Cara Membuat Sambal Korek yang Menggugah Selera dan Nyegerin

Racikanbumbu.Com - Apakah Anda menyukai makanan yang pedas? Jika iya, pernahkah Anda menikmati suatu masakan dengan sambal korek? Nah, sambal korek ini merupakan salah satu jenis sambal yang cocok untuk segala jenis makanan. Menariknya, Anda bisa membuat sambal korek sendiri. Sebab cara membuat sambal korek yang nyegerin dan bisa menggugah selera ini sangatlah mudah loh.

Sambal korek juga sangat cocok dipadukan bersama daun jeruk yang bisa menambah sensasi segar pada sambal tersebut. Hal ini sangat cocok bagi orang Indonesia yang kebanyakan selalu membutuhkan sambal diatas meja setiap harinya untuk disandingkan bersama aneka masakan Indonesia atau makanan tertentu. Meski tidak terlalu banyak, sambal bisa menambah cita rasa pada makanan menjadi lebih lezat dan nikmat.

Tahukah Anda, makanan yang sederhana sekalipun bisa menggugah selera jika disajikan dengan sambal korek ini. Apalagi kalau ditambah daun jeruk, aroma khas dan kesegarannya bisa membuat Anda makan semakin lahap. Anda bisa membuat sambal korek baik sebagai sambal cocolan atau dicampur secara langsung dengan tahu, tempe penyet, ayam goreng, bebek goreng dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana cara membuat sambal korek yang enak dan mampu menggugah selera Anda? Yuk simak resep sambal korek dengan daun jeruk di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Korek yang Menggugah Selera dan Nyegerin


Bahan yang dibutuhkan :
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Daun jeruk 10 lembar
  • Cabai rawit merah 100 gram
  • Penyedap 1sdt
  • Minyak panas 5 sdm

Cara Membuat Sambal Korek :
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat sambal korek adalah mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti diatas. Jumlahnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kupas semua bawang dari daun dan tulang daunnya hingga bersih.
  2. Sedangkan untuk daun jeruk silahkan untuk belah menjadi dua dan buang tulang daunnya. Setelah itu iris sampai halus dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Langkah berikutnya letakkan cabai rawit merah, bawang putih dan bawang merah di atas ulekan batu. Anda bisa langsung menguleknya sampai halus atau lembut. Barulah masukkan irisan daun jeruk dan diaduk sampai bahan bahan tersebut tercampur dengan rata.
  4. Setelah selesai, siapkan minyak panas dengan cara menuangkannya pada wajan dan panaskan. Jika sudah mendidih, cukup ambil sekitar 5 sendok makan minyak panas dan tambahkan ke ulekan sambal sebelumnya tadi.

Catatan : Level kepedasan bisa Anda buat sesuai selera. Misalnya jika ingin lebih pedas, Anda bisa menggunakan lebih banyak cabai rawit. Selain itu sebagai tips supaya sambal korek lebih sedap, lebih baik ulek bahan tadi jangan sampai terlalu halus tapi cukup bertekstur.
 
Jangan lupa hindari juga terlalu banyak menggunakan minyak panas dalam ulekan sambal sebab fungsinya hanya untuk menambah nikmat bukan malah berminyak.

Inilah informasi update yang membahas tentang cara membuat sambal korek yang menggugah selera dan nyegerin. Mudah sekali bukan? Kapan saja Anda membutuhkan sambal untuk menemani sajian makanan, Anda bisa langsung membuat sambal korek dengan mudah dan bahan bahan yang sederhana dan simpel.

Selain sambal korek, Anda juga bisa membuat kreasi jenis sambal lainnya. Beberapa diantaranya adalah sambal terasi, sambal dabu dabu, sambal roa, sambal pete, sambal matah dan masih banyak lagi. Masing masing sambal tersebut memiliki citarasa yang berbeda beda yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel