk Anda dan keluarga.

Nah, untuk membuat tempe mendoan sederhana yang renyah dan tahan lama, yuk simak resepnya di bawah ini.

Resep Tempe Mendoan Sederhana yang Renyah Tahan Lama


Bahan yang dibutuhkan :
  • Tempe 1 papan
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Tepung terigu protein sedang 250 gram
  • Bawang putih 4 siung
  • Ketumbar 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Lada 1 sdt
  • Daun bawang 3 batang, manfaatkan bagian hijaunya saja dan buang batangnya
  • Kencur bubuk ½ sdt
  • Minyak untuk menggoreng
  • Air secukupnya

Cara membuat tempe mendoan :
  1. Langkah pertama adalah memotong halus daun bawang yakni bagian hijaunya terlebih dahulu.
  2. Lalu haluskan bawang putih, ketumbar, lada serta garam.
  3. Selanjutnya, campurkan kedua tepung yakni tepung tapioka dan tepung terigu hingga rata. Lalu berikan air sedikit demi sedikit. Ingatlah untuk membuat adonan yang tidak terlalu kental atau cair. Jika ingin lebih mengembang, Anda bisa tambahkan baking powder saja.
  4. Lalu masukkan potongan daun bawang yang sudah dipotong potong tadi. Selanjutnya, barulah masukkan tempe. Jika Anda menggunakan tempe biasa, cobalah untuk memotongnya agak tebal supaya tekstur tempe mendoan lembek seperti yang diharapkan.
  5. Ambil wajan atau penggorengan, lalu panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak karena untuk menggoreng tempe mendoan harus terendam dengan sempurna.
  6. Masukkan dan goreng tempe mendoan yang sudah dibaluri tepung ke minyak panas tersebut. Goreng sampai matang dan berubah warna. Lakukan terus sampai adonan habis.
  7. Selesai, tempe mendoan sederhana sudah siap disajikan dan dinikmati.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep tempe mendoan yang renyah dan tahan lama bisa Anda coba dirumah. Sekilas mungkin tempe mendoan terlihat sama saja seperti tempe tepung pada umumnya. Hal ini karena keduanya sama sama dibuat dengan menggunakan tepung basah dan digoreng. 

Namun, dengan menyimak cara pembuatannya dan cita rasa yang dihasilkan, Anda akan bisa membedakan sajian tempe mendoan dengan sajian tempe lainnya. Tunggu apalagi, silahkan coba buat dirumah dan sajikan tempe mendoan buatan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel