Menu makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Balita

Racikanbumbu.Com - Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk balita merupakan hal yang wajib diperhatikan oleh para ibu sebab makanan sehat sangat dibutuhkan oleh balita. Selain untuk menunjang pertumbuhan badan dan perkembangan kecerdasan balita, makanan yang sehat juga sangat dibutuhkan oleh para balita agar tetap sehat dan aktif sehingga mereka mampu melakukan aktivitas sehari-hari.


Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk balita merupakan kombinasi dan perpaduan dari bahan-bahan makanan yang sehat dan lengkap yang mengandung gizi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh balita. Gizi yang terkandung dalam makanan sehat yaitu karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Gizi tersebut terkandung dalam berbagai jenis makanan yang berbeda jenisnya. Sehingga menu yang sehat harus terdiri dari beranekaragam jenisnya

Komposisi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk balita pada umumnya terdiri dari beberapa komposisi. Komposisi tersebut harus disajikan dengan porsi yang seimbang. Berikut adalah komposisi makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan oleh balita.

1. Makanan Pokok

Makanan pokok atau makanan utama adalah jenis makanan sehat yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan energi untuk tubuh. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, gandum, kentang dan jagung. Baca : Resep dan cara membuat Pizza Roti Gandum.

2. Lauk Pauk

Lauk pauk adalah makanan pendamping makanan pokok. Lauk pauk mengandung sumber protein baik itu protein hewani maupun protein nabati. Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan seperti daging, telur, dan ikan. Sedangkan protein nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tahu dan tempe. Baca : Resep dan cara membuat Stik Tempe.

3. Sayur Mayur

Sayur mayur merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan juga serat. Sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan organ pencernaan. Banyak sekali jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh balita seperti brokoli, wortel, bayam dan lain sebagainya. Baca : Resep Tumis putren wortel sosis.

4. Buah-buahan

Buah-buahan, sama seperti sayuran juga mengandung vitamin, mineral dan juga sumber serat alami yang baik untuk pencernaan. Dengan mengonsumsi buah, maka kebutuhan tubuh balita akan vitamin dan mineral akan tercukupi. Baca : 10 Buah bervitamin C Tinggi.

5. Susu

Susu merupakan pelengkap dalam menu sehat untuk balita. Selama masa pertumbuhan, balita disarankan untuk mengkonsumsi susu karena terdapat banyak kandungan gizi di dalam susu, terutama zat kalsium yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Baca : Manfaat susu Beruang untuk Kesehatan.

Contoh Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk balita

Sebagai orang tua, Anda tentunya menginginkan tumbuh kembang anak yang optimal serta terjaga kesehatannya. Membuat menu makanan sehat untuk balita memang bukan hal yang mudah, terlebih lagi jika anak Anda memiliki nafsu makan yang sulit. Untuk itu Anda perlu mengakalinya dengan membuat menu makanan yang menarik sehingga anak penasaran untuk mencicipinya. Berikut adalah beberapa contoh makanan sehat untuk balita.
  1. Sup makaroni ayam sayur yang dibuat dari makaroni dengan ayam dan aneka sayur.
  2. Perkedel tahu yang dicampur dengan udang dan wortel
  3. Nugget salmon dan brokoli.
  4. Bakso daging sapi yang dicampur dengan aneka sayur.

Selain untuk makanan pokok dan makanan pendamping, Anda sebaiknya melengkapi makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk balita dengan kudapan atau camilan yang sehat. Berikut ini beberapa contoh camilan sehat untuk balita.
  1. Puding susu
  2. Jus buah
  3. Pancake buah

Lengkapi Dengan Air Putih

Untuk melengkapi menu makanan sehat anak Anda, jangan lupa untuk selalu memberikan mereka air putih. Air putih sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu sebagai orang tua, Anda harus memastikan bahwa asupan gizi anak Anda selalu tercukupi dengan mengkonsumsi makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk balita yang dianjurkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel