Tips Cara Memasak Udang Beku yang Baik dan Benar

Racikanbumbu.Com - Udang bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang lezat. Tidak heran kalau sebagian besar orang sangat menyukai bahan makanan yang satu ini dan tidak segan untuk menyimpannya dirumah. Udang bisa disimpan di kulkas atau lemari pendingin supaya bisa dimasak lain waktu. Namun, kita mungkin jadi bingung bagaimana cara memasak udang beku yang baik dan benar.

Udang yang beku karena lama disimpan di freezer, tidak bisa langsung dimasak atau diolah. Kita harus tahu cara mencairkannya dengan baik terlebih dahulu. Namun, masalahnya proses pencairan untuk menunggu udang bisa diolah umumnya bisa mencapai kurang lebih 20 menit. Bagi Anda yang terburu buru ingin segera memasak, mungkin waktu ini terlalu lama.

Namun, ketahuilah cara kita memproses udang sangat berpengaruh pada kekenyalan dan cita rasa masakan udang yang kita buat nanti. Maka, cobalah untuk mencairkan udang dengan cara yang benar. Bagaimana caranya? Ya, ada tips atau teknik yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tahu tips menangani udang atau bahan makanan yang telah beku dengan tepat, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Selengkapnya terkait tips cara memasak udang beku yang baik dan benar akan dijabarkan pada informasi berikut ini.

Tips Cara Memasak Udang Beku yang Baik dan Benar


1. Mencairkan udang yang beku

Untuk mencairkan udang yang beku, buatlah rencana memasak jauh sebelum waktu memasak. Dikarenakan proses pencairannya sendiri membutuhkan waktu. Salah satu metode yang mudah untuk mencairkan udang yang beku adalah dengan cara mengeluarkan udang dari freezer lalu letakkan di dalam wadah atau mangkuk yang tertutup. Setelah itu masukkan ke kulkas bagian bawah, sehingga akan mencair keesokan harinya.

2. Merendam udang di dalam air garam

Untuk mencairkan es dengan cepat, Anda bisa memilih metode ini yaitu merendam udang di dalam air garam. Buatlah air rendaman sebanyak kurang lebih 4 cangkir liter air atau setara dengan 0,95 liter air. Baru tambahkan garam 2 sendok makan atau setara 34 gram. Rendam udang ke dalamnya dan tunggu selama kurang lebih 20 menit.

Setelah udang sudah mencair, jangan lupa buang airnya terlebih dahulu, selanjutnya udang akan terasa tidak keras dan kenyal. Setelah udang mencair sebaiknya segera dimasak, dan jangan masukkan kembali ke dalam kulkas.

3. Letakkan di bawah air mengalir

Untuk mendapatkan hasil cepat lainnya, Anda juga bisa mencairkan udang dengan cara meletakkannya di bawah air mengalir seperti keran untuk mencuci piring. Ketika melakukannya, jangan lupa untuk memutar udang beberapa kali supaya semua bagiannya bisa terkena air dan basah. Biasanya metode ini berhasil mencairkan selama kurang lebih 05-10 menit.

Namun, untuk menggunakan cara ini pastikan kalau air yang digunakan adalah air dingin, jangan air hangat. Sebab air hangat dapat membuat udang menjadi termasak dengan tidak sengaja. Setelah berhasil, Anda bisa langsung mengolahnya dan jangan masukkan ke dalam kulkas lagi.

4. Jangan gunakan Microwave

Beberapa orang berpikir untuk menggunakan Microwave dalam upaya mencairkan udang yang beku. Padahal cara ini adalah salah. Meskipun kita memang bisa menggunakannya untuk membuat udang beku mencair, namun hasilnya udang akan termasak secara tidak sengaja. Sehingga ketika akan diolah dagingnya menjadi alot.

Inilah informasi update yang membahas tips cara memasak udang beku yang baik dan benar patut Anda ketahui. Tidak sulit bukan? Segera setelah itu, Anda sudah bisa mengolah udang menjadi berbagai menu yang lezat untuk lauk makan siang atau makan malam keluarga Anda. Anda juga bisa membuat udang sebagai camilan yang nikmat.

Berbagai olahan udang yang terkenal beberapa diantaranya adalah udang galah bakar, udang saus padang, udang saus tiram, udang goreng crispy, empek empek udang, udang oseng oseng dan masih banyak lagi. Jadi, mau masak resep udang apa hari ini? Pastikan Anda bisa mengolah bahan makanan yang satu ini menjadi menu lezat yang menggugah selera. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel