Resep Cara Membuat Labu Siam Tumis Sederhana yang Enak

Racikanbumbu.Com - Salah satu sayuran yang rendah karbohidrat namun tinggi serat adalah labu siam. Selain bermanfaat untuk kesehatan, olahan masakan labu siam juga sangat enak. Contoh satu hidangannya adalah labu siam tumis. Menu sederhana ini menjadi pilihan yang cocok untuk masuk menu lauk harian Anda. Tapi, apa resep dan cara membuat labu siam tumis sederhana yang enak?

Memasak labu siam tumis sebenarnya sangatlah mudah, Anda hanya perlu tahu bahan bahan yang perlu dipersiapkan dan langkah langkah mengolahnya. Bagi Anda yang masih belajar memasak atau pemula, jangan bingung mau masak sayur apa hari ini, sebab tumis labu siam juga bisa menjadi pilihan masakan yang praktis dan bisa dicoba dirumah.

Beberapa orang mungkin lebih familiar labu siam diolah menjadi sayur berkuah, namun ternyata labu siam juga lezat diolah dengan cara ditumis. Apalagi level kepedasannya bisa Anda atur sendiri, misalnya bagi yang menyukai masakan pedas, bisa menambahkan lebih banyak cabai atau sebaliknya. Tumis labu siam ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan bahan lainnya sesuai dengan kreasi resep Anda sendiri.

Namun, bagi Anda yang masih bingung terkait apa resep dan cara membuat labu siam tumis yang sederhana dan enak, uraian informasi ini akan membantu Anda. Yuk simak.

Resep Cara Membuat Labu Siam Tumis Sederhana yang Enak


Bahan yang dibutuhkan :
  • Labu siam 1 buah
  • Kaldu bubuk ½ sdt
  • Air secukupnya
  • Cabai merah 3 buah diiris
  • Cabai rawit 7 buah diiris
  • Bawang putih 2 siung diiris
  • Bawang merah 7 siung diiris
  • Tomat ¼ buah diiris
  • Gula pasir 1/5 sdt
  • Garam ½ sdt
  • Minyak secukupnya

Cara Membuat Labu Siam Tumis :
  1. Langkah pertama silahkan untuk mengambil labu siam. Bersihkan terlebih dahulu labu siam tersebut dengan cara membagi nya menjadi dua bagian lalu hilangkan getah labu siam dengan cara menggesekkan kedua potongan tersebut sampai mengeluarkan busa warna putih. Bersihkan dan gesekkan kembali sampai labu siam menjadi kesat dan bersih.
  2. Setelah itu, labu siam dipotong potong. Namun, jangan lupa untuk membuang bijinya terlebih dahulu baru kupas labu siam dari kulitnya. Potong tipis dengan bentuk memanjang.
  3. Labu siam yang telah dipotong potong diberi garam lalu diremas remas sampai mengeluarkan air. Baru setelah itu, labu siam dicuci dengan menggunakan air bersih.
  4. Selanjutnya ambil beberapa bahan untuk ditumis. Siapkan terlebih dahulu wajan dengan minyak yang sudah dipanaskan. Lalu bahan tumisan mulai dari bawang putih dan tumis sampai mengeluarkan aroma yang harum. Tambahkan cabai rawit, tomat dan cabai merah, masak tumis sampai matang.
  5. Berikutnya, Anda tinggal memasukkan labu siam dan air secukupnya saja. Aduk semua bahan tersebut sampai semua merata. Terus masak sampai air menyusut.
  6. Terakhir, jangan lupa tambahkan penyedap rasa seperti gula pasir, garam, dan kaldu bubuk. Masak sebentar sampai matang.
  7. Angkat dan sajikan. Tumis labu siam sudah siap disantap.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas resep cara membuat labu siam tumis sederhana yang enak patut Anda coba. Anda bisa menambahkan kacang panjang atau tempe supaya masakan ini lebih kaya rasa. Bahan yang mudah dan cara pembuatan yang sederhana dan simpel menjadi menu andalan yang dapat Anda coba disaat dilema mau masak apa hari ini.

Ini hanyalah salah satu resep dari labu siam yang bisa Anda ketahui, sebab masih banyak lagi aneka resep sayur labu siam yang patut Anda coba. Beberapa diantaranya adalah gulai labu siam, labu siam ikan cakalang, sayur lodeh labu siam, sayur benih labu siam dan masih banyak lagi. Anda bisa mencoba berbagai resep menarik dengan bahan utama labu siam. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel