Resep Cara Membuat Sirup Sendiri tanpa Bahan Pengawet yang Aman

Racikanbumbu.Com - Sirup adalah salah satu jenis bahan makanan dan minuman instan yang sering digunakan untuk membuat berbagai jenis olahan makanan dan minuman. Namun, biasanya produk sirup yang banyak dijual di pasaran memiliki kandungan bahan pengawet yang tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan. Sehingga beberapa orang lebih memilih untuk membuat resep cara membuat sirup sendiri tanpa bahan pengawet di rumah.

Biasanya sirup sangat cocok untuk suguhan saat ada acara ataupun pesta karena pembuatannya yang praktis. Dimana Anda tinggal menyiapkan air lalu tambah sirup dan es batu, maka minuman berwarna warni dan manis sudah jadi. Ditambah lagi harga Sirup termasuk terjangkau dan tidak terlalu mahal. Sehingga sebagian orang memang memilih untuk membeli produk sirup.

Namun, buat Anda yang mungkin punya kekhawatiran yang sama terkait risiko kesehatan akibat minum sirup yang terdapat bahan pengawet, solusinya adalah membuat sendiri sirup alami dirumah. Ya, dengan kata lain Anda mau bikin sirup yang aman tanpa bahan pengawet sedikit pun supaya kesehatan keluarga Anda tetap terjaga. Artikel ini akan membantu Anda.

Sebagai berikut akan dibahas resep cara membuat sirup sendiri dirumah tanpa bahan pengawet yang aman patut Anda coba. Silahkan disimak.

Resep cara membuat sirup sendiri tanpa bahan pengawet yang aman


Bahan yang dibutuhkan :
  • Jeruk 1 kg
  • Gula pasir 1 kg
  • Air 500 ml
  • Pewarna makanan kuning telur/Sunset yellow 5 sampai 8 tetes
  • Citric Acids 1 sdt

Cara membuat sirup jeruk sendiri yang aman :
  1. Langkah pertama untuk membuat sirup jeruk adalah mengambil bahan bahan seperti air jeruk, air dan gula pasir. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih lalu agak mengental. Jika sudah, jangan lupa matikan api.
  2. Sebaiknya tunggu dulu sampai suhu panas dari air rebusan tersebut turun, barulah tambahkan citric acids serta pewarna makanan.
  3. Lalu semua bahan diaduk menjadi satu. Setelah merata, Anda bisa masukkan ke dalam botol bersih yang bisa ditutup dengan rapat. Anda bisa langsung menggunakannya, atau menyimpannya di dalam lemari pendingin.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas resep cara membuat sirup sendiri dirumah tanpa bahan pengawet yang aman. Selain lebih aman, Anda juga bisa membuatnya sesuai keinginan, misalnya membuat sirup lebih banyak karena bahan bahannya sangat mudah. Selain itu gulanya juga tidak mudah basi dan bisa disimpan di dalam botol, lalu simpan di dalam lemari es atau kulkas.

Sebagaimana yang kita tahu ada banyak sekali jenis sirup yang bisa kita buat. Mulai dari warna dan rasanya yang berbeda beda. Resep sirup alami diatas hanya salah satu yang senang dibagikan untuk Anda. Anda bisa mulai berkreasi dengan berbagai jenis resep sirup alami yang sehat lainnya misalnya dengan menambahkan bahan alami seperti buah buahan kesukaan Anda dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel