Cara Memasak Cumi Goreng Tepung Agar Tidak Alot dan Empuk

Racikanbumbu.Com - Anda suka makan seafood? Bagaimana kalau masak cumi goreng tepung hari ini? Beberapa orang khususnya bagi para pemula yang ingin memasak cumi biasanya khawatir cumi menjadi alot atau tidak empuk. Jangan khawatir ada tips dan cara mengolah cumi seperti cumi goreng tepung agar tidak alot dan empuk. Anda cukup memperhatikan beberapa hal dalam mengolah jenis seafood yang satu ini.

Cumi goreng adalah salah satu menu masakan dari cumi yang banyak disukai. Ini karena kelezatannya yang berpadu dengan tepung yang crispy dan gurih. Menariknya cumi goreng tepung tidak hanya cocok sebagai teman lauk nasi hangat, namun juga cocok sebagai cemilan yang lezat. Apalagi Anda bisa menambahkan saus sambal atau saus mayonnaise sebagai cocolannya, pasti deh bikin Anda ketagihan.

Di berbagai restoran atau warung makan, berbagai variasi makanan dari cumi ada banyak sekali. Mulai dari cumi goreng saus asam manis, cumi goreng tepung saus mentega, cumi asin pedas dan masih banyak lagi. Namun, Anda tidak harus pergi ke restoran atau warung makan untuk bisa menikmati sajian menu cumi yang enak dan empuk.

Dengan beberapa tips cara memasak cumi yang lembut dan empuk di bawah ini, Anda bisa menciptakan cita rasa cumi yang enak dan gurih sempurna dimulai dari cara memasak cumi goreng tepung. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk simak.

Cara Memasak Cumi Goreng Tepung Agar Tidak Alot dan Empuk


  • Menggunakan metode deep atau teknik menggoreng dengan menggunakan banyak minyak sehingga seluruh bagian dari cumi bisa terendam secara menyeluruh dengan sempurna.
  • Saat menggoreng, Anda bisa memasukkan cumi ke dalam penggorengan pada saat minyak sudah panas sekitar 180 derajat celcius. Hal ini umumnya bisa ditandai dengan minyak yang mulai mengeluarkan asap.
  • Anda bisa menggoreng cumi selama kurun waktu hanya 1 sampai 2 menit saja. Tahukah Anda, menggoreng cumi dengan waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan cumi menjadi alot loh.
  • Sedangkan untuk menghindari cumi yang memiliki bau amis, Anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan cumi terlebih dahulu dari selaputnya. Kemudian lumuri si cumi dengan menggunakan perasan air jeruk. Air jeruk ini akan membantu dalam menghilangkan bau amis si cumi.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas cara memasak cumi goreng tepung agar tidak alot dan empuk. Permasalahan yang sering ditemui saat memasak cumi adalah bau amis nya. Hal ini sebenarnya wajar sebab karakteristik hewan laut memang begini.

Namun, Anda bisa mengatasinya dengan memilih cumi yang segar dan memberikan sedikit perasan jeruk nipis sesudah dibersihkan. Selain itu, Anda bisa menjaga kesegarannya dengan mencuci cumi menggunakan air yang dingin. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel