Resep Cara Membuat Saus Asam Manis Pedas yang Mudah

Racikanbumbu.Com - Saus asam manis pedas merupakan salah satu pelengkap masakan yang banyak digemari, khususnya oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Oleh sebab itu, orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan rasanya yang khas. Banyak orang Indonesia sudah tahu cara membuat saus asam manis pedas tersebut. Namun bagaimana dengan Anda yang baru belajar? Jangan khawatir Anda bisa mengikuti resep cara membuat saus asam manis pedas yang mudah untuk dicoba.

Berbagai menu masakan menjadikan saus asam manis sebagai bumbu atau campuran yang membuat masakan tersebut memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Mulai dari seafood, olahan masakan ayam, olahan masakan daging dan masih banyak lagi. Terlebih lagi buat Anda yang suka peda, mungkin akan menemui banyak sekali olahan masakan dengan sajian bersama saus asam manis pedas.

Sekarang ini, memang sudah banyak produk asam manis diperjualkan di toko atau pasar, supermarket bahkan kelontongan dalam bentuk kemasan yang praktis. Namun, bukankah lebih puas jika kita bisa membuat saus asam manis pedas sendiri? Sehingga kita bisa memperkirakan sendiri seberapa pedas masakannya yang sesuai dengan selera kita.

Sebenarnya ada banyak sekali resep saus asam manis yang dapat Anda buat sendiri dirumah. Nah, salah satu resepnya akan kita bahas di bawah ini.

Resep Cara Membuat Saus Asam Manis Pedas yang Mudah


Bahan yang dibutuhkan :
  • Bombai 1 buah
  • Bawang putih yang diiris halus 4 siung
  • Cabai rawit 7 buah diiris iris
  • Daun bawang 1 batang diiris iris
  • Cabai merah 1 buah diris iris
  • Wortel dipotong bentuk korek kayu
  • Saus tiram 2 sdm
  • Saus tomat 5 sdm
  • Maizena 1 sdm yang diberi tambahan sedikit air (larutkan)
  • Minyak untuk menumis
  • Gula, garam, merica
  • Nanas yang sudah dipotong potong
  • Air 200 ml

Cara Membuat Saus Asam Manis Pedas :
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat saus asam manis pedas setelah menyiapkan semua bahan diatas adalah menumis bawang putih bersama dengan bawang merah sampai mengeluarkan bau yang harum, lalu masukkan juga cabai potong dan masak sampai layu
  2. Berikutnya masukkan air dan wortel, sambil terus diaduk
  3. Masukkan juga berbagai bumbu lainnya, mulai dari saus, merica, garam serta gula
  4. Tambahkan maizena kemudian jangan lupa cicipi rasanya terlebih dahulu
  5. Terakhir masukkan daun bawang sebelum mematikan api.
  6. Selesai, saus asam manis pedas bisa untuk siraman masakan seperti udang tepung, ayam goreng, ikan goreng dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep cara membuat saus asam manis pedas yang mudah dan bisa menjadi referensi untuk Anda. Anda bisa menyesuaikan sendiri bahan bahan pilihan sesuai dengan selera Anda. Bahan yang sederhana dan cara membuatnya yang simpel membuatnya terlihat mudah, namun kenyataannya tidak semua orang bisa membuat saus asam manis yang super enak loh.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba terlebih dahulu, untuk membuatnya sendiri dirumah dengan resep yang sudah dibagikan diatas dan berbagai tips lainnya. Dengan mengikutinya, Anda pasti bisa membuat saus asam manis pedas yang menggugah selera baik sebagai siraman berbagai olahan masakan atau bahan campuran langsung dalam masakan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel