Resep Cara Membuat Macaron Anti Gagal yang Enak Banget

Racikanbumbu.Com - Macaron merupakan salah satu jenis kue yang memiliki ciri khas rasa yang manis menggugah selera dengan bentuk yang bulat dan berwarna warni. Di Indonesia sendiri, cemilan lezat yang satu ini jarang ditemui di pasaran atau warung, sebab makanan ini termasuk kue dengan bahan baku premium. Lantas, bagaimana kalau kita ingin membuatnya sendiri? Anda bisa mengikuti resep cara membuat macaron anti gagal yang dijamin enak banget.

Dengan membuat macaroon sendiri dirumah, tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat dan Anda bisa membuatnya sesuai dengan selera atau keinginan. Macaron bisa dikreasikan dengan berbagai rasa yang enak dan warna yang bervariasi berdasarkan rasanya tersebut. Misalnya ada macaron rasa cheese atau keju, cokelat, red velvet, matcha, oreo, watermelon, lemon cokelat dan masih banyak lagi.

Apa saja bahan untuk membuat macaron? Macaron sendiri adalah kue dengan bahan dasar tepung almond yang dicampur dengan gula pasir dan putih telur. Nantinya adonan tersebut akan melalui proses pemanggangan sampai kering. Lalu terakhir tinggal diberi isian berupa krim. Adanya perpaduan inilah yang membuat macaron memiliki rasa yang gurih. Tidak heran kalau kue yang satu ini banyak diminati bukan hanya anak kecil melainkan sampai orang dewasa.

Secara lebih spesifik terkait resep dan cara membuat macaron anti gagal dengan rasa yang enak banget, yuk lihat uraian di bawah ini.

Resep Cara Membuat Macaron Anti Gagal yang Enak Banget


Macaroon vanilla oreo

Bahan yang dibutuhkan :
  • Almond bubuk 150 gram
  • Putih telur 100 gram
  • Air perasan jeruk nipis 1 sdt
  • Gula halus 150 gram
  • Gula kastor 100 gram
  • Pewarna makanan sesuai kebutuhan

Bahan Krim Isian :
  • Cokelat putih 100 gram
  • Whipped cream cair 3 sdm
  • Pasta vanilla ½ sdt
  • 2 buah Orea yang sudah dihilangkan krimnya lalu dihaluskan

Cara Membuat :
  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat Macaroon vanilla oreo adalah dengan mencampurkan almond bubuk dengan gula halus. Ayak sebanyak 2 kali atau sampai halus. Setelah itu, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Ambil putih telur lalu kocok sampai mengeluarkan busa. Kemudian masukkan air perasan jeruk nipis kemudian gula kastor secara bertahap. Kocok lagi sampai permukaannya kaku
  3. Campurkan kedua bahan tersebut yakni hasil kocokan telur dengan adonan almond secara bertahap.
  4. Jangan lupa untuk aduk adonan menggunakan spatula supaya semua bahan bisa tercampur dengan merata. Ingat jangan berlebihan, tekstur yang didapat adonan adalah lembut namun tidak encer.
  5. Setelah itu, bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan kreasi warna yang Anda buat. Lalu masukkan sedikit pewarna pada setiap bagian adonan. Kemudian masukkan adonan di dalam plastik segitiga.
  6. Adonan dalam plastik segitiga tersebut keluarkan dan bentuk bulatan di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti sebelumnya. Anda bisa menghilangkan gelembung udara pada permukaan adonan dengan cara menghentakkan loyang.
  7. Selanjutnya, diamkan adonan diatas loyang tersebut sampai permukaan macaroon menjadi kering
  8. Masukkan ke dalam oven selama 10 sampai 15 menit dengan suhu 160 derajat celcius.
  9. Cara membuat krim isian dimulai dengan mencincang cokelat putih lalu tim dengan whipping cream hingga mencair lalu diangkat.
  10. Terakhir tinggal tambahkan pasta vanilla bersama oreo bubuk yang diaduk rata. Kemudian disimpan di dalam lemari pendingin sampai tekturnya menjadi sedikit padat.
  11. Lihat apakah macaron sudah matang, jika sudah silahkan angkat dan oles dengan krim isian dalam lemari pendingin yang sudah Anda buat tadi. Jangan lupa tutup dengan macaron lainnya sesuai dengan warna nya masing masing.
  12. Selesai, sajian macaron siap untuk dinikmati.

Inilah informasi update yang mengulas resep dan cara membuat Macaron anti gagal yang enak banget. Caranya tidak terlalu rumit bukan? Anda bisa mencoba nya langsung dirumah tanpa khawatir gagal. Yang terpenting pastikan Anda tahu cara memilih kualitas bahan bagus, takaran yang sesuai dan langkah langkah yang tepat, niscaya Anda bisa membuat kreasi macaron sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda ingin membuat Macaron warma warni pastel yang cantik, bertekstur renyah dan menarik, jangan ragu untuk mengkreasikannya dengan berbagai macam rasa dan bahan. Meski Anda bisa menemui macaron yang dijual di toko kue atau beberapa toko roti di daerah Anda, namun pasti Anda akan lebih puas dengan hasil macaron buatan sendiri bukan? Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel