Resep Cara Membuat Terong Balado Teman Nasi yang Dijamin Lezat

Racikanbumbu.Com - Terong adalah sebutan tidak baku dari “Terung”. Jenis sayuran ini begitu populer untuk diolah menjadi aneka masakan dan makanan yang lezat. Salah satu hidangan dari terong yang enak sekali adalah terong balado. Masakan satu ini sangat cocok menjadi teman nasi hangat, pasti dijamin lezat banget deh. Tapi, tahukah Anda, apa resep atau cara membuat terong balado dengan mudah?

Terong sendiri punya beberapa jenis yang berbeda. Mulai dari terong hijau, terong bulat, terong ungu. Anda lebih menyukai olahan jenis terong yang mana? Sebab Anda bisa menggunakan terong tersebut untuk diolah menjadi terong balado yang enak. Bumbu terong balado yang dibutuhkan juga sangat mudah dijangkau dan murah meriah loh.

Nah, sewaktu mendengar kata “Terong Balado”, Anda mungkin langsung membayangkan jenis makanan yang cocok untuk para pecinta makanan pedas. Namun, dengan membuat terong balado sendiri, Anda bisa membuat balado terong original yang tidak pedas. Menarik bukan? Level kepedasan terong balado juga bisa Anda atur sendiri sesuai selera Anda.

Tunggu apalagi, yuk segera kita simak resep cara membuat terong balado sebagai teman nasi yang dijamin lezat pada uraian informasi di bawah ini.

Resep Cara Membuat Terong Balado Teman Nasi yang Dijamin Lezat


Bahan yang dibutuhkan :
  • Terong Ungu 2 buah
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
  • Cabai merah 3 buah
  • Bawang merah 3 butir
  • Kemiri 2 butir
  • Tomat 1 buah
  • Cabai rawit 8 buah
  • Bawang putih 3 siung

Catatan : Anda bisa menyesuaikan sendiri level kepedasan terong balado dengan menambah atau mengurangi cabai rawitnya. Anda juga bisa menambahkan bahan bahan lainnya yang cocok untuk dipadukan dengan sajian terong balado dan membuatnya tambah nikmat.

Cara Membuat Terong Balado :
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat terong balado adalah mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan.
  2. Lalu ambil terong dan potong potong sesuai dengan selera Anda. Potongan terong digoreng dengan minyak di wajan. Lebih baik untuk menggoreng terong sampai seperempat matang.
  3. Disisi lain ambil semua bahan untuk bumbu halus. Lalu tumbuk atau blender semua bahan tersebut. Jika sudah halus, tumis bumbu halus tersebut dengan menggunakan sedikit minyak saja. Jangan lupa untuk tambahkan jeruk daun jeruk untuk menambahkan kesegarannya lalu tumis sampai tercium bau yang harum.
  4. Setelah itu masukkan terong dan beri sedikit air. Terakhir masukkan penyedap rasa garam dan gula. Masak terus sampai bumbu meresap dan air sudah menyusut.
  5. Setelah masak, silahkan angkat dan sajikan sebagai teman nasi hangat yang lezat.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas resep cara membuat terong balado sebagai teman nasi yang dijamin lezat. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan bahan lainnya. Misalnya terong balado cocok dipadukan bersama dengan petai atau teri. Rasanya yang enak tercipta dari bahan dan proses pembuatan yang sederhana. Jadi tidak ada alasan nih, untuk tidak memasak terong balado sebagai salah satu menu masakan Anda.

Tidak hanya terong balado, ada banyak lagi aneka olahan masakan dari terong yang bisa Anda coba dirumah. Beberapa diantaranya adalah terong goreng, terong bakar sambal urap, bakwan terong, sayur lodeh terong, terong penyet sambal terasi, tempura terong dan masih banyak lagi. Jadi mau masak terong apa hari ini? Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel